Sikapi Situasi Kondusif di PT GNI, Kadin: Harmonisasi Pekerja Dapat Tarik Investor - Seputar Sumsel

Senin, 23 Januari 2023

Sikapi Situasi Kondusif di PT GNI, Kadin: Harmonisasi Pekerja Dapat Tarik Investor

Morowali Utara –Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten Sigi Donggala, Hari Ramdhani mendukung penuh harmonisasi yang terus diupayakan PT GNI di Morowali Utara, termasuk acara perlombaan memeriahkan Imlek 2023.

Dirinya menilai kegiatan lomba yang melibatkan Tenaga Kerja Asing (TKA) dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara tidak langsung dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah. Pasalnya, kegiatan harmonisasi antar pekerja tersebut bisa menarik para investor yang hendak berinvestasi di Indonesia.

Heri menambahkan bahwa dirinya juga mengucapkan bela sungkawa kepada korban kerusuhan di PT GNI beberapa waktu silam. Menurutnya hal tersebut patut disesali karena saat ini Indonesia membutuhkan investasi besar.

“Penanaman modal asing ini sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat dan pengusaha yang baru tumbuh,” ujarnya

Tak lupa dirinya berpesan kepada seluruh Pekerja baik TKA maupun TKI untuk saling menjaga kerukunan satu sama lain agar tidak terjadi gesekan yang justru dapat merugikan banyak pihak.

“Harusnya kita bisa saling merangkul, saling mengingatkan. Ayo kita tingkatkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi tengah.” Ucap Heri.

Senada, Tokoh Masyarakat Morowali Utara, Jabar Lahadji menjelaskan bahwa investasi saat ini dibutuhkan Indonesia dan masyarakat di wilayahnya.

Investasi, lanjut tokoh Masyarakat Morut itu, dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat disekitar. Dirinya pun menyayangkan terjadinya insiden kerusuhan di PT GNI beberapa waktu lalu.

"Tentunya kita bersyukur adanya investasi masuk, karena itu akan membawa multi effect economy daerah," katanya Senin (23/1)

Mantan anggota DPRD Morut itu juga mengingatkan agar manajemen PT GNI terus melakukan evaluasi dan perbaikan agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari. Dirinya pun berharap agar manajemen dapat terus membuka diri, termasuk kepada tokoh masyarakat hingga media.

Di tempat terpisah, Lurah Bahoue, Morowali Utara, Muh Syarih mendukung keberadaan PT GNI di wilayahnya. Menurutnya, PT GNI telah membuka lapangan kerja bagi warga Bahoue.

“Saya lihat keadaan sekarang, pemuda-pemuda yang tadinya sulit mendapatkan pekerjaan, dengan adanya perusahaan ini dapat sangat membantu dan mengurangi pengangguran”, ucapnya

Kedepan Lurah Bahoue berharap agar aktivitas PT GNI dapat berjalan normal. Dirinya pun mengimbau kepada warga untuk menjaga keamanan dan menghindari demo anarkis agar kerusuhan tidak terulang kembali.

**

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda