Wamenaker Sebut PT. GNI Akan Memperbaiki Operasional Perusahaan - Seputar Sumsel

Jumat, 20 Januari 2023

Wamenaker Sebut PT. GNI Akan Memperbaiki Operasional Perusahaan

Morowali Utara - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor melakukan kunjungan ke PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) pada Kamis (19/1/2023). Hal ini usai terjadi bentrokan maut yang terjadi beberapa hari yang lalu.
 
Wamenaker juga melakukan pertemuan tertutup dengan pihak manajemen PT. GNI dengan didampingi pemerintah daerah setempat, Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Tengah, Polres Morowali Utara, Mabes Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri.
 
Pertemuan tersebut membahas kerusuhan di PT GNI pada 14 Januari 2023 yang menewaskan dua pekerja PT GNI.
 
"Jadi hasilnya, persoalan ini kan muncul karena ada protes dari pekerja/buruh soal K3. Nah, dengan dasar alasan K3 inilah akhirnya buruh melakukan aksi demonstrasi, menimbulkan kerusakan, dan korban jiwa di PT GNI," kata Wamenaker Afriansyah
 
Meski demikian, Wamenaker mengatakan bahwa pihak manajemen menerima semua masukan yang ada dan akan memperbaiki operasional PT. GNI termasuk di dalamnya K3.
 
"Tadi semua kita sampaikan, manajemen (PT GNI) menerima masukan dari kami dan akan memperbaiki semua, termasuk K3-nya,” ucapnya.
 
Dengan adanya pertemuan ini, Wamenaker Afriansyah Noor berharap semua persoalan dapat terselesaikan dan kejadian yang sama tidak terulang kembali. Ia juga berharap bahwa pihak manajemen juga membuka komunikasi yang baik dengan karyawan PT. GNI.
 
"Pertemuan ini diharapkan menemukan solusi yang baik dengan mendengarkan keterangan antara pihak manajemen dan pihak pekerja, sehingga terjadi hubungan industrial yang baik antara kedua belah pihak," ujarnya.
 
Sementara itu, Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi mengatakan bahwa kondisi operasional perusahaan sudah berjalan dengan normal dan para karyawan sudah mulai bekerja seperti biasa meskipun masih harus dijaga oleh pihak keamanan.
 
"Saya sangat optimis akan segera terjadi pemulihan sehingga operasional perusahaan segera pulih kembali," ujarnya.

***

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda