Ganjar Pranowo Mendapat Tempat di Hati Masyarakat - Seputar Sumsel

Sabtu, 29 April 2023

Ganjar Pranowo Mendapat Tempat di Hati Masyarakat

Oleh : Tyas Permata Wiyana )*

Indonesia sebentar lagi akan mengadakan hajat pemilihan umum untuk memilih anggota legislatif serta pemilihan presiden yang akan berlangsung serentak. Tentu saja tidak sedikit masyarakat yang mulai menerka-nerka siapa saja yang kelak akan mencalonkan diri menjadi calon presiden (Capres).

Salah satu capres yang telah digadang-gadang maju dalam Pilpres 2023 adalah Ganjar Pranowo yang saat ini masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng).  Ganjar sendiri merupakan sosok yang dekat dengan masyarakat dan telah mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai bahwa Ganjar merupakan pemimpin yang ideologis dan dekat dengan rakyat. Sosoknya selalu turun ke bawah menyapa masyarakat secara langsung.

Menurut Jokowi, suksesi kepemimipinan nasional secara demokratis adalah keharusan sesuai perintah undang-undang. Maka dari itu, dirinya meminta agar pemimpin yang baru dapat melanjutkan visi bangsa dan program unggulan.

Selain itu, toleransi dan kebersamaan juga harus menjadi pondasi sosial bangsa Indonesia. Pembangunan Indonesiasentris harus menjadi semangat program pembangunan nasional.

Jelang perayaan Idul Fitri 1444 H, Ganjar melakukan operasi pasar sekaligus memantau harga kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri 1444 H.

Dalam operasi pasar tersebut Ganjar mendengar secara langsung keluh kesah dari para pedagang di mana harga komoditas bawang putih mulai naik. Sebelum Ramadan harga bawang putih berada di angka Rp. 28.000 per Kg, kemudian pada minggu kedua Ramadan harga bawang putih mencapai Rp 31.000 per Kg.

Ganjar mengaku bahwa operasi pasar yang dilakukannya merupakan upaya Pemprov Jateng untuk menstabilkan harga bahan pokok jelang lebaran.

Ganjar selalu berusaha untuk mengetahui permasalahan masyarakat dari dekat, sehingga pendekatan dengan masyarakat yang dilakukannya menjadi poin plus baginya.

Tidak hanya itu, Ganjar juga telah mendapatkan tempat di hati masyarakat, salah satu buktinya adalah dengan terciptanya lagu dari Musisi Jalanan asal Yogyakarta, Sambi Bagaskara yang menciptakan empat lagu untuk Ganjar. Lagu tersebut diciptakan setelah Megawati Soekarno Putri memutuskan untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai Capres di Pemilu 2024.

Empat lagu tersebut berjudul Ganjar Banteng Nusantara, Ganjar sang idola, Ayo Kawan dan 1-2-3. Sambi mengaku bahwa dirinya sebenarnya adalah seniman teater, tapi dirinya tertarik menciptakan lagu untuk pak ganjar karena dirinya yakin bahwa Ganjar pantas untuk memimpin bangsa Indonesia menjadi lebih maju dan makmur.

Sambi mengatakan bahwa Ganjar merupakan sosok yang diidolakan banyak masyarakat. Meski demikian, Ganjar tidaklah jemawa dan sosoknya juga santun.

Sambi menjelaskan, sosok Ganjar memang banteng yang perkasa seperti lagu ciptaannya yang berjudul Banteng Nusantara. Ada juga lagu yang berjudul Ganjar Sang Idola, karena memang sosoknya yang banyak diidolakan oleh masyarakat banyak, namun Ganjar sendiri tidak merasa dirinya sedang berada di atas angin.

Sebelumnya, Ratusan petani tebu yang tergabung dalam Petani Tebu (Petebu) mendukung Ganjar Pranowo untuk maju di Pilpres 2024. Adapun dukungan tersebut berupa deklarasi yang dilakukan di Desa Nglandung, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Ketua Petebu Jatim Suroto menuturkan, Ganjar adalah sosok yang tegas dan peduli wong cilik, termasuk kepada petani tebu.

Dukungan tersebut diberikan karena Ganjar dinilai memiliki program yang sejalan dengan para Petebu di Madiun, salah satunya adalah percepatan swasembada gula nasional.

Tidak hanya itu, selama Ganjar menjabat Gubernur Jateng, dirinya telah menginisiasi sejumlah Gerakan lumbung pangan, pendampingan dan akses permodalam terhadap UMKM.

Suroto berharap, melalui dukungan ini, Indonesia bisa mewujudkan swasembada gula dengan revitalisasi dan modernisasi pabrik gula di Tanah Air. Suroto juga meyakini bahwa Ganjar merupakan figur pemimpin terbaik untuk mewujudkan hal tersebut.

Sementara itu dari kalangan ulama, dukungan terhadap Ganjar juga cukup santer. Ratusan Ulama di Jambi berencana akan menggelar deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden 2024.

Salah satu ulama, KH Abdul Satar Saleh atau Buya Satar dari Bangko menuturkan bahwa deklarasi tersebut dilakukan sebagai bentuk usaha untuk mencari pemimpin bangsa Indonesia yang lebih baik.

Menurutnya, Ganjar adalah sosok yang tidak asing di kalangan masyarakat, khususnya ulama. Terlebih, Gubernur Jawa Tengah tersebut memiliki rekam jejak yang baik dan berasal dari keluarga para ulama.

Buya Satar berharap dengan adanya deklarasi dukungan untuk Ganjar dari para ulama bisa membawa Indonesia menjadi negara yang lebih baik dan memberikan rahmat bagi penduduknya.

Kini masyarakat telah membentuk Relawan Ganjar yang tersebar di seluruh Indonesia, kelompok tersebut bertujuan untuk menyukseskan Ganjar yang akan maju Pilpres 2024.

Banyaknya relawan serta simpatisan dari beragam kalangan yang mendukung Ganjar Pranowo merupakan wujud nyata bahwa sosok Ganjar telah mendapatkan tempat di hati masyarakat.

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda