Sejumlah Pihak Pastikan Kesiapan Jelang KTT ASEAN - Seputar Sumsel

Kamis, 04 Mei 2023

Sejumlah Pihak Pastikan Kesiapan Jelang KTT ASEAN

Kupang - Sejumlah pihak telah memastikan kesiapan jelang KTT ASEAN 2023 yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo, NTT, Indonesia. Kapolda Nusa Tenggara Timur, Irjen Pol Johanis Asadoma memastikan kesiapan guna membantu pengamanan acara tersebut.

“Untuk KTT ASEAN kami telah mengerahkan personil dan kendaraan untuk pengamanan wilayah, kapal patroli tipe C1 untuk pengamanan perairan, dan sejumlah pengamanan ketat di titik-titik tertentu,” ujar Johanis di Kupang, NTT.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan bahwa Badan Intelijen Negara (BIN) turut aktif dalam menjaga prioritas keamanan selama acara nanti berlangsung.

“Kami juga dibantu koordinasi dari Badan Intelijen Negara untuk memastikan keamanan dan keselamatan delegasi KTT ASEAN yang hadir ke NTT,” tambahnya.

Dilain pihak, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) juga memastikan kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi untuk menjamin kelancaran komunikasi selama acara tersebut berlangsung.

Ketua Tim Pusat Monitoring Telekomunikasi dari Direktorat Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo, Indra Apriadi, mengatakan penyelenggara telekomunikasi seperti grup Telkom telah melakukan antisipasi seperti menyediakan BTS combat yang telah ditingkatkan terhadap kapasitas BTS eksisting, khususnya di Golo Mori dan Labuan Bajo.

Sementara itu, sebagai Induk Perusahaan PT Hotel Indonesia Group (HIG), Hotel Indonesia Natour (HIN) juga meningkatkan pengawasan dan berkoordinasi dengan berbagai stakeholder hotel Meruorah Labuan Bajo untuk memastikan kesiapan operasional serta fasilitas pendukung lainya.

Direktur Utama PT HIN, Christine Hutabarat mengatakan pihaknya telah memastikan kesiapan hotel Meruorah, yang akan menjadi tempat pertemuan para delegasi dari negara-negara anggota ASEAN.

“Kami telah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan, termasuk kesiapan pelayanan, keamanan, dan kenyamanan,” ujar Christine.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, sudah mengecek kesiapan sarana dan prasarana transportasi untuk mendukung kelancaran mobilisasi para tamu KTT ASEAN.

"Kami ingin memastikan dukungan dari sektor transportasi berjalan dengan baik, sehingga turut mensukseskan penyelenggaraan KTT ASEAN di mana Indonesia dipercaya sebagai ketua pertemuan, seperti halnya event internasional G20 tahun lalu," pungkas Budi.

Kesiapan dari sejumlah pihak tersebut diharapkan dapat menjamin kelancaran dan suksesnya KTT ASEAN 2023. Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari berbagai pihak, KTT ASEAN 2023 diharapkan dapat menjadi ajang untuk memperkuat solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara anggota ASEAN. [*]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda