Papua Youth Creative Hub Kembangkan Bakat dan Passion di Segala Bidang - Seputar Sumsel

Jumat, 17 Maret 2023

Papua Youth Creative Hub Kembangkan Bakat dan Passion di Segala Bidang

Papua – Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang diinisiasi Papua Muda Inspiratif (PMI) binaan Badan Intelijen Negara (BIN), terus memperluas jangkauan program untuk mengembangkan bakat dan passion pemuda Papua di segala bidang. PYCH menyediakan berbagai macam workshop, pelatihan, dan kegiatan lainnya yang dapat membantu pemuda Papua mengeksplorasi potensi diri mereka dan mengembangkan kreativitas mereka.

Menurut Program Manager Bidang Teknologi PMI, Elia Musa Rawar, Salah satu goal dari PYCH adalah membuat inovasi-inovasi baru untuk tanah Papua, untuk masyarakat Papua, yang diusulkan dari anak-anak muda Papua sendiri. Salah, satunya, kumpulan anak muda Papua yang berkarya di Youth Creative Hub (PYCH) akan meluncurkan brand smartphone dan laptop hasil rakitan mereka dalam waktu dekat.

“Produk hasil rakitan mereka akan diberi brand TOP.ID, merupakan kependekan dari Torang Papua Indonesia. Ini merupakan brand smartphone dan laptop pertama asli rakitan anak Papua. Para perakit smartphone dan laptop TOP.ID ini, dijelaskan Elmus, adalah anak-anak dari salah satu sekolah menengah kejuruan di Jayapura,” pungkas Elia.

Pemuda-pemuda ini sehari-hari memang berbakat dalam bidang elektronik dan komputer sehingga akhirnya mengikuti pelatihan, untuk mengenalkan bagaimana cara membuka handphone, cara merakit handphone dari zero hingga layak digunakan layaknya sebuah handphone baru.

Elia berharap generasi muda Papua dapat memperluas wawasan dan kemampuan untuk bisa berinovasi, maupun menciptakan lapangan pekerjaan.

“Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Jokowi dan Kepala BIN, Pak Budi Gunawan atas semua kesempatan, semua fasilitas, dan semua hal yang bapak buat untuk anak-anak Papua agar dapat berkreatif, dan dapat mendapatkan fasilitas yang begitu wow,” jelas Elia.

Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Port Numbay, Ondoafi George A. Awi juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas kinerjanya dalam memajukan masyarakat Papua dengan membangun gedung PYCH menjadi pusat memajukan generasi muda Papua.

“Atas nama masyarakat Papua, kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden atas fasilitas gedung yang begitu megah, bagus. Di mana dalam gedung ini akan mewadahi semua anak-anak Papua, untuk mereka mampu mengekspresikan mereka punya kreasi dan bakat,” tutur George.

Pihaknya juga mengaku telah berkeliling dan menilai PYCH sebagai capaian yang sangat luar biasa. Karena 7 wilayah adat di Papua sudah direpresentasikan dengan baik di dalam gedung PYCH ini.

George menekankan kepada anak muda Papua agar memanfaatkan gedung PYCH dan perlunya dukungan masyarakat terhadap semua program kerja yang dicanangkan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI).

“Kepada masyarakat kami mengimbau untuk mendukung program ini. Kita ajak Anak-anak kita masuk gedung ini supaya dibina, dilatih, digembleng, supaya terbentuk mental yang bagus. Sebab Bangsa Indonesia ke depan ini menghadapi tantangan globalisasi yang sangat luar biasa, maka perlu dibentuk mental mereka,” pesan George.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda