Pemerintah Terus Upayakan Pemilu 2024 Tepat Waktu, KPU RI Apresiasi Presiden Jokowi - Seputar Sumsel

Selasa, 14 Maret 2023

Pemerintah Terus Upayakan Pemilu 2024 Tepat Waktu, KPU RI Apresiasi Presiden Jokowi

Jakarta — Pemerintah terus mengupayakan supaya penyelenggaraan Pemilu 2024 bisa berjalan tepat waktu. Oleh karena itu, kemudian KPU RI mengapresiasi dengan besar upaya Presiden Joko Widodo tersebut.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI) meminta kepada masyarakat untuk tidak percaya pada isu penundaan Pemilu 2024.

Hal tersebut dikarenakan Pemerintah bersama dengan KPU dan Bawaslu terus memastikan supaya Pemilu 2024 bisa digelar dengan tepat waktu.

Bahkan sampai saat ini pemerintah terus bekerja untuk mempersiapkan berbagai hal mengenai pelaksanaan Pemilu 2024.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Benny Irwan mengemukakan bahwa Pemda terus mendorong pasrtisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pemilu dengan banyak cara.

"Serta mendorong partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pemilu melalui pendidikan politik, sosialisasi, forum diskusi dan lain sebagainya yang melibatkan seluruh komponen masyarakat," katanya.

Pada kesempatan lain, Komisioner KPU, Idham Kholik juga memastikan bahwa Pemilu 2024 tetap akan terlaksana sesuai waktunya.

Menurutnya, sejauh ini semua tahapan Pemilu telah berjalan lancar dan tidak ada kendala.

"Sampai saat ini penyelenggaraan tahapan demi tahapan Pemilu itu berjalan lancar, tidak ada masalah," kata Idham.

Sementara itu, Presiden Jokowi telah menegaskan pula bahwa pemerintah terus mendukung upaya dari KPU untuk bisa naik banding atas putusan PN Jakpus yang meminta penundaan tahapan pemilu.

“Pemerintah mendukung KPU untuk naik banding," katanya.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan pemerintah juga telah melakukan persiapan anggaran Pemilu 2024.

"Sudah saya sampaikan bolak balik komitmen pemerintah untuk tahapan pemilu ini berjalan dengan baik, penyiapan anggaran sudah disiapkan dengan baik, saya kira tahapan pemilu kita harapkan tetap berjalan," ujar Jokowi.

Dengan seluruh dukungan yang diberikan oleh Pemerintah, Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari mengapresiasi dukungan pemerintah tersebut.

“Dapat kami katakan kehadiran Bapak Presiden adalah bentuk dukungan dari Pemerintah kepada KPU dan menunjukkan bahwa pemilu akan diselenggarakan secara tepat waktu dalam regularitas lima tahunan,” ujarnya.

Dirinya juga memberikan ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi lantaran dukungan tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih atas nama KPU, jajaran KPU, keluarga besar KPU kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo karena selama ini sepanjang KPU (ada) berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 yang berkarakter nasional tetap dan mandiri, baru kali ini Presiden hadir di tengah-tengah acara KPU,” ucapnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda