Dukungan pada Capres Ganjar Pranowo Terus Mengalir dari Berbagai Daerah - Seputar Sumsel

Minggu, 07 Mei 2023

Dukungan pada Capres Ganjar Pranowo Terus Mengalir dari Berbagai Daerah

Oleh : Astrid Widia )*

Dukungan dari seluruh masyarakat bahkan dari berbagai elemen sekaligus kepada sosok Capres 2024 Ganjar Pranowo yang telah resmi diusung oleh PDIP terus saja mengalir dari berbagai daerah di Indonesia.

Tidak sedikit masyarakat di Indonesia yang terus menyatakan dukungannya dengan tegas dan mantap kepada nama Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang. Diketahui bahwa salah satunya, dukungan tersebut datang dari relawan Puser Bumi Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), yang mana mereka mengikrarkan diri dengan sangat tegas untuk mendukung dan turut mengawal kesuksesan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Beberapa waktu yang lalu, yakni pada hari Kamis tanggal 27 April 2023. Telah dilakukan ikrar dukungan kepada Ganjar Pranowo, yang mana hal tersebut ditandai dengan adanya pembacaan ikrar secara serentak oleh para relawan di Desa Karangpakel, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten.

Mengenai kegiatan tersebut, Pembina Relawan Puser Bumi, Juwandi menyatakan bahwa bukan hanya sekedar melakukan ikrar dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut dalam Pilpres 2024, namun juga sekaligus menjadi sebuah acara konsolidasi untuk terus mensukseskan sosok orang nomor satu yang mereka cintai tersebut.

Tentunya, dukungan dari masyarakat yang diberikan kepada nama Ganjar Pranowo untuk terus bisa maju sebagai Calon Presiden 2024 memang merupakan murni dari suara para anggota relawan, yang mana diketahui bahwa para anggota dari relawan di Klaten itu terdiri dari berbagai macam elemen masyarakat termasuk dari kalangan para petani tembakau dan prpfesi lainnya. Bahkan relawan yang tegas menyatakan dukungannya kepada kader PDIP itu juga telah ada di setiap desa dan kecamatan di Klaten.

Sehingga, jelas sekali ketika dukungan untuk Capres yang secara resmi telah diusung Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarnoputri karena berasal dari berbagai macam elemen masyarakat, maka bisa dikatakan bahwa memang sosoknya telah membawa dampak positif bukan hanya pada kalangan masyarakat tertentu saja.

Masyarakat bahkan telah menilai bahwa sosok Ganjar Pranowo adalah pribadi yang sangat amanah, kemudian dirinya juga merupakan orang yang cerdas, jujur dan juga sangat mudah bergaul dengan masyarakat atau merakyat.

Ternyata, dukungan dari masyarakat yang ditujukan kepada nama kader PDIP berusia 54 tahun itu bukan hanya berasal dari Klaten saja, dan sama sekali tidak bisa disangkut pautkan karena dirinya kini masih menjabat secara resmi sebagai Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Bagaimana tidak, pasalnya dukungan untuknya juga terus mengalir dengan sangat deras bahkan dari masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia. Terdapat ratusan relawan dari Petani Tebu Bersatu (Petebu) di Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten Ogan Komering (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang telah secara resmi juga mendeklarasikan diri mereka sebagai sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo untuk terus maju dan berhasil menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) pada tahun 2024 mendatang.

Deklarasi dilakukan di salah satu lahan perkebunan tebu yang ada di Kabupaten OKI. Para relawan meyakini, Ganjar adalah sosok yang mampu mengangkat derajat dan kesejahteraan petani tebu dengan cara menaikkan harga jual gula. Mereka juga menilai bahwa pria kelahira tahun 1968 itu merupakan sosok seorang pemimpin yang bisa mengayomi dan bisa bersatu dengan orang kecil.

Terkait hal tersebut, Koordinator Daerah Petebu Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumarno menuturkan pula bahwa relawan Petebu akan terus mengonsolidasikan dukungan kepada Ganjar dari masyarakat akar rumput. Mulai tingkat kecamatan hingga desa-desa. Pihaknya juga akan menjalin kerja sama dengan komunitas-komunitas masyarakat lainnya untuk menjalankan program sosialisasi ini.

Masyarakat di daerah lain yang turut secara resmi mendeklarasikan diri bahwa mereka telah mendukung Capres Ganjar Pranowo kemudian datang dari Sumatera Utara (Sumut). Bahkan bukan hanya sekedar mendukung saja, namun mereka juga melakukan acara berdoa untuk sosok Gubernur Jateng 2 (dua) periode tersebut.

Ketua Tuan Guru Dukung Ganjar (TGDG), K.H. Arifin menyampaikan bahwa Ratusan warga dari berbagai kalangan di Desa Paya Pinang, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, hadir pada acara tersebut. Bahkan masyarakat sendiri juga terus menunggu adanya konsilidasi itu.

Menurut Arifin, Ganjar Pranowo sosok yang sudah dikenal baik oleh masyarakat di Serdang Berdagai. Masyarakat sudah mengenal kiprah pria berambut putih tersebut sejak masih menjabat sebagai anggota DPR RI.

Terus mendapatkan dukungan yang mengalir bahkan dari berbagai daerah dan berbagai kalangan masyarakat di seluruh Indonesia. Rakyat sangat meyakini bahwa nama Ganjar Pranowo selaku Capres 2024 yang diusung oleh PDIP tersebut merupakan sosok pemimpin yang sangat dekat dengan masyarakat kecil.

)* Penulis adalah pemerhati politik tinggal di Jakarta

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda