Buktikan Keberhasilan Kepemimpinan di Daerah, Ganjar Pranowo Layak Maju Ke Tingkat Nasional - Seputar Sumsel

Jumat, 21 April 2023

Buktikan Keberhasilan Kepemimpinan di Daerah, Ganjar Pranowo Layak Maju Ke Tingkat Nasional

Oleh : Tyas Permata Wiyana )*

Membuktikan banyak sekali keberhasilan akan kepemimpinan dan juga segenap langkah hingga program yang telah dilaksanakan, Ganjar Pranowo memang tidak bisa diragukan lagi kapasitasnya. Dirinya menjadi figur yang sangat layak untuk bisa terus melangkah maju ke dalam bursa sebagai calon presiden (Capres) di Indonesia pada tahun 2024 mendatang.

Kementerian Pertanian (Kementan RI), memberikan apresiasi begitu tinggi atas bagaimana kinerja yang dimiliki oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di bidang pertanian. Bagaimana tidak, pasalnya dirinya dinilai telah berhasil menjalankan program bagi adanya peningkatan kesejahteraan petani di Jawa Tengah (Jateng).

Bahkan dengan adanya prestasi pembuatan program yang memang nyatanya telah berhasil meningkatkan kesejahteraan para petani di Jawa Tengah, pria kelahiran tahun 1968 tersebut diusulkan untuk bisa menerima 2 (dua) tanda kehormatan, yakni Gelar Tanda Kehormatan (GTK) Satyalencana Pembangunan dan Wira Karya.

Salah satu perwakilan Kementan, Agustini Irmawati menyampaikan bahwa hal yang paling disorot utamanya adalah bagaimana mengenai keberhasilan Ganjar Pranowo terus mengawal wilayah yang dia pimpin, yakni Jawa Tengah dalam hal produksi beras dan juga hortikultura yang menjadikan provinsi tersebut berada di peringkat 2 (dua) nasional. Maka dari itu, dengan keberhasilan tersebut saja memang sudah sangat jelas bagaimana ouput dari sang gubernur.

Program Kartu Tani yang dipelopori oleh politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut memang sudah diakui oleh banyak pihak, bahkan pada tahun 2019 lalu, dirinya juga sempat mendapatkan penghargaan lantaran program Kartu Tani sebagai pemilik program terbaik secara nasional.

Memang, program yang digagas oleh Ganjar Pranowo ini memiliki tujuan untuk bisa mewujudkan adanya pendistribusian, pengendalian dan juga pengawasan pupuk subsidi kepada para petani yang memang berhak untuk mendapatkannya.

Bukan hanya mengenai pengawasan saja, namun dengan adanya program Kartu Tani Jateng itu, memungkinkan adanya distribusi pupuk subsidi yang sesuai dengan jumlah, jenis, waktu, tempat, mutu dan harga serta pemberian layanan perbankan bagi para petani. Karena dengan program tersebut, maka bisa melakukan pendataan lengkap kepada para petani dan juga masih berkaitan dengan upaya Satu Data Indonesia yang berkaitan dengan program Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sementara itu, apresiasi lain mengenai bagaimana bagusnya kinerja yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo juga diungkapkan oleh Bappenas lantaran dirinya berhasil membawa Jawa Tengah hingga masuk ke dalam 5 (lima) besar pembangunan peta nasional.

Terkait hal tersebut, Direktur Regional I Bappenas RI, Abdul Malik Sadat Idris menyatakan bahwa memang akselerasi pembangunan di Jateng hingga tahun 2024 mendatang sangatlah terasa. Bahkan, dengan keberhasilan provinsi itu untuk masuk ke dalam lima besar pembangunan peta nasional, maka orientasi ke depannya pada tahun 2045 untuk Jateng adalah sebagai kekuatan perhitungan di peta global.

Lebih lanjut, mengenai tata pemerintahan atau good governance yang memang dinilai sangat berkorelasi dengan iklim investasi di sebuah daerah dan mampu mendorongnya untuk terus berjalan dengan baik. Abdul Malik menilai bahwa sejatinya investasi hanya akan bisa masuk ke suatu daerah apabila pemerintah daerah (Pemda) dari wilayah tersebut dinilai memiliki tata pemerintahan yang baik, yang mana seluruhnya sudah dibuktikan oleh Ganjar Pranowo dalam memimpin Jawa Tengah selama ini.

Dalam banyak kesempatan, dirinya juga sangat perhatian dengan bagaimana rencana kebijakan yang diterbitkannya agar mampu untuk mencakup kebutuhan riil yang memang diinginkan oleh masyarakatnya. Dia bahkan mengaku sangat senang dengan adanya masukan-masukan yang membangun disampaikan oleh kelompok masyarakat.

Setelah mendapatkan beberapa usulan dari isu di masyarakatnya, kemudian Ganjar Pranowo mulai melakukan pengerucutan dan membuat skala-skala prioritas, namun di samping itu juga terus berupaya untuk mengatasi permasalahan besar yang juga menjadi program nasional di saat yang bersamaan.

Terbukti bahwa iklim investasi di Jawa Tengah memang sangat menarik perhatian para investor. Pada tahun 2022 lalu saja, setidaknya sebanyak 97 perusahaan merelokasi pabrik mereka ke Jawa Tengah. Dikarenakan memang pada wilayah tersebut memiliki kemudahan perizinan dan juga terus menjunjung tinggi integritas sehingga bebas dari korupsi dan pungutan liar (pungli).

Pada kesempatan lain, barisan relawan yang tergabung dalam Sahabat Ganjar atau Saga terus bergerak pula untuk bisa mempromosikan Gubernur Jateng tersebut sebagai sosok figur yang memang sangat layak untuk bisa menjadi Calon Presiden (Capres) pada tahun 2024 mendatang.

Ketua DPC Saga Kota Palembang menyatakan bahwa dirinya sangat berharap supaya pemimpin di tahun 2024 nanti adalah sosok seseorang yang memang amanat dan sangat peduli dengan kepentingan rakyat.

Dengan segenap prestasi dan juga kinerja yang memang telah dicatatkan oleh seorang Ganjar Pranowo, maka memang dirinya bisa dikatakan menjadi sangat layak untuk bisa melaju ke kontestasi politk pada bursa Capres tahun 2024 mendatang. Pasalnya, dirinya juga sudah sangat banyak membuktikan kepemimpinannya yang berhasil selama 2 (dua) periode ini menjadi Gubernur Jawa Tengah.

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda