Miliki Latar Belakang Religius Kuat, Kepemimpinan Ganjar Cocok dengan Visi PPP - Seputar Sumsel

Kamis, 27 April 2023

Miliki Latar Belakang Religius Kuat, Kepemimpinan Ganjar Cocok dengan Visi PPP

Oleh : Haikal Fathan Akbar )*

Dinilai memiliki latar belakang religius yang kuat, kepemimpinan dari Ganjar Pranowo dianggap sangat cocok dengan visi serta misi yang dimiliki oleh PPP, yakni membangun bangsa dan negara dengan terus menjunjung persatuan umat.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani mengaku bahwa memang sejauh ini, nama Ganjar Pranowo sendiri telah mendapatkan dorongan yang paling kuat untuk diusung sebagai Calon Presiden (Capres) pada perhelatan Pemilu 2024 mendatang oleh kader partainya.

Dirinya menjelaskan hal tersebut lantaran memang mayoritas dari DPW PPP sendiri telah mengusulkan nama Gubernur Jawa Tengah tersebut untuk menjadi Bakal Capres dari PPP juga setalah beberapa waktu lalu secara resmi, dirinya diusung oleh Megawati Soekarnoputri dalam Rapat DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Usulan dari para pemimpin wilayah PPP tersebut sebelumnya memang telah diambil setelah mereka melakukan Rapinwil atau Mukerwil yang juga diikuti oleh berbagai cabang di Provinsi masing-masing. Sejauh ini, DPP PPP sendiri terus memberikan kesempatan dan juga terus mengakomodasi seluruh masukan dari DPW, sehingga berjalannya dinamika Rapimnas di Yogyakarta berjalan dengan baik.

Dengan adanya kesempatan terbuka itu, maka masing-masing struktur di tingkat wilayah pada saat Rapimnas di Yogyakarta tersebut, mulai dari tingkat Provinsi atau cabang, tingkat Kabupaten atau Kota, seluruhnya memang telah diberikan keleluasaan untuk bisa saling menyampaikan bagaimana aspirasi mereka mengenai pengusungan Bacapres dan Bacawapres untuk Pemilu 2024.

Seluruh diskusi dan masukan tersebut selama ini juga sudah saling dimusyawarahkan dan diperdebatkan, hingga pada akhirnya memang harus mengerucut serta diputuskan untuk satu nama.

Senada, Ketua DPP PPP, Yunus Razak juga mengemukakan bahwa memang nama Ganjar Pranowo sendiri sudah banyak diusulkan sebagai Capres yang diusung oleh PPP dalam Rapimnas di Yogyakarta. Selain itu, dirinya juga menganggap bahwa memang Gubernur Jateng tersebut merupakan sosok pemimpin yang sangat cocok untuk menjadi Capres dari partainya.

Bagaimana tidak, pasalnya selama ini preferensi dari Ganjar Pranowo sendiri juga sangat kuat dengan PPP, lantaran dirinya secara historis hingga kesamaan visi dalam membangun bangsa serta umat, seluruhnya telah sesuai dengan partai. Di sisi lain, Ganjar juga memiliki latar belakang keluarga Nahdatul Ulama (NU) yang pasti satu visi dengan PPP.

Sejalan dengan itu, para kyai yang tergabung ke dalam Kyai Muda Provinsi Jawa Timur, yang mana mereka juga mendeklarasikan dukungannya secara penuh kepada Capres yang diusung oleh PDIP tersebut untuk bisa menjadi Capres RI 2024. Bukan hanya itu, mereka juga menilai bahwa sosok Ganjar adalah figur yang nasionalis, religius, humanis dan juga dekat dengan rakyat serta para ulama.

Memang bukan tanpa alasan Ganjar Pranowo dipilih sebagai Capres 2024 oleh PDI Perjuangan, alasan yang cukup jelas terlihat dari historis Ganjar yang lain yakni memiliki hubungan dekat dengan PPP lantaran mertua dan kakak iparnya merupakan kader partai tersebut, dimana kakak ipar Ganjar adalah Ketua DPC PPP Purbalingga.

Alasan kuat Ganjar Pranowo diusung sebagai Capres 2024 lainnya yakni terlihat bahwa dirinya memiliki integritas dan elektabilitas yang sangat baik di kalangan masyarakat sehingga dianggap bahwa dirinya mampu untuk menempati posisi teratas Indonesia yakni sebagai Presiden 2024 mendatang dibandingkan dengan tokoh-tokoh yang lainnya. Dengan beberapa alasan tersebut, terbentuklah komunikasi politik dengan Ketua Umum PDIP dengan PPP untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024 mendatang.

Lebih lanjut, rencana ke depan yang akan segera dilakukan oleh PPP, yang mana memang seluruhnya telah berdasarkan dari mandat Rapimnas partai, Mardiono mengucapkan bahwa partainya akan terus mendorong seluruh kader untuk mampu dipasangkan menjadi Calon Wakil Presiden yang mendampingi Capres Ganjar Pranowo.

Upaya tersebut, dilakukan oleh PPP dengan sesegera mungkin melakukan komunikasi dan langkah politik dalam rangka pemenuhan tujuan itu. Tidak hanya akan langsung melakukan komunikasi politik untuk mendukung kadernya mendampingi Ganjar, langkah dilanjutkan oleh partai dengan membangun kedekatan pada PDIP serta juga berkomunikasi dengan Ketua Umum Partai Politik Koalisi Indonesia Bersatu.

Kemudian, langkah lanjutan yang akan segera dilakukan oleh PPP adalah melanjutkan komunikasi politik dengan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) terkait bagaimana arah jalan politik partai ke depannya. Tentunya seluruh komunikasi tersebut disampaikan sesuai dengan ketetapan Rapimnas V PPP sebagai arah jalan politik perjuangan.

Kecocokan visi dan misi yang dimiliki oleh PPP dengan Capres Ganjar Pranowo sangat sesuai. Maka dari itu, tidak mengherankan bahwa kepemimpinannya dinilai sangat cocok untuk terus didukung. Terlebih dirinya merupakan sosok dengan latar belakang religius, nasionalis dan berbudaya.

)* Kontributor Vimedia Pratama Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda