Ganjar Pranowo Banjir Dukungan Parpol - Seputar Sumsel

Rabu, 03 Mei 2023

Ganjar Pranowo Banjir Dukungan Parpol

Oleh : Bagas Adrian Nathaniel )*

Ganjar Pranowo sepertinya akan menjadi Calon Presiden dengan banyak dukungan dari Partai Politik (Parpol). Kabar terbaru muncul dari PPP (Partai Persatuan Pembangunan) yang telah menentukan sikap untuk mendukung Ganjar dalam konstestasi Pemilu 2024.

Dukungan dari PPP tersebut tentu saja menambah deretan partai politik yang telah menyatakan dukungannya untuk Ganjar Pranowo. Berikut ini sejumlah partai politik yang secara resmi mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

PDI-Perjuangan, tentu saja PDI-P menjadi daftar pertama partai yang mendukung Ganjar. Megawati Soekarno selaku Ketua Umum (Ketum) Partai telah mengumumkan bahwa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-lah yang akan dipilih sebagai Capres dari PDI-P.

Sebelumnya, Ganjar memang menjadi salah satu kandidat yang bakal masuk bursa bakal calon presiden dari PDI-P. Selain statusnya sebagai kader, Gubernur Jawa Tengah ini juga memiliki popularitas yang cukup  besar di kalangan masyarakat. Sosoknya juga dikenal ramah dan senang mendengarkan aspirasi masyarakat dengan cara turun langsung menemui masyarakat.

Ganjar dinilai konsisten dalam mendengarkan aspirasi dan mencatat kebutuhan masyarakat. Konsistensi Ganjar menjadi pemimpin yang merakyat ditunjukkan melalui kerendahan hatinya untuk tidak membangun jarak dengan wong cilik.

Ganjar sadar bahwa dirinya yang dipilih oleh rakyat harus hadir untuk rakyat. Tidak hanya merakyat, Ganjar juga pemimpin pro-rakyat yang hadir dalam memberikan solusi serta gagasan yang berpihak kepada rakyat, terutama kepada wong cilik. Dirinya terjun untuk memperjuangkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi wong cilik, seperti buruh, petani, nelayan dan peternak.

Dalam 3 tahun terakhir, Ganjar selalu berhasil menurunkan jumlah penduduk miskin dari tahun ke tahun. Bahkan, provinsi Jawa Tengah berhasil menurunkan jumlah penduduk miskin terbanyak secara nasional periode September 2021 hingga Maret 2022. Selama kurun waktu tersebut, Jateng telah berhasil menekan angka kemiskinan sebanyak 102.570 orang.

Hanura, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menjadi parpol yang juga turut menunjukkan sikap dukungannya terhadap Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 mendatang. Keputusan dari partai tersebut disampaikan pasca pengumuman resmi Ketum PDIP terkait penetapan Ganjar sebagai Capres.

Oesman Sapta Odang (OSO) selaku Ketua Umum Partai Hanura menilai bahwa penunjukkan yang dilakukan PDI-P terhadap Ganjar tentunya sudah dipertimbangkan secara matang. Sehingga mereka mendukung keputusan Megawati yang menunjuk Gubernur Jawa Tengah Tersebut sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

PSI, Sebelum PDI-P menyatakan secara resmi bahwa Ganjar akan maju Pilpres dari PDI-P, rupanya PSI telah memberikan dukungannya terlebih dahulu terhadap Ganjar Pranowo. Dukungan tersebut diumumkan pada November 2022 lalu. Saat itu, PSI mengklaim bahwa keputusan tersebut didasarkan atas hasil forum Rembuk Rakyat yang sebelumnya diselenggarakan.

PSI mengaku bersyukur lantaran dukungan kepada Ganjar sebagai Capres terus mengalir. Grace Natalie selaku Wakil Ketua Dewan Pembina PSI meyakini, melalui dukungan dari sejumlah Parpol lain ini akan terus mengalir pada hari yang akan datang

PPP, Partai berlambang kakbah tersebut menjadi partai teranyar yang memberikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo. Deklarasi dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Krisyanto menuturkan, bahwa pihaknya akan menerima kunjungan dari PPP. Di mana pertemuan tersebut akan diterima langsung oleh Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDI-P.

PAN, Partai Amanat Nasional tak menampik bahwa pihaknya memberikan sinyal dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Erick Thohir yang saat ini menjabat sebagai menteri BUMN. Meski demikian PAN masih ingin mengupayakan pembentukan Koalisi Kebangsaan bersama partai pendukung Presiden Jokowi lainnya.

Sementara itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek menilai bahwa PAN sebenarnya telah mendukung Ganjar melalui pernyataan Ketua umum PAN Zulkifli Hasan secara implisit. Mesi belum diputuskan, namun secara tersirat Zulhas telah menyebut nama Ganjar Pranowo.

Ganjar merupakan sosok yang nasionalis-religius yang tak pernah ragu dalam membela Pancasila. Ganjar juga secara tegas menolak sistem khilafah yang ingin mengganti ideologi negara Pancasila serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam kesehariannya Ganjar tidak terkesan elitis dan berhasil menggaet dukungan dari berbagai kalangan masyarakat, termasuk dari kalangan sopir truk yang ada di sekitar Kabupaten Tangerang, Banten. Mereka menyatakan siap mendukung Ganjar untuk maju menjadi Presiden Indonesia pada tahun 2024.

Sementara itu, Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) telah merilis elektabilitas terbaru para bakal capres pemilu 2024. Dalam survei yang dilakukan pada 25 April hingga 28 April tersebut dikabarkan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo berada di puncak dengan suara 20,8% pada pemilih kritis.

Gubernur berambut putih tersebut ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat umum serta bagi para politisi di berbagai partai. Hal tersebut menunjukkan bahwa Ganjar merupakan salah satu Capres terkuat untuk Pilpres 2024.

)* Penulis adalah Kontributor Kawiwara Pustaka

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda