Mengapresiasi Kesuksesan Kepemimpinan Ganjar Pranowo - Seputar Sumsel

Selasa, 23 Mei 2023

Mengapresiasi Kesuksesan Kepemimpinan Ganjar Pranowo

Oleh : Barra Dwi Rajendra)*

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sempat menjadi sorotan publik setelah dirinya diusung ileh PDI-Perjuangan untuk maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024. Tentu saja dipilihnya Ganjar bukanlah tanpa alasan, mengingat banyak prestasi yang ditorehkan Ganjar selama memimpin Jawa Tengah.

Meski kinerjanya mendapatkan banyak kritikan dan sindiran melalui akun media sosialnya, tetapi Ganjar Pranowo memiliki deretan rekam jejak yang mampu membawa nama Jawa Tengah meraih sejumlah penghargaan terbaru, Jawa Tengah menyabet penghargaan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas), yakni Penghargaan Pembangunan Daerah (PDD) Tahun 2023, dalam kategori perencanaan dan pencapaian terbaik tingkat provinsi.

Dalam kategori tersebut, Jateng mampu mendapatkan posisi pertama. Jawa Tengah juga meraih penghargaan dalam kategori khusus yakni provinsi yang memulai inisiasi awal sirkular. Selain provinsi, sejumlah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah juga mampu meraih penghargaan dari Bappenas.

Kabupaten Temanggung menjadi urutan pertama dalam kategori perencanaan dan pencapaian terbaik tingkat kabupaten. Sementara itu, kategori perencanaan dan pencapaian terbaik di tingkat kota juga diraih oleh salah satu wilayah di Jawa Tengah, yakni Kota Semarang yang berada di posisi ketiga.

Ganjar mengaku bangga karena beberapa kali penghargaan didapatkan dalam waktu sekian tahun, hal tersebut menunjukkan indikasi reformasi birokrasi yang berjalan, para ASN yang mulai memperbaiki diri, dan mampu melakukan inovasi lalu kemudian menunjukkan performance terbaiknya.

Selain soal pembangunan Derah, Jateng juga pernah merndapatkan penghargaan di bidang lainnya. Salah satunya adalah Jawa Tengah yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai provinsi berkinerja terbaik tingkat nasional. Penghargaan tersebut didasarkan pada Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2022.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Ganjar Pranowo saat Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Sabtu 29 April 2023.

Selain itu, Jawa Tengah juga berhasil meraih penghargaan di sektor keterbukaan informasi publik dari Komisi Informasi Pusat. Penghargaan tersebut telah diserahkan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Rabu 14 Desember 2022.

Diketahui, Jawa Tengah mendapatkan nilai sebesar 99,95 persen yang menjadikannya berada di posisi pertama dalam hal keterbukaan informasi publik. Adapun, penghargaan tersebut merupakan penghargaan kelima yang berhasil diraih Jawa Tengah di topik keterbukaan informasi.

Sebelumnya, pada tahun 2018, Jawa Tengah meraih posisi pertama soal keterbukaan informasi. Kemudian, pada 2019, 2020 dan 2021, Jawa Tengah dilabeli sebagai provinsi paling informatif.

Tercatat Ganjar telah membawa Jawa Tengah berhasil meraih 30 penghargaan dalam satu tahun terakhir. Ganjar juga mengaku bahwa penghargaan yang diterima merupakan hasil kerja keras kawan-kawan di Pemprov Jateng dan Bupati/Walikota, serta seluruh masyarakat Jawa Tengah.

Selama tahun 2022 misalnya, Jawa Tengah menerima tiga penghargaan dari Baznas RI, yaitu sebagai Gubernur Pendukung Gerakan Zakat Indonesia, Provinsi dengan koordinasi pengelolaan zakat terbaik BAZNAS RI, Provinsi/Kabupaten/Kota dengan inovasi pengumpulan zakat terbaik.

Ada pula penghargaan terbaik Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2021 dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo karena Jateng berhasil mendapatkan nilai terbaik dari 17 provinsi lain dan membuat beragam program kredit usaha rakyat dengan menggandeng partisipasi berbagai pihak.

Kemudian, Jateng juga menerima penghargaan dari Koalisi Dog Meat-Free Indonesia atas keseriusannya dalam mendukung kampanye bebas daging anjing di Provinsi Jawa Tengah.

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memberikan penghargaan kepada Ganjar Pranowo atas dedikasinya dalam meningkatkan kemampuan wartawan melalui uji kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang rutin dilaksanakan di Jawa Tengah.

Selanjutnya menerima penghargaan Opini WTP ke-11 BPK RI dan penghargaan sistem pengendalian Intern pemerintah dari BPKP. Kemudian, menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 DARI Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Sementara itu, Ganjar juga sukses menjadikan Provinsi Jawa Tengah sebagai provinsi paling inovatif oleh Kementerian Dalam negeri dalam rangka Innovative Government Award (IGA) 2022.

Berbagai prestasi yang didapat Jawa Tengah tersebut adalah prestasi yang didapat selama Ganjar Pranowo menjabat sebagai Gubernur Jateng, hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan ganjar sebagai Gubernur tidaklah diragukan. Sehingga patut kiranya Ganjar maju sebagai salah satu peserta Pilpres 2024.

Pada kesempatan berbeda, Ketua DPC PDIP Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, menyebut sederet prestasi Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sehingga layak diusung sebagai calon presiden dari partai berlogo banteng hitam bermoncong putih tersebut. Menurut Rudy, prestasi Ganjar Pranowo selama menjadi Gubernur Jateng selama dua periode, cukup banyak. Mulai dari siswa SMA/SMK negeri yang bebas SPP hingga insentif guru agama.

Berbagai penghargaan yang diterima oleh Jawa Tengah merupakan bukti konkret kesuksesan kepemimpinan Ganjar Pranowo. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya Ganjar Pranowo melanjutkan pengabdiannya untuk memimpin Indonesia.

)* Penulis adalah kontributor Jendela Khatulistiwa

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda