IKN Berdampak Positif bagi Pembangunan Kalimantan - Seputar Sumsel

Selasa, 01 November 2022

IKN Berdampak Positif bagi Pembangunan Kalimantan


Oleh : Putri Ganeswari )*

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) memiliki dampak yang positif bagi pembangunan di Kalimantan dan secara umum bagi pemerataan pembangunan di Indonesia. Karena perlahan pemerintah sudah mulai terbebas dari paradigma konsep pembangunan yang Jawasentris.

Untuk bisa mencapai cita-cita mewujudkan Indonesia sebagai negara besar dan juga maju, memang bangsa ini sangat penting untuk bisa memiliki sebuah terobosan dan juga agenda baru yang menggebrak atau berani demi tercapainya kemajuan negara. Salah satu agenda besar tersebut telah digagas di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo, yakni dengan adanya pembangunan IKN Nusantara.

Dengan adanya pembangunan IKN ini, maka bukan tidak mungkin Indonesia akan lebih cepat dalam mengusung kemajuannya, karena konsep besar yang digunakan adalah pembangunan yang Indonesia-sentris. Hal tersebut merupakan kebalikan dari konsep pembangunan yang selama ini terus terjadi di Tanah Air yang hanya Jawasentris atau berpusat di Pulau Jawa saja.

Justru karena kebijakan pembangunan yang sangat Jawasentris tersebut, kemudian membuat banyak terjadi kesenjangan sosial yang sangat nyata termasuk juga kesenjangan perekonomian diantara masyarakat di Indonesia, utamanya mereka yang berada di luar Jawa dengan mereka yang hidup di Pulau Jawa.

Daerah-daerah pelosok yang jauh menjadi semakin kurang mendapatkan perhatian dan pembangunan dari pemerintah. Akan tetapi seluruhnya berusaha dirubah semenjak datang era Presiden Jokowi, lantaran perspektif dari pembangunan Jawasentris tadi berusaha dibongkar oleh beliau.

Secara perlahan-lahan mulai terjadi pembangunan pula, yang bahkan dilaksanakan di luar Pulau Jawa, yang mana pemandangan tersebut mungkin bisa dikatakan sangatlah jarang ditemui di era Presiden sebelum Jokowi. Masyarakat mulai merasakan bagaimana daerahnya dibangun dan menjadi maju.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Muhammad Bijak Ilhamdani menyatakan bahwa IKN yang dibangun oleh Pemerintah di Kalimantan tersebut pastinya akan turut memberikan sumbangsihnya pada dampak pembangunan dan juga perekonomian.

Maka dari itu, dirinya dengan tegas sangat mendukung pembangunan IKN tersebut karena meyakini dampaknya akan sangat positif bagi kesejahteraan masyarakat sendiri. Bukan hanya itu, namun Anggota DPRD ini juga mengimbau kepada seluruh masyarakat lokal khususnya, untuk bisa lebih memiliki kesiapan diri.

Kesiapan diri yang dilakukan oleh seluruh masyarakat lokal Kalimantan Timur tersebut menurut Muhammad Bijak menjadi sangatlah penting dalam rangka menyongsong dibangunnya IKN Indonesia baru. Bagaimana tidak, pasalnya apabila masyarakat lokal sendiri sudah sangat siap, maka mereka akan secara otomatis mendapatkan kesempatan peluang pekerjaan dan juga berbagai peluang usaha dengan sangat besar.

Tentu hal ini sebenarnya juga merupakan salah satu hal yang sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat mengenai dampak dari pembangunan IKN di Kalimantan Timur, karena pasti juga akan bisa mendatangkan banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat lokal. Namun justru tantangan yang harus mereka lewati adalah bagaimana secara SDM, mereka sendiri memiliki kesiapan untuk membekali diri.

Karena akan percuma saja, misalnya mereka sebagai masyarakat lokal namun ternyata masih banyak project ke depannya yang dilakukan di IKN namun menyerap tenaga kerja dari wilayah lain atau bahkan dari asing hanya karena masyarakat sendiri kurang dalam hal persiapan diri.

Untuk itu, Muhammad Bijak menambahkan bahwa peningkatan SDM lokal memang menjadi hal yang teramat penting untuk dilakukan agar seluruh masyarakat lokal sendiri mampu bersaing bahkan di berbagai sektor dengan calon pekerja lainnya, termasuk juga bagaimana persaingan di dunia pelaku UMKM pastinya akan semakin meningkat di sana.

Sehingga memang pelatihan-pelatihan diharapkan akan mampu menjadi salah satu sarana dalam peningkatan kualitas SDM, termasuk jika bagi para pelaku UMKM untuk bisa meningkatkan kualitas produksi yang mereka miliki hingga bagaimana caranya melakukan pemasaran berbasis digital.

Sebenarnya masyarakat Kalimantan Timur sendiri saat ini dipenuhi dengan rasa optimisme yang cukup tinggi, utamanya setelah adanya kunjungan yang dilakukan secara langsung oleh Presiden Jokowi sehingga masyarakat semakin berharap supaya terjadi percepatan pembangunan infrastruktur dasar IKN.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden menyatakan bahwa sejauh ini, kemajuan pembangunan IKN memang sudah sangat sesuai dengan ekspektasi atau harapan karena sejauh ini seluruhnya masih on track dan sesuai dengan progress. Informasi terbaru bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera melakukan pembangunan Istana negara di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan) KIPP IKN.

Pada kesempatan lain, Ketua Tim Gubernur Untuk Pengawalan Percepatan Pembangunan (TGUP3) Kaltim, Adi Buhari Muslim menyatakan bahwa banyak sekali dampak positif bahkan bisa dilihat dari berbagai macam sektor sekaligus mengenai pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya pembangunan IKN yang digagas oleh pemerintah Jokowi mampu membawa serangkaian dampak sangat positif bagi pembangunan di Indonesia, khususnya di Kalimantan sendiri. Salah satunya adalah mengenai kesehatan dengan adanya air bersih dan pembangunan bendungan, infrastruktur jalan, jembatan, jalan tol, konservasi teluk dan lain sebagainya.

)* Penulis adalah kontributor Ruang Baca Nusantara

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda