Komitmen PB ESI Majukan Esport Indonesia Torehkan Prestasi di Kejuaran Esport di Bali - Seputar Sumsel

Rabu, 07 Desember 2022

Komitmen PB ESI Majukan Esport Indonesia Torehkan Prestasi di Kejuaran Esport di Bali

Oleh :  Romi Fernando )*

Timnas Esport Indonesia karena Tim Nasional (Timnas) Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) berhasil menuju babak grand final dalam kejuaraan Esport di Bali. Kesuksesan tersebut merupakan salah satu wujud komitmen PB ESI yang saat ini diketuai oleh Jenderal Polisi (P) Budi Gunawan untuk mencetak atlet berprestasi.

Kabar gembira bagi pendukung Timnas Mobile Legend Bang Bang (MLBB) Indonesia yang akhirnya berhasil terus mencetak kemenangan hingga akhirnya mengantongi tiket Grand Final dalam ajang IESF Bali 14th WEC 2022.

Kesuksesan untuk bisa melaju ke babak pertandingan final tersebut didapatkan oleh Timnas Indonesia setelah berhasil menaklukkan Tim Kamboja pada final upper bracket hari ini, Selasa (6/12). Dalam hal ini, permainan yang dilakukan oleh Timnas Indonesia sangatlah baik, lantaran mampu mencuri skor dengan kemenangan 2-1.

Pertandingan melawan Kamboja terbilang alot. Pada babak pertama, memang Timnas Indonesia sendiri sempat terlihat mengalami kesulitan dengan permainan sangat agresif yang disuguhkan oleh Kamboja. Pasalnya, Tim Kamboja sendiri langsung berhasil mendapatkan first blood pada babak pertama.

Situasi kemudian berbalik saat permainan Timnas Indonesia diimbangi dengan teknik defensif yang juga sangat baik, sehingga pada early game sempat memimpin. Sementara itu, saat mid-game telah berjalan, ternyata justru Tim Kamboja yang banyak mendapatkan momentum penting untuk merubah alur permainan sehingga mereka menjadi mendominasi. Akhirnya, pada babak pertama Tim Kamboja pun memimpin dengan skor 0-1.

Di babak kedua, Timnas Indonesia kemudian memulai permainan dengan jauh lebih agresif. Akhirnya, Tim Kamboja yang pada mulanya memimpin tersebut akhirnya harus menerima kekalahan dengan Timnas Indonesia dengan skor akhir 2-1. Sementara itu, salah satu pemain Timnas MLBB Indonesia, Jabran ‘Branz’ Bagus menyatakan bahwa mereka merasa sangat senang dengan hasil kemenangan tersebut.

Penyelenggaraan dan kesuksesan Esport Indonesia tersebut tidak bisa terlepas dari peran dan komitmen Bapak Budi Gunawan selaku Ketum PB ESI untuk bisa terus memajukan ekosistem esport Tanah Air.

Dalam hal ini, pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) yang diketuai oleh Budi Gunawan telah memiliki persiapan matang dalam melahirkan atlet-atlet bertalenta. Selain itu, pihaknya juga telah sangat sukses dalam segala penyelenggaraan ajang Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships 2022. Bahkan, tidak sedikit pihak yang mengaku bahwa perhelatan tersebut menjadi ajang esports outdoor yang terbesar di dunia.

Keberhasila tersebut sangat membanggakan nama Indonesia. Terlebih, terdapat pula harapan bahwa dengan bagaimana suksesnya IESF Bali 14th WEC bisa turut membantu mengangkat pertumbuhan ekonomi kreatif dan juga sektor pariwisata di Tanah Air.

Sementara itu, perhelatan kejuaraan Esport internasional tentu juga akan menarik banyak pengunjung asing untuk datang ke Pulau Dewata sehingga mereka juga bisa menikmati bagaimana keindahan Bali. Sejauh ini, pihak PBESI sendiri juga sudah mengkonsep sedemikian rupa mengenai sport tourism.

Sementara itu, Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo menyatakan bahwa dirinya sangat penuh akan optimisme terkait dunia esports Indonesia yang akan mampu menjadi barometer dunia, terutama mengetahui seperti apa kesuksesan penyelenggaraan Indonesia Esports Summit 2022 Bali 14th World Esports Championships.

Bambang Sunarwibowo menjelaskan bahwa dalam kesuksesan penyelenggaraan event esport internasional di Bali itu juga sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana koordinasi dan sinergitas baik antara phak PBESI dengan banyak pihak terkait lainnya seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Bukan hanya itu, namun pihak PBESI juga menjalin kerja sama dengan berbagai organisasi komunitas esport nasional untuk bisa menentukan berbagai kebutuhan serta kepentingan fundamental.

Sudah banyak sekali kemajuan yang berhasil diraih oleh dunia esports Indonesia di era kepemimpinan Ketum PBESI Budi Gunawan. Terlebih dengan bagaimana komitmen besarnya, membuat Presiden IESF, Vlad Marinescu pun memberikan apresiasi yang sangat tinggi.

Apresiasi tersebut langsung ditujukan pada Budi Gunawan karena dianggap sudah sangat sukses dalam penyelenggaraan IESF Bali 14th WEC 2022 maupun mencetak atlet-atlet berkualitas. Bukan hanya terkait dengan kesuksesan penyelenggaraan ajang event esports outdoor terbesar dunia yang berhasil dihelat oleh PBESI, namun Vlad Marinescu juga melihat sudah sangat banyak sekali pertumbuhan komunitas esports Indonesia.

Ketum PB ESI tersebut juga menyatakan kalau pihaknya sudah banyak membuat regulasi untuk bisa mengatur dunia esports Indonesia menjadi lebih jelas dan terarah ke depannya, sehingga memang langsung berkorelasi dengan bagaimana banyaknya perolehan prestasi yang dicetak oleh para atlet esports di level internasional.

Penyelenggaraan event esports internasional di Bali, bertajuk IESF Bali 14th WEC 2022 yang dilaksanakan oleh PBESI memang mencetak kesuksesan yang sangat luar biasa. Hal tersebut bahkan mendatangkan apresiasi dari banyak pihak termasuk Presiden IESF secara langsung. Oleh sebab itu, dibawah kepemimpinan Ketum Budi Gunawan maka diharapkan banyak atlet berprestasi akan bermunculan.

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda