Apresiasi Kepengurusan PB ESI Era Budi Gunawan Berhasil Antarkan Timnas MLBB Indonesia ke Grand Final IESF Bali 14Th WEC 2022 - Seputar Sumsel

Rabu, 07 Desember 2022

Apresiasi Kepengurusan PB ESI Era Budi Gunawan Berhasil Antarkan Timnas MLBB Indonesia ke Grand Final IESF Bali 14Th WEC 2022

Oleh : David Kusuma )*

Apresiasi sangat besar patut diberikan kepada kepengurusan Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) pada era kepemimpinan Budi Gunawan. Pasalnya dengan segala dukungan hingga seluruh fasilitas yang telah secara lengkap diberikan untuk semua atlet esports Indonesia, terbukti berhasil untuk mengantarkan Timnas MLBB Indonesia melangkah  ke grand final IESF Bali 14th WEC 2022.

Tidak bisa dipungkiri sejauh ini sudah sangat banyak sekali perubahan hingga perkembangan yang berhasil dicetak oleh ekosistem esports di Indonesia. Terutama semenjak adanya (PBESI) yang memang menjadi organisasi induk dari cabang olahraga esports sekaligus tampil sebagai wadah para atlet Tanah Air.

Perkembangan sangat pesat tampak, utamanya adalah tatkala kepengurusan PB ESI di era kepemimpinan Jend Pol (Purn) Budi Gunawan yang telah dilantik sejak tahun 2020 silam dan akan memimpin hingga periode tahun 2024 mendatang. Keseriusan jelas diperlihatkan olehnya. Terbukti bahwa sejak pertama kali dilantik saja, beliau langsung sudah memiliki persiapan yang banyak terkait dengan beragam langkah strategis serta penuh akan optimisme untuk peningkatan esports Indonesia.

Bukan hanya perkembangan dunia esports Tanah Air saja, melainkan ketika sektor tersebut bisa berkembang dengan baik, maka otomatis juga akan berdampak pada peningkatan pada sektor lainnya pula seperti industri ekonomi dan pariwisata di Indonesia, yang mana belakangan sempat terguncang akibat adanya pandemi COVID-19.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN RI) tersebut tatkala pertama kali dilantik langsung memutuskan beberapa regulasi untuk lebih memperjelas dan juga membuat peraturan terkait bagaimana dunia esports di Indonesia sehingga berjalannya menjadi jauh lebih terarah.

Tentunya regulasi yang dibuat oleh Ketum PB ESI Budi Gunawan, tidak lain dan tidak bukan adalah bertujuan untuk bisa meningkatkan berbagai macam prestasi, dan memang langsung terbukti berhasil dengan banyaknya segenap prestasi yang dicatatkan oleh para atlet esports di Indonesia bahkan dalam kancah internasional sekalipun.

Salah satu hal yang langsung dirubah olehnya setelah menjabat sebagai Ketum PB ESI dalam dunia esports Indonesia adalah benar-benar berusaha untuk menghadirkan segala jenis kebutuhan para atlet, termasuk ketersediaan esports training center. Pasalnya, sejauh ini, justru hal tersebut masih menjadi permasalahan padahal sejatinya menjadi bagian yang sangat krusial.

Namun secara perlahan, memang sejumlah permasalahan yang menyelimuti dunia esports Indonesia berhasil teratasi semenjak kepemimpinan Budi Gunawan. PBESI langsung bergerak dengan sangat cepat menerima keluh kesah tersebut dan akhirnya menyediakan fasilitas berupa esports training center yang bahkan pembangunannya disesuaikan dengan standar internasional.

Tujuan yang dimilikinya hanyalah satu, yakni bagaimana caranya supaya Indonesia bisa semakin berkembang, utamanya dalam bidang esports sehingga mampu memimpin Asia bahkan menjadi barometer esports dunia. Dalam gelaran IESF Bali 14Th World Esports Championships 2022, Ketum PB ESI tersebut kemudian menargetkan supaya Indonesia bukan hanya berhasil menjadi penyelenggara sekaligus tuan rumah saja, melainkan juga mencetak prestasi dengan menjadi juara umum.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Atlet & Prestasi PB ESI, Yohannes P. Siagian menerangkan bahwa memang komitmen yang dimiliki oleh PB ESI semenjak era kepemimpinan Budi Gunawan sama sekali tidak main-main untuk memajukan dunia esports Indonesia. Pihaknya juga sudah melakukan berbagai macam pembinaan dan persiapan dengan sangat baik untuk seluruh atlet supaya bisa terus mencetak prestasi. Bahkan pembinaan tersebut bukan hanya pada segi teknis permainan saja, melainkan juga pada segi non-teknis dengan tujuan bisa membangun mentalitas para atlet esports Tanah Air dengan tangguh.

Berkat segala dukungan dan juga fasilitas yang telah diberikan oleh PBESI, terbukti bahwa Timnas Indonesia sendiri terus menerus mencetak kemenangan dalam ajang IESF Bali 14th WEC 2022. Terbaru, Timnas Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Indonesia bahkan berhasil mengamankan tiket untuk bisa berlaga di grand final setelah sukses menundukkan Tim Kamboja pada final upper bracket hari ini, Selasa (6/12).

Timnas Indonesia berhasil mencuri kemenangan dengan skor 2-1 atas Tim Kamboja padahal sejak babak pertama sempat tertinggal. Atas kemenangan tersebut, salah satu pemain Timnas MLBB Indonesia, Jabran ‘Branz’ Bagus mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat senang. Meski begitu, timnya sama sekali tidak langsung mudah merasa puas karena masih ada pertandingan selanjutnya yang menunggu. Untuk itu, dirinya mengungkapkan bahwa akan terus berupaya dengan maksimal supaya benar-benar mampu menyumbangkan emas bagi Tanah Air sehingga target untuk menjadi juara umum menjadi semakin dekat.

Sementara itu, Pelatih Timnas Indonesia MLBB, Aji Wicaksono mengemukakan bahwa kemenangan yang berhasil diraih oleh anak asuhnya ini sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana dukungan seluruh pihak, termasuk PB ESI hingga doa dari para pendukung dan semua masyarakat Indonesia.

Keberhasilan Timnas MLBB Indonesia untuk terus melaju hingga ke babak grand final IESF Bali 14th WEC 2022 sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana peranan penting PBESI, utamanya dalam era kepengurusan Budi Gunawan. Pasalnya memang sejak awal dilantik saja, seluruh tekad dan komitmen kuat sudah dikemukakan dan benar-benar dibuktikan dengan banyak memberikan dukungan hingga fasilitas yang sangat memadai untuk kemajuan ekosistem esports Indonesia.

)* Penulis adalah pengamat Esports

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda