Lewat KTT ASEAN, Indonesia Perkuat Hubungan Bilateral Negara Asia Tenggara - Seputar Sumsel

Selasa, 09 Mei 2023

Lewat KTT ASEAN, Indonesia Perkuat Hubungan Bilateral Negara Asia Tenggara

Labuan Bajo - Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Indonesia melakukan kerja sama bilateral dengan beberapa negara G20. Beberapa pertemuan bilateral yang dilakukan Indonesia telah menghasilkan kesepakatan yang menguntungkan bagi Indonesia.

KTT ASEAN kali ini digelar di Labuan Bajo pada hari ini 9-11 Mei dengan mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

Dalam sela-sela pertemuan KTT ASEAN yang dilaksanakan di Labuan Bajo, setiap kepala negara tidak melewatkan pertemuan bilateral antar negara untuk dapat menjalin kerja sama antar negara.

Indonesia juga telah melakukan pertemuan bilateral dengan berbagai negara ASEAN untuk memperkuat kerja sama antar negara ASEAN, diantaranya dengan, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Dalam pertemuan bilateral dengan ASEAN, Presiden Jokowi mengharapkan komitmen dalam kerja sama bilateral untuk memperkuat ekonomi masing-masing negara.

"Saya mengharapkan fleksibilitas negara-negara ASEAN dalam pembahasan kerja sama ekonomi yang konkret dan harus diperkuat," kata Presiden dalam pertemuan bilateral, Selasa (9/5/2022).

Presiden Jokowi dalam pertemuannya dengan negara-negara ASEAN memberikan perhatiannya terhadap perdagangan negara-negara kawasan. Untuk itu, Jokowi berharap agar terjalin kerja sama untuk meningkatkan perdagangan di kawasan.

"Saya menyampaikan konsen terhadap perdagangan atas produk-produk Indonesia di kawasan, begitu pula sebaliknya, jadi saya mengajak negara ASEAN menjadi mitra," kata Jokowi.

Kedepan, akan ada banyak pertemuan bilateral antar negara ASEAN yang terjadi selama perhelatan KTT ASEAN di Labuan Bajo berlangsung. Banyaknya pertemuan bilateral antar negara ASEAN menjadi langkah dalam mengembangkan dan meningkatkan ekonomi Indonesia dan kawasan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda