Pentingnya Peranan Tokoh Agama Jaga Persatuan Jelang Pemilu 2024 - Seputar Sumsel

Minggu, 26 Maret 2023

Pentingnya Peranan Tokoh Agama Jaga Persatuan Jelang Pemilu 2024

Jakarta — Menjelang perhelatan Pemilu 2024, menjaga nilai kesatuan dan persatuan bangsa memang merupakan hal yang harus dilakukan. Salah satu yang menjadi kunci di masyarakat Tanah Air yang beragam adalah bagaimana peranan dari para tokoh agama.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Zainut Tauhid Saadi mengajak kepada seluruh pihak untuk berpolitik secara moderat.

Hal tersebut, utamanya menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024 mendatang, menurutnya perbedaan pilihan tidak boleh menjadikan perpecahan.

"Moderasi dalam berpolitik penting diimplementasikan kepada warga bangsa, sehingga perbedaan-perbedaan pilihan tidak menjadi alasan lahirnya perpecahan," jelas Zainut.

Dirinya juga mengajak kepada semua ormas dan para tokoh agama untuk turut menjaga kesuksesan pesta demokrasi mendatang.

"Sehubungan dengan sudah masuknya Tahun Politik, saya mengajak seluruh pimpinan ormas Islam, para ulama dan tokoh agama untuk menyukseskan agenda lima tahunan tersebut," ujar Zainut Tauhid.

Wamenag RI tersebut kemudian menjelaskan bahwa tugas para tokoh agama dan para pimpinan ormas adalah mampu memberikan edukasi kepada publik mengenai penggunaan hak suara dengan tepat.

"Melakukan edukasi kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya secara cerdas, bebas, demokratis, dan bertanggung jawab," sambungnya.

Bukan hanya itu, namun dirinya juga berharap supaya para tokoh agama turut berperan aktif dalam menjaga nilai persaudaraan dan kerukunan di tengah masyarakat.

"Para pimpinan ormas Islam, ulama, dan tokoh agama, saya harap mampu mengajak masyarakat agar menjaga nilai-nilai persaudaraan, kerukunan, dan persatuan," imbuhnya.

Baginya, penyelenggaraan Pemilu merupakan sebatas agenda lima tahunan saja, yang mana tidak akan sebanding jika harus mengorbankan persaudaraan.

"Pemilu hanyalah agenda lima tahunan, sedangkan persaudaraan itu selamanya. Mari tetap kita menjadi saudara, sudah tidak ada lagi kubu-kubuan," tandas Wamenag.

Pada kesempatan lain, Anggota DPR RI fraksi PKB, Ibnu Multazam mengajak para tokoh agama untuk terus mempertahankan persatuan dan kesatuan menjelang Pemilu 2024.

“Jelang pemilu serentak 2024 bahwa kunci untuk tetap mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa adalah terus menekankan pentingnya pemahaman nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan,” ungkapnya.

“Untuk itu, kita mengajak para tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda merupakan elemen penting untuk membumikan semangat tersebut,” imbuhnya.

Peranan tokoh agama menjadi sangat penting, lantaran memang masyarakat Indonesia sendiri terdiri dari latar belakang yang sangat beragam.

“Ini penting saya sampaikan, karena Negara Indonesia adalah negara yang sangat besar, yang dihuni beragam macam suku bangsa. Keberagaman sangat besar ini perlu diikat oleh nilai-nilai yang ada dalam empat pilar MPR, “pungkas Ibnu Multazam.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda