Berbagai Kesiapan Indonesia Jelang KTT ASEAN Summit 2023 - Seputar Sumsel

Sabtu, 06 Mei 2023

Berbagai Kesiapan Indonesia Jelang KTT ASEAN Summit 2023

Oleh: Ferdiansyah Putra )*

Berbagai bentuk kesiapan dari banyak sektor sudah dengan matang dilakukan oleh Indonesia selaku Ketua ASEAN Summit 2023 untuk bisa memberikan dan menyambut seluruh tamu delegasi dengan sebaik mungkin.

Pada tahun 2023 ini, memang Indonesia kembali akan memegang sebuah posisi yang sangat penting dalam sebuah forum internasional. Sebelumnya, Indonesia juga pada tahun 2022 lalu, telah memegang posisi penting, yakni menjadi ketua (Presidensi) Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20). Sekarang, Indonesia kembali diberikan kepercayaan untuk menjadi ketua dalam KTT ASEAN 2023.

Dengan begitu Indonesia memang terus berupaya untuk memastikan bahwa setiap agenda yang dilaksanakan dalam ajang pertemuan tingkat ASEAN mampu disiapkan dengan sebaik mungkin.

Tidak lama lagi KTT ASEAN Summit 2023 akan segera digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebanyak 11 kepala negara dari anggota The Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) akan melakukan pertemuan di Labuan Bajo. Termasuk, Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN, Kao Kim Hourn yang dipastikan akan hadir dalam perlehatan KTT ASEAN tersebut.

Retreat para leader ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo berlangsung pada 9-11 Mei 2023 dan mengambil tempat di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tana Mori yang berada tidak jauh dari Desa Golo Mori atau 25 kilometer dari Labuan Bajo Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat.

Untuk itu, sudah banyak sekali persiapan yang terus dilakukan oleh Pemerintah  dalam rangka menyambut seluruh tamu delegasi negara sahabat. Terkait hal tersebut, utusan Kementerian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) hingga Badan Intelijen Negara (BIN) terlihat sibuk di Labuan Bajo.

Tidak ketinggalan pula, para staf dari kedutaan di berbagai negara anggota ASEAN juga mulai berdatangan menuju ke Labuan Bajo untuk melakukan monitor terhadap venue dan juga hotel yang akan digunakan oleh para petinggi negara-negara ASEAN.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi memastikan berbagai kesiapan. Selepas pemanfaatan akses Labuan Bajo-Golo Mori sepanjang 25 kilometer yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada pertengahan Maret 2023, Kementerian PUPR berpacu dengan waktu menyelesaikan pengerjaan trotoar di kota Labuan Bajo.

Persiapan dengan sangat matang sudah dilakukan, bahkan juga termasuk dengan trotoar dari Local Collection hingga di Plataran yang sedang dikerjakan oleh pihak Kementerian PUPR. Selain itu, Bandara Komodo yang berkawasan di Labuan Bajo telah diubah statusnya dan ditetapkan sebagai Bandara Internasional.

Edistasius Endi menambahkan bahwa penetapan status Bandara Komodo sebagai Bandara Internasional itu sudah diumumkan secara resmi. Dirinya berharap supaya memang bandara itu bisa seterusnya memiliki status sebagai Bandara Internasional, bukan hanya sebatas untuk keperluan pelaksanaan KTT ASEAN saja.

Terdapat pula beberapa persiapan yang telah dilakukan dan tidak kalah penting. Bupati Manggarai Barat tersebut menambahkan bahwa termasuk persiapan sudah dilakukan hingga mengenai penentuan lokasi parkir kendaraan yang akan digunakan oleh para delegasi.

Bahkan salah satu lokasi parkir yang berada di kalaman kantor Bupati itu akan dipasangkan alat untuk pengecasan atau charging, karena kendaraan yang akan digunakan oleh para tamu delegasi merupakan kendaraan berbahan bakar Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

Penggunaan EBT sebagai kendaraan juga memang dalam rangka mewujudkan bahwa seluruh negara di ASEAN sudah sangat mendukung adanya transisi energi sehingga ke depannya akan mampu meminimalisasi dampak rusaknya lingkungan dan juga sebagai upaya atau solusi mengenai pemanasan global dan perubahan iklim dunia.

Bupati Edistasius mengatakan saat ini persiapan sudah matang sudah siap semuanya termasuk rumah sakit rujukan untuk para delegasi KTT ASEAN. Terkait untuk aspek pelayanan kesehatan juga sudah dipersiapkan, yakni pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) sudah menetapkan 3 (tiga) rumah sakit rujukan untuk KTT ASEAN di Labuan Bajo, yakni di RSUD Komodo, Siloam dan Rumas Sakit Santo Yosep.

Menjelang perhelatan KTT ASEAN Summit 2023 yang akan dilaksanakan di Labuan Bajo dan Indonesia sebagai Keketuaannya, tentunya Indonesia ingin sekali menyambut seluruh tamu delegasi dengan sangat baik, maka dari itu berbagai kesiapan dari banyak sekali sektor sudah dilakukan dengan matang.

)* Penulis adalah Kontributor Ruang Baca Nusantara

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda