BIN Launching PORBIN, Wadah Pembinaan Atlet Prestasi Nasional - Seputar Sumsel

Jumat, 28 Oktober 2022

BIN Launching PORBIN, Wadah Pembinaan Atlet Prestasi Nasional




Badan Intelijen Negara (BIN) me-launching lembaga baru yaitu Persatuan Olahraga BIN atau PORBIN. Lembaga yang digagas oleh Kepala BIN Jend Pol (Purn) Budi Gunawan ini punya segudang prestasi yang ditorehkan oleh atlet-atletnya.  Launching PORBIN digelar dalam rangkaian acara Wisuda Angkatan XV, Pasca Sarjana MKI Angkatan VII, MTIM Angkatan 1, dan Dies Natalies XIX Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) di Kampus Sentul, hari ini, Kamis, 27 Oktober 2022.


“Pada kesempatan yang sangat membanggakan ini, pada tahun ini juga badan intelijen negara juga mulai memberikan perhatian khusus kepada personel BIN, taruna-taruni badan intelijen negara yang memiliki talenta-talenta di bidang olahraga. Untuk dapat terus meningkatkan prestasinya di tingkat nasional, sebagai salah satu bentuk kontribusi atlet kami membentuk persatuan olahraga BIN, yang terdiri dalam 8 cabang olahraga,” ucap Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan.


BIN memiliki 8 cabang olahraga profesional. Sejumlah atlet dan pelatih nasional bergabung di dalamnya dan bergabung dengan para talenta berbakat taruna-taruni (mahasiswa) STIN. Kedelapan klub itu adalah BIN Running Club, BIN Volleyball Club, BIN Weightlifting Club, Waskita Swimming Club, BIN Tennis Club, Velox et Exactus Shooting Club, dan Satlasus Tarung Derajat STIN, dan Esport.


Kepala BIN mengatakan seluruh cabang olahraga di PORBIN dikembangkan dengan profesional dengan diisi pelatih yang punya kapasitas mumpuni. Sehingga, talenta terbaik di BIN dapat berkembang dan membawa nama harus bangsa Indonesia terutama taruna-taruni STIN.  “Semua cabang yang dikembangkan di BIN telah memiliki atlet dan pelatih profesional. Kita menggalang potensi atlet dan pelatih terbaik di tingkat nasional untuk terlibat menciptakan ekosistem pengembangan olahraga prestasi di BIN sehingga potensi talenta-talenta terbaik di lembaga ini bisa dikembangkan, terutama di kalangan taruna-taruni STIN. Alhamdulillah, kita melihat peluang besar untuk turut mengharumkan nama Bangsa di kancah internasional melalui jalur olahraga ini,” papar Kepala BIN.


Peluang itu memang terbuka, sebab meski belum berjalan lama, klub-klub olahraga di lingkungan BIN sudah banyak menunjukkan prestasi yang membanggakan. Atlet BIN Running Club, Odekta Elvina Naibaho misalnya, dua pekan lalu kembali menjuarai kategori half marathon (21KM) di ajang Jakarta Marathon 2022 (16/10). Odekta yang merupakan personil D2 BIN ini sudah langganan juara berbagai event nasional bahkan internasional. Pada SEA Games Vietnam 2022 lalu, Odekta mempersembahkan medali emas. Selain Odekta, juga ada sprinter kebanggaan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri. Zohri atlet Indonesia pertama yang menjadi juara dunia, dan tercatat sebagai pemegang rekor nasional 100m dengan catatan 10,03 detik. 


Di BIN Volleyball Club, sejumlah atlet nasional bersama taruna-taruni STIN juga telah berkesempatan mengukir prestasi di sejumlah kejuaraan nasional dan internasional. Di sini ada nama Nur Fikri Harsyah Muhamad, Ratri Wulandari, serta Alya Annastasya. Berusia belum genap setahun, Tim Voli BIN Putri binaan PORBIN telah mampu menyabet emas Livoli Divisi I 2022 di Bali, awal Oktober lalu, untuk itu mereka berhak naik ke divisi utama yang merupakan kasta tertinggi Livoli. Di akhir, Budi Gunawan berpesan kepada seluruh taruna, mahasiswa dan atlet untuk terus berjuang dan mengerahkan kemampuan terbaik yang tujuannya mengabdi untuk bangsa dan negara.  “Saya berpesan kepada seluruh taruna, mahasiswa dan para atlet untuk selalu memberikan yang terbaik. Ini saatnya kalian memberikan bukti nyata dan pengabdian untuk bangsa dan negara,” papar Budi Gunawan.


Turut hadir dalam acara ini Menpora Zainudin Amali, Menparekraf Sandiaga Uno, MenpanRB Abdullah Azhar Anas, Ketua KONI Letjen (Purn) Marciano Norman, Menag Yaqut Cholil Qoumas, Menteri ATR/BPN Mareskal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, Ketua KPK FIirli Bahuri, Dankor Brimob Komjen Pol Anang Revandoko, PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Haryono. BIN Weightlifting Club memiliki lifter kenamaan Indonesia seperti Rizki Juniansyah dan Windy Cantika Aisah. Mereka mempersembahkan 1 medali emas, 2 medali perak, serta 5 medali perunggu pada kejuaraan internasonal Asian Weightlifting Manama, Bahrain 2022.


Selain launching, sebanyak 189 orang terdiri dari wisuda taruna S1 sebanyak 145 orang, serta taruna S2 44 orang terdiri dari 24 mahasiswa magister kajian intelijen dan 20 magister intelien medic telah di wisuda. Hingga tahun 2022 ini, total 1.110 taruna S1 dan 161 mahasiswa S2 telah lulus dari Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda