Optimis KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo Berjalan Sukses - Seputar Sumsel

Sabtu, 22 April 2023

Optimis KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo Berjalan Sukses

Oleh : Samuel Christian Galal )*

Masyarakat optimis KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo akan berjalan dengan sukses. Mereka bangga Indonesia menjadi tuan rumah sebuah acara internasional. KTT ASEAN 2023 disiapkan dengan nyaris sempurna agar minim kesalahan, dan persiapan terus dilakukan, mulai dari infrastruktur sampai telekomunikasi.

ASEAN adalah perkumpulan negara di Asia Tenggara yang didirikan tanggal 8 Agustus 1967 di Thailand. Indonesia termasuk anggota ASEAN yang aktif, selain Malaysia, Philipina, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Kamboja, Laos, Singapura, dan Timor Leste.

Indonesia menjadi Ketua ASEAN tahun 2023 dan KTT tahun ini diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Masyarakat optimis penyelenggaraan KTT berjalan tanpa ada kendala sama sekali.

Sebagai tuan rumah KTT ASEAN 2023, pemerintah Indonesia telah melakukan persiapan panjang sejak tahun lalu. Puncak perhelatan KTT ASEAN 2023 akan diselenggarakan di Labuan Bajo dan Jakarta, pada Mei dan September 2023 mendatang.

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menyatakan bahwa kesiapan Indonesia dalam menggelar perhelatan akbar tersebut. Indonesia sudah punya pengalaman mengadakan KTT G20 dan itu juga pengamanannya ketat, karena itu, pengalaman itu harus dijadikan modal dalam rangka menghadapi penyelenggaraan KTT ASEAN.

Merujuk pelaksanaan pada KTT G20 lalu dan telah diakui keberhasilannya oleh masyarakat internasional, Wapres berharap penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 ini dapat mengulang kembali kesuksesan yang sama. Nanti saat KTT ASEAN juga akan mendapatkan hasil yang memuaskan

Oleh karena itu, Wapres mengimbau agar masyarakat dapat ikut menciptakan suasana yang kondusif agar penyelenggaraan KTT ASEAN dapat dilaksanakan dengan baik.

Untuk mensukseskan KTT ASEAN 2023 maka berbagau persiapan dilakukan, terutama infrastrukturnya. . Adapun infrastruktur yang tengah dibangun untuk menunjang perhelatan ini, yakni pembangunan round about Beach Club, shelter dermaga, penataan lansekap dan pemasangan geomat pada koridor jalan kawasan Tana Mori, helipad, dan pembangunan parkiran berkapasitas 100 unit mobil.  

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan Labuan Bajo untuk menjadi lokasi perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada awal pekan ini. Kementerian PUPR memastikan seluruh infrastruktur pendukung perhelatan yang akan diselenggarakan pada Mei 2023 rampung bulan depan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan akses Labuan Bajo-Tanamori sepanjang 25 kilometer meliputi Jalan Ruas Labuan Bajo-Simpang Nalis-Simpang Kenari-Tanamori beserta 4 jembatan dengan total panjang 175 meter. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah merampungkan pembangunan akses Labuan Bajo - Tanamori di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, dalam rangka mendukung KTT ASEAN 2023.

Kementerian PUPR juga tengah menyelesaikan pembangunan Mako Polres Manggarai, lansekap koridor jalan Labuan Bajo, dan pekerjaan promenade penghubung pada Kawasan Waterfront Marina zona 4. Kawasan Waterfront Marina rencananya akan memiliki 5 zona yakni Zona 1 Bukit Pramuka, Zona 2 Kampung Air, Zona 3 Dermaga, Zona 4 kawasan Pantai Marina (Inaya Bay), Zona 5 Kampung Ujung dan telah diresmikan Presiden Jokowi pada Juli 2022.

Kementerian PUPR juga membangun Embung Anak Munting di antara Jalan Akses Labuan Bajo menuju Golo Mori, Kecamatan Komodo dengan kapasitas tampung 159.481,10 m3 dan luas genangan 4,5 hektare. Pembangunan embung tersebut memiliki fungsi utama untuk konservasi dan mendukung pariwisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo dalam rangka pelaksanaan KTT ASEAN 2023.

Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti menyatakan bahwa pihaknya merencanakan semuanya selesai di pertengahan April atau setidaknya di akhir April 2023. Dalam artian, persiapan infrastruktur sudah sangat matang. Dengan infrastruktur-infrastruktur yang dibangun maka akan memudahkan mobilitas selama KTT ASEAN 2023 berlangsung.

Infrastruktur-infrastruktur tersebut akan selesai tepat waktu dan masyarakat tidak usah khawatir akan proyek yang mangkrak, padahal KTT ASEAN sudah dimulai. Para pekerja di bawah komando Kementerian PUPR bekerja keras untuk menyelesaikan jalan raya dan infrastruktur lain. Jalan tersebut akan dibangun dan hasilnya mulus, sehingga membanggakan nama Indonesia.

Selain itu, persiapan pengamanan juga dilakukan dengan ketat. Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma meminta seluruh masyarakat Kabupaten Manggarai Barat khususnya di Labuan Bajo, untuk berperan aktif menciptakan situasi yang aman dan kondusif. Ia mengecek secara langsung kesiapan sejumlah lokasi yang akan digunakan dalam perhelatan KTT ASEAN 2023 nanti.

Menurut Johni Asadoma, akan ada 11 Kepala Negara dan Sekjen negara ASEAN yang hadir. Diperkirakan masing-masing kepala negara akan membawa rombongan kurang lebih 40-50 orang, sehingga pengamanan di Labuan Bajo akan dilakukan secara ketat.

Faktor keamanan memang sangat penting karena KTT ASEAN adalah acara internasional. Aparat mendukung KTT ASEAN 2023 dan ingin agar acara ini berhasil. Sebagai penjaga keamanan di Indonesia, maka aparat ingin menunjukkan kinerja terbaiknya.

Pengamanan makin diperketat agar tak hanya delegasi KTT ASEAN yang merasa nyaman, tetapi juga warga lokal. Mereka paham bahwa acara ini sangat penting bagi masa depan Indonesia. Oleh karena itu masyarakat Labuan Bajo mendukung KTT ASEAN dan bangga karena daerahnya dipilih sebagai lokasi acara internasional.

KTT ASEAN 2023 dipersiapkan dengan sangat matang agar acara internasional ini berjalan dengan sukses. Semua persiapan mulai dari infrastruktur sampai keamanan sudah dijalankan dengan nyaris sempurna. Masyarakat berharap KTT berjalan dengan lancar.

)* Penulis adalah kontributor Lembaga Gala Indomedia

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda