Dukung Penuh ASEAN Summit 2023, Masyarakat Manggarai Barat Bersama Jaga Kamtibmas - Seputar Sumsel

Jumat, 05 Mei 2023

Dukung Penuh ASEAN Summit 2023, Masyarakat Manggarai Barat Bersama Jaga Kamtibmas

Oleh : Alexander Junior )*

Demi mendukung penuh kesuksesan dan kelancaran dalam penyelenggaraan KTT ASEAN Summit 2023, seluruh masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat secara bersama-sama memiliki komitmen yang sangat kuat untuk bisa terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Pengkaji Peneliti Demokrasi Masyarakat (LPPDM), Marsel Nagus Ahang terus mengajak kepada seluruh stakeholder dan juga semua elemen masyarakat agar bisa secara bergotong-royong menciptakan situasi yang penuh dengan kondusifitas.

Tentunya, situasi yang kondusif tersebut menjadi hal yang sangat penting lantaran sebentar lagi Indonesia akan kedatangan para tamu istimewa dari seluruh kepala negara dan juga pejabat tinggi serta elite dari negara-negara di seluruh kawasan ASEAN untuk berkumpul dan membahas rencana ke depan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Diketahui bahwa pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit yang ke-42 pada tahun 2023 ini memang akan diketuai oleh Indonesia, yang juga sekaligus menjadi tuan rumah event internasional yang digelar pada tanggal 9 hingga 11 Mei 2023 tersebut.

Maka dari itu, dengan adanya hajatan sangat penting yang digelar di Kabupaten Manggarai Barat, maka tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hendaknya seluruh masyarakat setempat mampu untuk terus menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, agar bisa terus berjalan dengan aman dan damai serta kondusif.

Masyarakat di seluruh Manggarai Barat sendiri memang sudah sangat antusias menunggu kehadiran para tamu delegasi dari negara sahabat, serta mereka juga sangat antusias untuk bisa turut mensukseskan gelaran KTT ASEAN 2023.

Bahkan, tidak tanggung-tanggung bahwa seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat tersebut juga telah memiliki komitmen yang sangat kuat untuk turut serta dalam mensukseskan pelaksanaan ASEAN Summit itu. Salah satu dari wujud komitmen kuat yang dimiliki oleh masyarakat adalah didirikannga sebuah Organisasi Masyarakat (Ormas) bernama Pemuda Manggarai Barat Bersatu (PMBB) pada tanggal 4 Mei 2023 ini.

Organisasi tersebut diketahui bahwa kini telah memiliki anggota sebanyak 100 orang. Banyaknya jumlah anggota dari PMBB padahal baru dibentuk saja, sebenarnya juga sudah membuktikan bahwa memang masyarakat di Manggarai Barat, terutama para pemuda memiliki rasa antusiasme yang begitu besar akan perhelatan KTT ASEAN 2023.

Dalam pembentukannya, diketahui bahwa Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Manggarai Barat Bersatu, yang mana diketuai oleh Robertus Agustinus Taufan memberikan sikap dan pernyataan tegas sebagai arah dan juga visi serta misi dari PMBB.

Memang, secara garis besar organisasi pemuda di Manggarai Barat tersebut sendiri dibentuk oleh masyarakat untuk mendukung dengan penuh kesuksesan pelaksanaan ASEAN Summit 2023 yang dihelat di Labuan Bajo dan Tana Mori sebagai venue.

Dalam poin pertama, PMBB sendiri menyatakan bahwa mereka akan terus setia kepada dasar filosofi bangsa ini, yakni Pancasila serta akan terus setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kemudian pada poin keduanya, Organisasi Pemuda Manggarai Barat Bersatu menegaakan bahwa mereka sangat siap untuk mendukung penuh Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Barat, utamanya dalam penjagaan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Labuan Bajo tentunya.

Selanjutnya PMBB sendiri juga akan terus menjaga kepercayaan diri, harkat dan martabat yang dimiliki oleh seluruh masyarakat di Manggarai Barat. Tentunya dengan adanya penciptaan kamtibmas yang kondusif, akan secara otomatis pula menjaga nama baik dari wilayah setempat, utamanya ketika mereka sedang didatangi oleh para tamu dari delegasi peserta ASEAN Summit 2023.

Sehingga masyarakat yang menjadi representasi dari suatu wilayah harus benar-benar mampu untuk terus menjaga dan mewujudkan kamtibmas yang baik sehingga menimbulkan kesan atau citra positif di mata dunia ketika menilai Indonesia selaku Ketua ASEAN 2023.

Lebih lanjut, dengan adanya upaya untuk terus mewujudkan kamtibmas yang baik tersebut, maka juga selaras dengan tujuan lain dari PMBB, yakni akan berusaha untuk terus menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat.

Tidak hanya sekedar dalam sektor keamanan dan ketertiban masyarakat saja, namun Ormas Pemuda Manggarai Barat Bersatu ini juga terus berfokus untuk mampu mencerdaskan dan meningkatkan seluruh kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat di wilayah merekamereka, dengan terus mempertahankan dan mengembangkan kearifan lokal untuk melindungi setiap pihak, baik itu para pendatang ataupun mereka yang merupakan penduduk asli di sana.

Serta, Ormas yang dipimpin oleh Robertus Agustinus Taufan itu juga akan terus membela dan memperjuangkan pengakuan, penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak yang dimiliki oleh masyarakat di Manggarai Barat khususnya, dengan mengedepankan cara-cara yang humanis dan bermartabat tentunya.

Aspek keamanan dan ketertiban masyarakat memang merupakan hal yang sangat penting untuk terus diwujudkan secara bersama-sama melalui peran aktif berbagai pihak masyarakat. Khususnya, dalam penyelenggaraan KTT ASEAN Summit 2023 yang digelar di Labuan Bajo pada 9 hingga 11 Mei 2023  yang memang sangat memerlukan dukungan penuh dari banyak pihak.

)* penulis Adalah alumni Universitas Nusa Cendana

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda