Kepala Daerah di NTT Ajak Warga Sukseskan KTT ASEAN - Seputar Sumsel

Senin, 08 Mei 2023

Kepala Daerah di NTT Ajak Warga Sukseskan KTT ASEAN

NTT  -  Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit mengapresiasi pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

“Mengucapkan selamat dan sukses atas penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat,” ujar Bupati Herybertus.

Dirinya juga berdoa agar pelaksanaan KTT ASEAN dapat berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan harapan.

“Kami doakan dan berharap agar pelaksanaan KTT ASEAN ini akan berjalan dengan aman dan sukses mencapai tujuan” terangnya.

Herybertus meyakini bahwa pelaksanaan KTT ASEAN  akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Akselerasi ekonomi itu dinilai tidak hanya bakal terjadi di Manggarai, namun juga di Nusa Tenggara Timur secara umum.

Di tempat terpisah, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi menilai KTT ASEAN Summit di Labuan Bajo akan memberi dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Edi mengungkap bahwa dampak langsung dari pelaksanaan KTT ASEAN tersebut akan dirasakan secara langsung oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Manggarai Barat.

“Ratusan delegasi dari seluruh anggota ASEAN akan membeli produk UMKM lokal di Labuan Bajo,” ujar Edi.

Bukan hanya itu, Edi menilai bahwa dampak KTT ASEAN juga akan menggeliatkan sektor pariwisata, termasuk pengusaha hotel dan restoran hingga masyarakat sekitar.

"Sejumlah rangkaian pertemuan KTT ASEAN Summit, jelas akan membawa dampak positif. Pertumbuhan sektor transportasi, akomodasi, UMKM hingga pariwisata," katanya.

Edi berharap perhelatan ini akan mendorong terciptanya lapangan kerja baru di berbagai sektor, seperti halnya kuliner dan UMKM. Edi juga mengajak para petani dan pelaku UMKM untuk memanfaatkan momen tersebut. Sehingga, pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat bisa meningkat.

“Pelaku UMKM agar menunjukkan produk berkualitas yang hendak dipamerkan selama kegiatan internasional tersebut,” imbau Edi

Selain itu, Edi juga berpesan kepada pengusaha kuliner agar menjaga kebersihan dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada para tamu KTT ASEAN yang berkunjung.

"Pelayanan yang prima itu penting. Jadi, tamu akan merasa puas dan terus mendatangi tempat itu," pungkasnya. (*)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda