Ganjar Pranowo Mampu Buat Kebijakan Pelayanan Masyarakat Cepat dan Mudah - Seputar Sumsel

Senin, 24 April 2023

Ganjar Pranowo Mampu Buat Kebijakan Pelayanan Masyarakat Cepat dan Mudah

Oleh : Fabian Aditya Pratama )*

Hati masyarakat senang apabila kebijakan pelayanan publik tidak rumit, melainkan cepat dan mudah. Dalam hal ini, sosok yang digandrungi dapat mengambil hati masyarakat melalui pelayanan publik yaitu Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah yang digadang-gadang mampu membuat kebijakan tersebut dan sudah berhasil membuktiannya.

Cikal bakal Calon Presiden  usungan PDI Perjuangan telah ditunjuk yakni Ganjar Pranowo yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Provinsi Jawa Tengah selama dua periode sejak Agustus 2013 lalu.

Selama masa menjabat sebagai Gubernur, Ganjar dikenal sebagai figur yang memiliki rekam jejak yang baik terutama dalam hal memimpin rakyat Jateng selama dua periode ini, yang juga terbukti melalui berbagai prestasi yang dicapainya.

Dalam hal ini, prestasi penting yang dimiliki oleh Ganjar sebagai ‘pelayan’ masyarakat salah satunya yakni membangun perekonomian daerah Jawa Tengah semakin maju dan meningkat melalui berbagai kebijakannya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengamini bahwa Ganjar memiliki jiwa leadership yang baik, sehingga dalam keputusan tersebut dianggap memilih orang tepat.

Menurutnya, selama ini ketika mendampingi sosok Ganjar sebagai Kepala Daerah Jateng, dirinya banyak belajar. Salah satunya yaitu terkait dengan kebijakan untuk mendongkrak kinerja pemerintahan dalam melayani masyarakat dengan cepat dan mudah.

Bahkan, menurutnya kebijakan dan strategi yang saat ini diaplikasikan pada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diharapkan mampu merambah ke tingkat nasional dan menjadi role model yang positif untuk Pemerintah Daerah (Pemda) Indonesia lainnya, khususnya terkait dengan integritas.

Mengenai pelayanan publik, dominasi wilayah Jawa Tengah dikatakan sebagai Provinsi dengan pelayanan publik dengan kualitas tertinggi pada tahun 2022 dimana pada tahun tersebut masih di bawah kepemimpinan Ganjar Pranowo.

Menurut data dari hasil penilaian Ombudsman RI penyelenggaraan pelayanan publik di tahun tersebut, dari 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, sebanyak 34 kabupaten/kota masuk ke dalam zona hijau (kepatuhan tinggi), dan satu diantara lainnya merupakan zona kuning (kepatuhan sedang) yakni di Kabupaten Purworejo.

Dengan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa elektabilitas yang dimiliki oleh Ganjar sebagai sosok politikus yang mampu menyelesaikan berbagai persoalan di daerahnya tergolong tinggi. Pasalnya, memang mengenai pelayanan publik telah diatur sedemikian rupa dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik telah mewajibkan setiap penyelenggara pelayanan publik mematuhi standar pelayanan.

Dengan adanya standar pelayanan ini berfungsi sebagai tolok ukur yang paling utama untuk menilai kualitas pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat untuk menguji pemenuhan kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakatnya.

Terkait hal tersebut, masyarakat tentunya menginginkan pelayanan publik yang berkualitas, cepat, mudah, dan terjangkau. Di tahun 2022 lalu, Ombudsman RI selaku penyelenggara penilaian pelayanan publik menyempurnakan penilaiannya.

Mengenai penilaian standar pelayanan publik, terdapat tiga aspek penting yang menjadi keberhasilan dalam memenuhi standar pelayanan terbaik. Salah satunya yaitu peran dan dorongan kepala daerah dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Jawa Tengah menjadi Provinsi terbaik yang memiliki pelayanan publik dengan kualitas tertinggi ini tak terlepas dari peran Gubernurnya yakni Ganjar Pranowo sebagaimana yang diamini oleh Wakil Gubernurnya Taj Yasin Maimoen.

Di samping itu, Jawa Tengah juga tercatat menempati urutan teratas dalam pemeringkatan pemerintah daerah seluruh Indonesia, dari 10 besar kabupaten dengan nilai terbaik se-Indonesia, empat berasal dari wilayah Jawa Tengah. Demikian juga untuk kategori pemerintah kota, Jateng menjadi dari 10 besar terbaik nasional, empat  berasal dari wilayah Jawa Tengah.

Dari hasil penilaian tersebut, prestasi Jawa Tengah diharapkan mampu dilirik oleh Provinsi lainnya sebagai contoh positif untuk meningkatkan standar pelayanan publik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Atas segala prestasinya, terbukti bahwa di bawah kepemimpinan Ganjar Pranowo suatu daerah mampu mencetak banyak prestasi dan memberikan kualitas dengan pelayanan terbaik. Kemudian, bagaimana jika hal ini mampu diterapkan di seluruh Indonesia dengan leadership yang dimiliki oleh sosok Ganjar?

Tentunya hal itu membuat sesuatu yang positif, kendati demikian Ganjar baru-baru ini menjadi cikal bakal Calon Presiden (Capres) 2024 yang memiliki elektabilitas tinggi dibandingkan yang lainnya, sehingga kemampuannya tak diragukan lagi jika memimpin Tanah Air.

Bukan hanya mengenai pelayanan publik, di bawah kepemimpinan sosok Ganjar, Jawa Tengah berhasil menurunkan angka kemiskinan dan menaikkan laju pertumbuhan ekonomi stabil di atas 5 persen selama 10 tahun ini.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, tidaklah mudah dan tentu saja membutuhkan integritas jiwa pemimpin yang tinggi. Dalam hal ini sosok Ganjar dianggap mampu membuat inovasi dan kebijakan yang nantinya akan menguntungkan bagi masyarakat, khususnya terkait dengan pelayanan publik untuk seluruh wilayah Indonesia.

Masih mengenai kelayakan sosok Ganjar, survey Kurious-Katadata Insight Center (KIC) membuktikan bahwa Ganjar Pranowo merupakan sosok figur yang paling unggul diantara lainnya, dan dianggap mampu mengatasi permasalahan ekonomi di Indonesia.

Di samping itu, Ganjar juga disebut-sebut mampu mengatasi permasalahan kesiapan industri digital sebanyak 40,4 persen, inflasi 37,1 persen, dan stabilitas harga BBM sebesar 36,8 persen.

Dengan terbuktinya Jawa Tengah mendominasi pelayanan publik dengan kualitas tertinggi, Ganjar Pranowo yang turut serta andil di dalamnya dianggap mampu membuat kebijakan untuk melayani masyarakat dengan cepat dan mudah.

)* Penulis adalah Kontributor Nawasena Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda