Ganjar Pranowo Sosok Game Changer Peta Politik Pemilu 2024 - Seputar Sumsel

Sabtu, 22 April 2023

Ganjar Pranowo Sosok Game Changer Peta Politik Pemilu 2024

Oleh : Vania Salsabila Pratama )*

Capres 2024 dari Partai Demokrasi Perjuangan Ganjar Pranowo disebut sebagai sosok yang akan bisa menjadi game changer dan sangat memungkinkan membuat peta perpolitikan di Indonesia pada perhelatan Pemilu 2024 mendatang menjadi sangat dinamis dan berubah. Dirinya memiliki elektabilitas yang lebih tinggi ketimbang Capres lainnya sehingga mampu menjadi magnet parpol lain untuk mendekati PDI-P.

Peneliti dari Pusat Kajian Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Aisah Putri Budiatri menilai bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sebenarnya sangat berpeluang untuk bisa membentuk sebuah koalisi besar dalam menghadapi ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Diketahui bahwa memang posisi dari PDI-P saat ini sendiri juga sebenarnya menjadi partai yang sangat kuat karena bahkan tanpa perlu menjalin koalisi dengan partai politik (Parpol) lain, namun mereka bisa mengusung Calon Presiden (Capres) sendiri. Meski begitu, ternyata apabila mereka hendak melakukan koalisi dengan Parpol lainnya setidaknya terdapat beberapa persyaratan.

Salah satunya adalah dengan mengusung sosok Calon Presiden yang memang sangat kuat. Sebelumnya, Aisah menilai bahwa apabila PDI-P mengusung dan mengumumkan sosok Ganjar Pranowo sebagai Capres mereka pada Pilpers 2024 mendatang, maka peluang koalisi besar bukan tidak mungkin akan terjadi.

Bagaimana tidak, pasalnya dengan pengusungan nama Ganjar Pranowo, maka tentunya akan menjadi sebuah magnet dan mampu untuk membuat partai politik lainnya ikut merapat ke dalam barisan PDI-P.

Tentunya, peneliti dari BRIN tersebut juga menjelaskan bahwa apabila pengumuman Capres yang dilakukan oleh Partai berlogo Banteng Merah tersebut dilakukan sebelum koalisi besar benar-benar terbentuk, maka dirinya sangat meyakini bahwa PDI-P akan bisa menjadi game changer atau mampu merubah arah peta perpolitikan di Indonesia dalam proses lobi politik antarpartai.

Menurut Aisah, tentunya dengan kepemilikan kekuatan yang besar, akan membuat partai politik lain menjadi kembali memikirkan ulang mengenai bagaimana strategi politik yang hendak mereka gunakan, khususnya bagi parpol tertentu yang memang sampai saat ini masih belum tergabung ke dalam koalisi manapun.

Tidak bisa dipungkiri pula bahwa setiap partai politik pastinya akan melihat adanya potensi kemenangan yang cukup tinggi ketika mereka bisa melakukan koalisi dan mendekati partai sekuat PDI-P, termasuk juga untuk bisa mencalonkan siapa wakil presiden (Wapres) yang hendak diusung dan keuntungan lainnya.

Salah satu alasan paling kuat mengapa PDI-P mampu menjadi sebuah partai yang disebut sebagai game changer dalam peta perpolitikan di Indonesia dalam perhelatan Pemilu 2024 mendatang adalah karena adanya nama Ganjar Pranowo di dalam partai tersebut, yang mana memang secara data menunjukkan dirinya memiliki elektabilitas paling tinggi diantara calon lainnya yang dikatakan akan masuk ke dalam bursa Capres.

Peneliti tersebut menambahkan bahwa sejauh ini memang konsistensi dan juga sentimen positif dari publik kepada PDI-P terus terjadi, terlebih kepada sosok Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah. Sehingga penetapan Ganjar Pranowo Sebagai Capres, maka tentunya akan menjadi yang paling populer dan berkemungkinan besar memenangkan kontestasi.

Sebagaimana diketahui bahwa elektabilitas yang dimiliki oleh pria berusia 54 tahun tersebut dan juga termasuk secara keseluruhan, elektabilitas yang dipegang oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sendiri masih berada di puncak dari berbagai hasil lembaga survei.

Elektabilitas Ganjar bahkan kembali melejit setelah sempat menurun setelah Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Dari hasil survei terbaru dari lembaga SMRC, Ganjar berada di posisi teratas dan mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari melihat bahwa terdapat kemungkinan bahwa pengusungan Ganjar juga akan membuat basis Nahdlatul Ulama (NU) kembali menjadi pasangan yang kuat dan serasi dengan PDI-P.

Sebagaimana diketahui, PDIP telah resmi menunjuk Ganjar Pranowo Sebagai Capres 2024. Penunjukan tersebut dilaksanakan oleh Ketum PDIP Megawati di Istana Batu Tulis pada Jumat (21/4).

Sebelumnya, Sekjen PDI-P, Hasto meminta kepada seluruh kader unruk bersiap dalam rangka menyambut pengumuman siapa Capres yang akan diusung oleh Ketua Umum PDI-P. menurutnya, pengumuman pengusungan ini akan menyesuaikan bagaimana momentum yang tepat, dan tentunya keputusan pengusungan tersebut sudah diambil dengan banyak sekali pertimbangan terhadap bagaimana dinamika di dunia maupun secara nasional.

Memang, dinamika akan terus terjadi, khususnya semakin mendekati pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2024 mendatang. Termasuk juga peta perpolitikan di Indonesia masih sangat mungkin untuk terus berubah dan berganti. Bahkan, digadang-gadang salah satu tokoh yang mampu untuk merombak total peta politik dan menjadi game changer adalah Ganjar Pranowo.

)* Penulis adalah kontributor Ruang Baca Nusantara

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda