Pemerintah Pastikan Pemilu 2024 Sesuai Jadwal dan Tidak Ada Penundaan - Seputar Sumsel

Rabu, 22 Maret 2023

Pemerintah Pastikan Pemilu 2024 Sesuai Jadwal dan Tidak Ada Penundaan

Jakarta — Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar menegaskan bahwa Pemerintah memastikan Pemilu 2024 sesuai dengan jadwal, yakni 14 Februari 2024.

Pasalnya, menurutnya memang pemerintah telah mempersiapkan segala sesuatu untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 sejak tiga tahun terakhir ini. Mulai dari berbagai lembaga juga sudah sangat siap menyambut pesta demokrasi.

"Kesimpulannya, semua penyelenggara negara di luar KPU, Bawaslu, dan DKPP, sudah on semua. Kira-kira begitu," kata Bahtiar.

Lebih lanjut, Bahtiar mengungkapkan bahwa pendanaan yang telah dipersiapkan oleh pemerintah juga telah mencukupi.

"Cukup, mencukupi (anggarannya)," ungkapnya.

Hal tersebut dikarenakan KPU telah melakukan sejumlan inovasi untuk melakukan penghematan pada pengeluaran anggaran.

Bahkan, dirinya sempat dengan tegas mengaku akan terus melawan pihak yang berupaya menunda Pemilu 2024 dan menjanjikan bahwa Pemilu tidak akan pernah ditunda selama dirinya masih menjabat.

"Maka yang saya janjikan kepada kawan-kawan, selama Bahtiar masih Dirjen Polpum, tidak akan pernah ada penundaan pemilu," tegas Bahtiar.

Senada, Menko Polhukam, Mahfud MD juga menyatakan bahwa memang pemerintah telah mempersiapkan Pemilu 2024 dengan sungguh-sungguh dan tidak ada penundaan pesta demokrasi.

Dirinya menuturkan bahwa menjadi salah satu orang yang bertanggung jawab supaya penyelenggaraan pemilu bisa berjalan dengan baik.

“Saya salah seorang yang bertanggung jawab agar pemilu itu terlaksana dengan baik,” Mahfud MD.

Mantan Ketua MK tersebut kemudian menerangkan bahwa Pemilu memang seharusnya dilakukan dengan tertib supaya tidak terjadi gangguan dan hambatan.

“Nah, yang sekarang itu rebutan tidak karu-karuan. Tidak tertib. Itu yang harus kita tertibkan ke depan karena reformasi itu sudah bagus hasilnya,” katanya.

Pada kesempatan berbeda, Presiden RI, Joko Widodo sendiri juga telah menegaskan bahwa sama sekali tidak ada penundaan Pemilu.

"Saya kira sudah jelas semuanya sudah tahu bahwa Pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024,” ungkapnya.

Menurut Presiden, semuanya akan dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan, yakni pada 14 Februari dan juga Pilkada pada November 2024 mendatang.

“Karena jelas bahwa kita telah sepakat pemilu dilaksanakan tanggal 14 Februari dan Pilkada dilaksanakan nanti di November 2024, sudah jelas semuanya," tegas Presiden RI ketujuh tersebut.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda