Melalui PYCH, BIN Sukses Kembangkan Berbagai Sektor Guna Kesejahteraan Papua - Seputar Sumsel

Senin, 20 Maret 2023

Melalui PYCH, BIN Sukses Kembangkan Berbagai Sektor Guna Kesejahteraan Papua

Jayapura - Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura saat ini sudah rampung pembangunannya dan diresmikan Presiden Jokowi pada Selasa (21/3).

Tentunya dengan adanya gedung tersebut, maka mampu menjadi sebuah wadah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki para generasi muda Bumi Cenderawasih.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa potensi dari anak-anak muda Papua masih banyak dan perlu wadah untuk dapat dikeluarkan. "Saya yakin masih banyak potensi yang belum tergali dan belum terkembangkan," ujarnya.

Gedung PYCH yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo ini nantinya akan dikelola oleh pemuda-pemudi yang tergabung dalam PYCH yang dibina BIN dalam menjalankan berbagai programnya untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

Program yang digencarkan PYCH yang dibina langsung oleh Badan Intelijen Negara (BIN) untuk mendorong kesejahteraan masyarakat Papua mulai terlihat.

Beberapa program yang digencarkan oleh Papua Youth Creative Hub (PYCH) binaan BIN ini diantaranya terdapat pada bidang peternakan dan pertanian. Selain itu, bidang pendidikan dan UMKM juga merupakan bagian dari program PYCH dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

Dalam bidang peternakan, Setidaknya kini sudah ada 16 lokasi pengembangan peternakan ayam petelur di Provinsi Papua dan Papua Barat, bahkan saat ini sudah dibangun lagi 10 lokasi peternakan ayam sejak Januari 2023.

Peternakan ayam petelur ini dikelola oleh para muda-mudi Papua yang tergabung dalam Papua Youth Creative Hub (PYCH). Peternakan yang sudah mendapatkan omzet yang cukup besar ini tidak lepas dari pembinaan yang diberikan oleh Deputi IV ekonomi BIN secara langsung.

Peternak ayam petelur sekaligus pengurus PYCH, Brigitta Hisage mengatakan, pengembangan peternakan hanyalah satu dari sekian banyak program pemberdayaan masyarakat yang dijalankan PYCH.

"Sebelum memulai usaha ayam petelur, saya bergabung dengan PYCH, banyak kegiatan yang kami lakukan di bawah bimbingan BIN," ujar Brigitta.

Selain peternakan, BIN dan PYCH melakukan pertanian budi daya jagung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. Koordinator Papua Youth Creative Hub (PYCH) Jayapura Daud Edison Yarisetouw mengatakan budi daya tanaman jagung menjadi salah satu program yang digencarkan PYCH sebagai salah satu upaya menyejahterakan masyarakat dan meningkatkan ketahanan pangan Papua.

Dia menjelaskan hasil panen akan dibeli oleh perusahaan untuk dijadikan pakan ayam. Produk pakan ayam nanti akan dikemas dengan label PYCH. Selain itu, PYCH akan menjadi label semua produk turunan atau hasil olahan jagung dari hasil panen masyarakat binaan.

Daud menyatakan PYCH atas bimbingan BIN telah mempersiapkan segala sesuatunya dari mulai pengolahan lahan jagung hingga distribusi hasil jagung.

"Kami sudah siapkan mulai dari hulu ke hilir. Kami bersyukur juga punya pabrik pakan. Dari hasil panen ini kami tidak kesulitan untuk pemasaran, karena pasar sudah ada, sudah jelas," ungkapnya

*

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda