Apresiasi Timnas MLBB Kalahkan Filipina, Optimisme Juara Umum IESF Bali 14Th WEC 2022 Semakin Tinggi - Seputar Sumsel

Senin, 05 Desember 2022

Apresiasi Timnas MLBB Kalahkan Filipina, Optimisme Juara Umum IESF Bali 14Th WEC 2022 Semakin Tinggi

Oleh :  Dwi Cahya Alfarizi )*

Apresiasi besar petut diberikan dengan penuh rasa bangga kepada Timnas MLBB Indonesia karena mampu mengalahkan Tim Filipina. Setelah kemenangan diraih, maka sontak optimisme untuk bisa menjadi juara umum dalam gelaran IESF Bali 14th WEC 2022 menjadi semakin tinggi.

Sejak awal, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) memang menargetkan agar Timnas Indonesia mampu menjadi juara umum dalam perhelatan IESF Bali 14th WEC 2022, karena memang sejatinya seluruh atlet esports asal Tanah Air sama sekali tidak bisa diremehkan kualitasnya untuk bersaing di kancah dunia.

Bahkan sudah banyak sekali persiapan yang telah dilakukan, termasuk dukungan  penuh dari PBESI hingga beragam pelatihan dan fasilitas berstandar internasional untuk bisa menunjang permainan para atlet esports Indonesia berlaga dalam kejuaraan dunia tersebut.

Seluruh kerja keras yang telah dilakukan hingga persiapan yang sangat matang sejak beberapa bulan terakhir, nyatanya memang membuahkan hasil yang maksimal. Bagimana tidak, pasalnya Timnas dalam permainan Mobile Legends Bang Bang (MLBB) Indonesia mampu menumpas Tim Filipina dengan skor 2-0.

Kemenangan perdana yang dicetak oleh Tim Nasional Indonesia tersebut diwakili oleh permainan sangat cemerlang dari Tim Evos, yang mana mereka berhasil menyuguhkan sebuah pertandingan yang sangatlah menegangkan. Hal tersebut dikarenakan  sejak awal pertandingan, Timnas Indonesia sendiri sempat mengalami beberapa tekanan dari Filipina yang diwakili oleh Tim Blacklist.

Padahal, sebenarnya sejak awal Tim Filipina sendiri sudah berhasil mendapatkan banyak hero yang  sesuai dengan harapan mereka. Bahkan hingga menit ke-7 pertandingan dimulai, mereka sudah berhasil mencetak sebanyak 6 poin sedangkan Timnas Indonesia waktu itu masih belum mendapatkan poin sama sekali. Akan tetapi setelah menit ke-9, Timnas MLBB Indonesia menunjukkan kebangkitan mereka dan mengejar poin yang tertinggal.

Akan tetapi, seluruh tekanan yang bertubi-tubi tersebut nyatanya mampu dihalang oleh strategi cerdik yang diracik secara langsung oleh Pelatih Timnas Indonesia untuk MLBB, Coach Bjorn. Tidak bisa dipungkiri pula bahwa sejauh pertandingan, kedua tim memberikan perlawanan yang sama-sama maksimal di babak pertama. Bahkan sejak awal, Villaluna dan timnya mampu terlihat sangat dominan.

Mengenai kemenangan Indonesia yang berhasil dicetak atas Filipina, Coach Bjorn mengaku bahwa dirinya sangat senang karena keberhasilan tersebut. Meski senang, namun dia berpesan kepada semua pemain serta mengingatkan bahwa mereka semua harus kembali melakukan persiapan yang keras untuk bisa melawan Argentina pada pertandingan selanjutnya.

Sementara itu, Ketua Pelatih Timnas Indonesia, Yohannes P. Siagian menyatakan bahwa berhasilnya bangsa ini untuk menumbangkan Tim Filipina sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana kontribusi dan kerja keras yang telah dilakukan oleh seluruh pihak selama ini.

Menurutnya, kemenangan pada laga pertama ini merupakan sebuah langkah awal yang sangat tepat dan juga menjadi  penting untuk keberlangsungan Timnas Indonesia ke depannya. Hal tersebut berkaitan dengan bagaimana target yang telah ditetapkan oleh Timnas untuk bisa menjadi juara umum dalam gelaran esports outdoor terbesar di dunia itu.

Lebih lanjut, Yohannes menegaskan bahwa dirinya dan seluruh tim esports Indonesia terus menatap langkah dalam jangka panjang, yakni bagaimana caranya terus berfokus pada banyak pertandingan yang telah menanti di depan mata sehingga benar-benar target untuk menjadi juara umum dapat terealisasikan.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Frengky Ong terus mendukung dan memberikan semangat kepada semua atlet esports Tanah Air. Baginya, kemenangan yang saat ini berhasil dicetak oleh Timnas Indonesia atas Filipina merupakan sebuah bukti konkret dari betapa berkualitasnya permainan bangsa ini bahkan di mata dunia.

Hal tersebut juga bisa dikatakan sebagai sebuah indikasi bahwa memang perkembangan dunia esports Nusantara tengah berkembang dengan sangat pesat, khususnya karena peran besar serta dukungan dari pihak PBESI yang dipimpin oleh Budi Gunawan. Beliau terus berupaya untuk bisa menjamin seluruh kebutuhan para atlet esports supaya mereka bisa berfokus untuk meraih banyak prestasi dan mengharumkan nama bangsa di kancah dunia.

Perlu diketahui, bahwa PBESI sendiri selaku induk organisasi olahraga esports Indonesia, memiliki visi ke depan yakni bisa mengembangkan dan terus mempromosikan seluruh ekosistem esports yang stabil hingga bisa membawa nama bangsa ini untuk menjadi pemimpin esports di kawasan Asia bahkan menjadi barometer dunia.

Kemudian Frengky berpesan kepada seluruh pemain untuk bisa terus mempertahankan performa yang telah mereka miliki serta terus menjaga fokus mereka. Dengan keberhasilan mengantongi kemenangan pada pertandingan perdana, baginya sangat efektif untuk terus memotivasi seluruh tim dan mendorong mereka untuk maju ke depan.

Dengan keberhasilan atau kemenangan yang didapatkan tatkala melawan Tim Filipina dalam pertandingan perdana MLBB, optimisme pun semakin menguat diantara seluruh pihak, mulai dari PBESI sendiri hingga para pelatih serta para atlet esports Indonesia bahwa sebenarnya bangsa ini sangat bisa untuk meraih gelar juara umum pada ajang IESF Bali 14th WEC 2022. Apresiasi pun tidak luput  diberikan kepada seluruh pihak, khususnya Timnas Indonesia atas kemenangan dari Filipina ini.

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda