Maksimalkan Persiapan KTT ASEAN dengan Optimal, Presiden Jokowi Terbitkan Keppres - Seputar Sumsel

Selasa, 02 Mei 2023

Maksimalkan Persiapan KTT ASEAN dengan Optimal, Presiden Jokowi Terbitkan Keppres

Jakarta — Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menetapkan Labuan Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagai tempat diselenggarakannya rangkaian KTT ASEAN tersebut.

Untuk mendukung kelancaran Keketuaan Indonesia dalam ASEAN 2023 ini, Presiden Jokowi secara resmi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) tentang Panitia Nasional Keketuaan Indonesia pada KTT ASEAN yang diselenggarakan pada 9-11 Mei 2023.
 
Dalam Keppres Nomor 5 Tahun 2023 tersebut, secara jelas tertulis bahwa Panitia Nasional memiliki tugas untuk bisa mempersiapkan seluruh rangkaian kegiatan dengan baik.
 
“Merencanakan, menyiapkan, mengoordinasikan, dan menyelenggarakan rangkaian kegiatan, baik aspek substansi maupun teknis dan logistik, dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan kewajiban Presiden Republik Indonesia sebagai Ketua ASEAN Tahun 2023,” bunyi Keppres tersebut.
 
Bahkan, bukan hanya sebatas bagaimana pelaksanaan kegiatan secara teknis saja, melainkan pihak Panitia Nasional juga memiliki tugas untuk merencanakan seluruh anggaran persiapan serta pelaksanaan KTT ASEAN.
 
“Menyusun dan menetapkan rencana kerja dan anggaran persiapan dan pelaksanaan rangkaian kegiatan Keketuaan Indonesia pada ASEAN tahun 2023,” dalam Keppres.
 
Aspek keamanan, kelancaran dan juga ketertiban penyelenggaraan ASEAN Summit juga menjadi hal yang dimaksimalkan oleh Panitia Nasional.
 
“Melakukan persiapan dan penyelenggaraan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 dan Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 ASEAN serta rangkaian pertemuan ASEAN lainnya dengan sebaik-baiknya sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar, dan tertib,” bunyi Keputusan Presiden.
 
Sementara itu, untuk kesiapan lainnya seperti adanya infrastruktur digital dan kualitas jaringan telekomunikasi, pihak Kemenkominfo juga telah mengupayakannya.
 
Menurut Plt Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo, Ismail, bahwa pihaknya sudah menyiapkan jaringan infrastruktur yang memadai demi mendukung KTT ASEAN 2023.
 
“Untuk KTT ASEAN 2023 yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Kemenkominfo telah memastikan kesiapan infrastruktur jaringan telekomunikasi di wilayah tersebut,” ujarnya
 
Sebagian besar wilayah di Labuan Bajo bahkan sekarang memang sudah bisa dengan lancar mengakses jaringan telekomunikasi, termasuk juga terdapat sinyal 5G di beberapa titik.
 
“Bahkan di area permukiman sudah ter-cover sekitar 94,51 persen, dan di beberapa titik terdapat cakupan sinyal 5G,” kata Ismail.
 
Sudah menjadi tugas dari pihak Kemenkominfo untuk memastikan dan menyediakan kelancaran jaringan telekomunikasi, khususnya bagi perhelatan KTT ASEAN 2023.
 
“Salah satu tugas Kemenkominfo adalah menyediakan jaringan telekomunikasi dan akses internet agar keketuaan ASEAN 2023 berjalan lancar,” ungkapnya.
 
Terkait hal itu, Wartawan TVRI di Kab. Manggarai Barat, Alexander Hatol sangat mengapresiasi galaran KTT ASEAN yang dilaksanakan di Labuan Bajo, NTT. Alexander berharap bahwa kegiatan KTT ASEAN di Labuan Bajo dapat diselenggarakan dengan sukses.
 
“Sangat diiharapkan kegiatan-kegiatan atau event-event international dapat terus diselenggarakan di Labuan Bajo untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya. *

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda