MPW Pemuda Pancasila NTT Mengimbau Masyarakat Menjaga Suasana Kondusif Demi Kesuksesan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo - Seputar Sumsel

Rabu, 03 Mei 2023

MPW Pemuda Pancasila NTT Mengimbau Masyarakat Menjaga Suasana Kondusif Demi Kesuksesan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

NTT - Perdamaian dan stabilitas kawasan merupakan aspek penting dalam hubungan kerja sama negara anggota ASEAN, maupun juga dengan negara mitra. Oleh sebab itu, penguatan kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN menjadi salah satu isu yang disorot oleh organisasi masyarakat Pemuda Pancasila melalui Wakil Ketua 1 Majelis Permusyawaratan Wilayah Pemuda Pancasila Nusa Tenggara Timur Loresten Koeslulat yang mengatakan bahwa ASEAN harus menjadi kawasan barometer dunia internasional.

“Peran eksistensi ASEAN dalam menjaga stabiltas perdamaian kawasan ASEAN dan pusat ekonomi dunia” kata Loresten.

Loresten menambahkan bahwa sebagai tuan rumah KTT ASEAN 2023, Pemerintah Indonesia pasti telah melakukan persiapan panjang dan matang, maka sudah semestinya masyarakat bersama-sama mendukung serta mensukseskan KTT ASEAN 2023.

“Setelah persiapan yang panjang dan matang, Kita harap itu [kesuksesan] KTT ASEAN 2023 akan terulang seperti G20, nanti saat KTT ASEAN juga akan mendapatkan hasil yang memuaskan,” tambahnya.

Dirinya mengimbau agar khususnya masyarakat NTT dapat ikut menciptakan suasana yang kondusif agar penyelenggaraan KTT Asean dapat dilaksanakan dengan baik.

Diketahui pada KTT ke-42 ASEAN yang akan dilaksanakan pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, para Pemimpin ASEAN akan membahas sejumlah isu penting dalam rangka mendorong kawasan ASEAN yang lebih kuat dalam menghadapi tantangan, serta memperkuat ketahanan ekonomi ASEAN. Upaya ini sejalan dengan tema yang diusung dalam Keketuaan Indonesia ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda