Rekam Jejak Ganjar Pranowo Layak Maju Capres 2024 - Seputar Sumsel

Selasa, 09 Mei 2023

Rekam Jejak Ganjar Pranowo Layak Maju Capres 2024

Oleh : Lukman Keenan Adar)*

Rekam jejak yang dimiliki oleh kader dari PDIP, yakni Ganjar Pranowo serta sederet prestasi serta pengalamannya membuat namanya menjadi sangat layajk untuk maju ke dalam pertarungan kontestasi politik, dan menjadi Calon Presiden pada tahun 2024 mendatang.

Beberapa waktu, setelah sekian lama publik menanti, akhirnya secara resmi Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Seokarnoputri mengusung salah satu kader dari partainya, yakni Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo untuk maju menjadi Calon Presiden (Capres) pada gelaran kontestasi politik, Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2024 mendatang.

Memang, sosok yang diusung oleh partai berlogo banteng dengan moncong putih tersebut sama sekali bukanlah sosok yang asing bagi publik. Bagaimana tidak, Ganjar Pranowo sendiri memang bisa dikatakan bahkan dari masa ke masa memang telah menjadi salah satu kader dari PDIP yang seringkali dan kerap tampil dalam panggung politik di Indonesia.

Diketahui pula bahwa Gubernur Jateng yang memang identik dengan rambut putihnya tersebut sebenarnya sudah menjajal dunia politik bahkan sejak PDI Perjuangan dulu masih bernama Partai Demokrasi Indonesia (PDI), yakni pada masa orde baru silam.

Kemudian, Ganjar Pranowo bahkan sempat berhasil melenggang ke Senayan sebagai salah satu Anggota dari Komisi IV di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada tahun periode 2004 hingga 2009. Dirinya membidangi masalah Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan dan Pangan.

Posisinya sebagai wakil rakyat pada periode tersebut, bahkan berhasil diulanginya, yang mana membuktikan bahwa memang sosok yang kini sudah secara resmi maju ke dalam pertarungan Calon Presiden pada Pemilu 2024 dari PDIP itu sangat dipercaya oleh masyarakat berkat kerja kerasnya. Ganjar kembali terpilih sebagai salah satu anggota DPR RI pada Pemilu 2009.

Kala itu, dirinya kemudian menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI, yang mana membidangi Pemerintahan Dalam Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur Negara, Pemilu, Pertanahan dan Reformasi Agraria.

Kiprah dari Ganjar Pranowo di luar dunia politik sendiri juga tidak kalah luar biasanya. Dirinya terlibat dalam sejumlah pansus, diantaranya adalah menjadi anggota Pansus Angket Bank Century pada tahun 2009 hingga 2010 dan juga menjabat sebagai Ketua Timwas Century. Tidak sampai di sana, namun namanya juga tercatat sebagai Anggota Pansus Angket Bank Century kembali pada tahun periode 2009 hingga 2013.

Jabatan lain sebagai seorang Pansus yang diemban oleh Capres kader PDIP pada 2024 tersebut juga pernah menjadi Ketua Pansus RUU tentang Partai Politik di DPR RI pada tahun 2007 hingga 2009, dirinya pun menjadi Ketua Pansus tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), DPR, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di DPR RI 2007 hingga 2009.

Ganjar Pranowo pun sempat menjadi Anggota Badan Legislasi DPR RI 2004-2010, Sekretaris Fraksi PDIP MPR RI 2009-2010, Sekretaris I Fraksi PDIP DPR RI 2007-2009, Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI 2010-2013. Karir terakhirnya adalah sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode sejak 2013 hingga saat ini, dan akhinya diusung oleh PDI Perjuangan untuk maju jadi Capres di 2024 mendatang.

Dirinya pada saat ini masih resmi menjabat sebagai Gubernur Provinsi Jawa Tengah terpilih, yang mana di dalam masa kepemimpinannya, dia berhasil melakukan banyak terobosan dan juga menorehkan banyak prestasi, sehingga memang sudah terbukti bagaimana kapasitas serta kualitas yang dimiliki oleh sosok Ganjar Pranowo.

Beberapa diantara terobosan yang sampai saat ini sangatlah berguna seta membawa banyak sekali kebaikan di Provinsi Jawa Tengah sendiri adalah, salah satunya mengenai pelayanan publik dan juga peningkatan kualitas pemerintahan. Data menunjukkan bahwa wilayah itu semenjak era kepemimpinan Ganjart sendiri kini sudah memiliki sebanyak 28 Mal Pelayanan Publik (MPP).

Tidak tanggung-tanggung, bahkan prestasi yang berhasil dicetak oleh pria berusia 54 tahun tersebut membuat Jawa Tengah berhasil menjadi wilayah yang memiliki jumlah Mal Pelayanan Publik terbanyak di Indonesia, yang mampu mengalahkan provinsi lainnya di Tanah Air. Tentunya, dengan banyaknya kehadiran MPP di Jateng tersebut mampu membuat pelayanan kepada masyarakat di sana menjadi semakin mudah, murah dan juga cepat.

Ganjar Pranowo juga terus meningkatkan kualitas pemerintahan di tingkat provinsi serta kabupaten/kota di Jawa Tengah. Salah satunya melalui program e-governance untuk mencegah tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Maka, dengan banyak sekali prestasi yang berhasil dicetak atau ditorehkan oleh kader dari PDIP ini, membuat namanya menjadi sangat layak untuk mampu mengembang tugas dari Ketum Partai Megawati Soekarnoputri dan telah teruji berarti memang dirinya bukanlah sosok yang sembarangan karena memiliki kualitas serta kapasitas yang sangat tinggi dan layak untuk terus melaju menjadi Capres pada tahun 2024.

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda