Aparat Keamanan Jamin Morowali Utara Kondusif dan Aman - Seputar Sumsel

Sabtu, 21 Januari 2023

Aparat Keamanan Jamin Morowali Utara Kondusif dan Aman

Morowali Utara - Dandim 1311 Morowali, Letkol Inf Constantinus Rusmanto jamin situasi dan kondisi saat ini di Morowali Utara telah kondusif dan aman. Tidak ada lagi ketegangan antar pekerja baik pihak TKA maupun TKI. Mereka saat ini sudah secara harmonis berbaur satu dengan yang lainnya.

“Morowali Utara kini kondusif dan normal dimana dapat terlihat dari kegiatan para pekerja di PT. Gunbuster Nickle Industry (GNI) di Desa Bunta, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara, dan aktivitas masyarakat setempat sudah seperti biasanya,” ujar Dandim 1311 Morowali, Letkol Inf Constantinus Rusmanto.

Constantinus Rusmanto mengatakan masyarakat dan pekerja tidak perlu ada kekhawatiran lagi dalam melaksanakan aktivitasnya karena selain kondisi sudah tertangani. Di sisi lain sejumlah aparat baik TNI dan Polri telah ditempatkan di sejumlah titik yang secara pasti untuk menjaga keamanan di PT. GNI maupun masyarakat di Morowali Utara.

Pendapat yang sama juga disampaikan Kapolres Morowali Utara AKBP Imam Wijayanto. Menurutnya dapat dipastikan perkembangan situasi PT GNI di Kabupaten Morowali Utara telah aman dan terkendali.

“Saya bersama HRD PT GNI bapak Mugni menyampaikan bahwa sampai dengan hari ini situasi PT GNI sudah sangat aman dan terkendali,” ujar Imam Wijayanto.

Kapolres Morowali Utara itu juga menyebut, sebanyak 709 personil gabungan TNI Polri membantu pengamanan di lokasi PT GNI Kabupaten Morowali Utara. Pengamanan tersebut dalam rangka menjamin keamanan di Kawasan PT. GNI dan sekitarnya.

“Karyawan TKA dan TKI sejak hari pertama bekerja pasca insiden sampai dengan saat ini Sabtu (21/1/2023) kembali berinteraksi seperti biasa mereka menunjukan kerjasama yang sinergis”, ungkap Imam Wijayanto.

Sampai hari ini aktifitas di perusahaan tidak ada kendala yang berarti, operasional berjalan normal dan untuk memberikan jaminan keamanan, personil TNI Polri sudah ditempatkan di Pos-pos yang strategis sekitar PT GNI.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Morowali Utara Hj. Megawati Ambo Arsa memberikan apresiasi dan pujian terhadap TNI dan Polri dalam melakukan pengendalian saat insiden terjadi.

“Patut diapresiasi kinerja dari aparat keamanan baik TNI maupun Polri yang sigap dalam menjalankan tugasnya dengan melakukan pengamanan yang sangat baik di PT.GNI Morowali Utara sehingga saat ini kondisinya sudah normal seperti biasanya”, ucap Ketua DPRD Kabupaten Morowali Utara.

Sementara itu, pandangan yang tidak berbeda di ungkapkan oleh anggota DPRD Kabupaten Morowali utara dari partai PKS Yanto Baoli. Yanto menilai kondisi di Morowali Utara sudah sangat kondusif ini harus terus dijaga oleh semua pihak agar baik pekerja maupun masyarakat sekitar PT.GNI menjalankan aktivitasnya dengan merasa aman dan nyaman.

“Apresiasi  setinggi – tingginya harus diberikan kepada aparat penegak hukum. Dalam hal ini TNI Polri yang sudah mengamankan kabupaten Morowali utara sehingga situasi dan kondisi dapat aman dan terkendali” imbuh anggota DPRD Kabupaten Morowali utara dari partai PKS.

***

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda