Mengapresiasi Keputusan PPP Usung Ganjar Pranowo Demi Keberlanjutan Pembangunan Nasional - Seputar Sumsel

Rabu, 26 April 2023

Mengapresiasi Keputusan PPP Usung Ganjar Pranowo Demi Keberlanjutan Pembangunan Nasional

Oleh : Farouq Arfiansyah )*

Penyelenggaraan Rapimnas V PPP secara resmi telah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Keputusan tersebut patut untuk diapresiasi mengingat sosok Ganjar Pranowo memiliki komitmen kuat untuk melanjutkan berbagai pembangunan nasional.

Plt. Ketua Umum (Ketum) PPP, Muhammad Mardiono menyatakan bahwa Rapimnas V Partai Persatuan Pembangunan yang diselenggarakan di Sleman, Yogyakarta tersebut adalah untuk memutuskan terkait dengan pengusungan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) pada kontestasi pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2024 mendatang.

Perlu diketahui bahwa memang posisi Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo yang telah secara resmi dipilih dan ditetapkan oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri sebagai Calon Presiden (Capres) pada 2024 dari partai berjuluk moncong putih tersebut, juga didukung penuh oleh PPP.

Bukan tanpa alasan, dukungan penuh yang diberikan oleh Muhammad Mardiono pada Ganjar Pranowo dikarenakan memang dirinya memiliki latar belakang yang sangat baik, termasuk juga memiliki sederet prestasi yang sama sekali tidak bisa diremehkan lagi.

Lebih lanjut, Plt Ketum PPP tersebut mengaku bahwa dukungan dan pengusungan Gubernur Jateng sebagai Capres untuk melaju pada kontestasi Pemilu 2024 itu sudah melalui kesepakatan dan juga keputusan dari Rapimnas V partainya, yang mana berarti memang sudah merupakan keputusan resmi dan sah dari PPP.

Dirinya melanjutkan bahwa sosok dari Ganjar Pranowo sendiri sama sekali sudah tidak asing lagi dengan PPP beserta seluruh rakyat di Jawa Tengah. Pasalnya, memang beliau yang menjabat menjadi Gubernur selama 2 (dua) periode tersebut dikenal oleh rakyat sebagai sosok yang dalam kepemimpinannya sangatlah merakyat dan juga seringkali turun langsung ke bawah untuk menemui masyarakat yang membutuhkan.

Sejauh ini, di bawah kepemimpinan Ganjar sendiri, Provinsi Jawa Tengah sudah menjadi sebuah daerah yang maju dengan sangat pesat dan juga penuh akan inovasi yang sangat berarti. Termasuk juga, tidak sedikit penghargaan di level nasional bahkan hingga prestasi di level internasional bisa diperoleh oleh daerah itu.

Tidak hanya karena merupakan sosok yang sangat dekat dengan rakyatnya, namun selama ini kepemimpinan Ganjar Pranowo sendiri merupakan seorang sosok pemimpin yang juga memiliki religiusitas yang tinggi. Sebab, dirinya sangat banyak dekat dengan kalangan pesantren.

Kemudian, alasan lain mengapa PPP pada akhirnya secara resmi mendukung penuh dan mengusung sosok Ganjar Pranowo untuk terus melaju dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024 mendatang adalah lantaran memang partai menilai sosoknya merupakan pemimpin yang paling tepat dan juga dapat meneruskan keberlanjutan semua program unggulan untuk lebih memajukan bangsa ini.

Bahkan, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) sendiri pun juga telah menginisiasi Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang paling memungkinkan untuk bisa meneruskan seluruh program berlanjut yang selama ini sudah diinisasi dalam pemerintahan di era Jokowi.

Muhammad Mardiono kemudian juga sangat meyakini bahwa Ganjar Pranowo adalah sosok pemimpin yang di dalam jiwanya sudah sangat tertanam nilai dasar filosofis dari bangsa ini, yakni Pancasila, yang mana di dalamnya banyak poin-poin untuk bisa terus mendorong terjadinya kesatuan dan persatuan di Indonesia yang memang merupakan sebuah bangsa dengan kondisi kemajemukan latar belakang masyarakat sangat tinggi.

Maka dari itu, PPP sendiri secara konsisten akan terus mengawal kemenangan dari Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Capres Pemilu 2024 nanti. Lantaran memang dirinya adalah pimpinan dekat dengan rakyat, religius dan juga paling memungkinkan untuk terus mendukung seluruh program keberlanjutan dari Presiden Jokowi hingga sangat ideologis dengan tertanam di dalam jiwanya semangat Pancasila.

Mardiono sendiri juga sempat menyinggung mengenai bagaimana banyaknya suara dari akar rumput PPP yang selama ini memang bahkan sudah dengan tegas dan terang-terangan memberikan deklarasinya untuk terus mendukung Capres dari PDIP tersebut, yang mana seluruhnya memang merupakan serangkaian dari terjadinya dinamika perpolitikan pada bangsa ini.

Dengan adanya suara akar rumput yang sangat banyak tersebut, menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam rapat internal PPP kali ini, yang memang sama sekali tidak bisa disepelekan dan perlu untuk terus mendapatkan perhatian secara khusus.

Diketahui bahwa secara historis, sebenarnya PPP dengan PDIP bahkan memiliki kedekatan tersendiri, bahkan hal tersebut sudah terjadi sejak tahun 1999 silam, yang mana kala itu terjadi duet antara Megawati Soekarnoputri dengan Hamzah Haz.

Diusungnya nama Ganjar Pranowo oleh Megawati dalam Rapat DPP PDI-P beberapa waktu lalu, kemudian juga sedikit-banyak menentukan bagaimana suara dan sikap politik dari PPP, yang mana dalam Rapimnas kali ini mereka secara resmi menentukan suara untuk mengusung dan mengawal segala proses kemenangan dari Capres Ganjar pada Pilpres 2024.

Keputusan PPP yang ikut mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Capres tentu saja perlu untuk mendapat sambutan positif. Hal tersebut tidak saja mencerminkan bahwa PPP telah mendengar suara rakyat, namun juga membangun harapan positif tentang keberlanjutan pembangunan nasional.

)* Penulis adalah kontributor Lembaga Inti Media

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda