BIN Salurkan Bantuan Gempa Cianjur ke Area Sulit Dijangkau - Seputar Sumsel

Minggu, 27 November 2022

BIN Salurkan Bantuan Gempa Cianjur ke Area Sulit Dijangkau

Penyaluran bantuan dan pelayanan kesehatan _door to door_ terus dilakukan oleh Tim Kemanusiaan BIN bersama Medical Intelligence BIN. Memasuki hari ketujuh gempa Cianjur, BIN kunjungi Kampung Pasir Manggu yang letaknya cukup jauh dari akses jalan raya. Hal ini yang menyebabkan daerah tersebut hanya bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua atau jalan kaki.

Deputi-VII  BIN, Prabawa Ajie mengatakan bahwa kegiatan kemanusiaan ini merupakan perintah langsung  dari Kepala BIN Jenderal. Pol. (P) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H, M. Si untuk selalu berada di tengah masyarakat dan menyisir lokasi bencana yang masih minim bantuan maupun terbatas layanan kesehatannya.

"Kita komitmen untuk memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita yang terkena musibah, khususnya di wilayah-wilayah yang masih minim bantuan" terang Prabawa

Kampung Pasir Manggu sendiri terdiri dari sekitar 86 Kepala Keluarga (KK) dan jumlah pengungsinya sekitar 300 jiwa.

"Desa Wangun jaya sendiri hampir 80 persen rumahnya roboh" tambah Prabawa.

Sejak gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,6 pada Senin (24/11) melanda Cianjur dan sekitarnya, masyarakat Desa Wangun Jaya mengungsi ke tenda-tenda pengungsian. Mereka membangun tenda pengungsian secara mandiri dengan peralatan seadanya. Akses menuju lokasi pengungsian pun harus melewati jalur setapak yang menanjak, sehingga mendorong BIN untuk hadir bersama masyarakat.

"Saat ini BIN memberikan bantuan bermacam-macam, intinya seperti makanan siap saji, ada susu, beras, roti, air mineral" jelas Prabawa.

Penyaluran bantuan ke Kampung Pasir Manggu yang sulit dilewati kendaraan roda empat ini diharapkan mampu membangkitkan semangat warga masyarakat di lokasi pengungsian.

Tidak hanya bantuan kemanusiaan, BIN  juga melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan secara _door to door_ kepada masyarakat di lokasi pengungsian. Pelayanan kesehatan dari Tim Medical Intelligence (MI) BIN ini bertujuan supaya memudahkan warga yang sakit mendapatkan perawatan. BIN pun berkomitmen untuk terus membantu warga.

"Kedepan tentunya, kami juga akan terus memberikan pendampingan kepada anak-anak agar mereka menjadi mental yang kuat dan semangat dalam menghadapi musibah ini" tutup Prabawa.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dusun Pasir Manggu, Asep Rahman berterima kasih atas bantuan yang diberikan BIN.

"Kami antusias dan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Badan Intelijen Negara", tuturnya.

***

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda