Seluruh Relawan Solid Tegaskan Dukungan untuk Ganjar Pranowo - Seputar Sumsel

Senin, 22 Mei 2023

Seluruh Relawan Solid Tegaskan Dukungan untuk Ganjar Pranowo

Oleh : Septa Kurnia Wibowo )*

Seluruh relawan tetap terus menjaga solidaritas mereka dan bahkan menegaskan kalau dukungan mereka hanya ditujukan kepada sosok satu calon presiden saja dalam Pilpres 2024, yakni hanya untuk kemenangan Ganjar Pranowo dan bukan kepada sosok Capres lainnya.

Relawan Gibran dan Joko Widodo (Jokowi) di Solo menyatakan bahwa pihaknya terus bersatu menjadi Relawan Ganjar Pranowo. Mengenai adanya deklarasi tersebut, Ketua Umum (Ketum) Sedulur Ganjar Pranowo, Raden Zieo Suroto menyatakan bahwa pihaknya juga masih tetap terus solid untuk menyatukan dukungan pada bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di kontestasi politik Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Bukan hanya itu, bahkan fokus ke depan dari para relawan di Solo ini adalah benar-benar hanya untuk bisa mengawal kemenangan Ganjar Pranowo saja, khususnya di wilayah Solo Raya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Relawan Militan Jokowi, Mulyono menyatakan bahwa adanya dukungan terhadap Capres yang telah secara resmi diusung secara langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri tersebut sebagai Capres pada tahun 2024 mendatang memang merupakan suatu keniscayaan.

Bagaimana tidak, pasalnya memang seluruh relawan sendiri sebelumnya sudah sudah membuktikan komitmen kuat mereka untuk mendukung kemenangan Ganjar dalam kontestasi politik Pilpres mendatang dengan adanya deklarasi di berbagai wilayah di Tanah Air, termasuk di kawasan Solo Raya.

Belakangan ini juga sempat beredar sebuah klaim atau isu yang seolah-olah menyatakan bahwa ternyata relawan Jokowi justru malah memberikan dukungannya kepada Capres lain selain nama Gubernur Jawa Tengah. Tentunya seluruh klaim tersebut sama sekali bukanlah sebuah klaim yang benar.

Justru dengan sangat tegas, seluruh Relawan Jokowi maupun Relawan Gibran masih terus tetap utuh untuk bersatu dan mendukung Capres Ganjar Pranowo untuk terus melaju pada kontestasi Pilpres di kesempatan pesta demokrasi setiap 5 (lima) tahun sekali, yakni Pemilu 2024.

Di sisi lain, menanggapi adanya isu yang juga sudah diklarifikasi langsung oleh Ketua Relawan Jokowi tersebut, bahwa seolah ada kelompok relawan yang justru memberikan dukungan mereka pada Capres lain, Bacapres dari PDIP justru menanggapi dengan santai hal tersebut, dirinya menyatakan kalau itu bukanlah sebuah hal besar dan sama sekali tidak mengapa.

Bahkan dengan sangat tegas, Ganjar Pranowo mengaku kalau dia sama sekali tidak pernah gentar dengan adanya perolehan suara yang mungkin saja bisa tergerus dengan adanya isu ini. Gubernur Jawa Tengah selama 2 (dua) periode ini menyatakan bahwa dirinya sama sekali bukanlah seorang penakut.

Pada kesempatan lain, bagaimana solidnya dukungan untuk pria berusia 54 tahun tersebut juga terlihat dari bagaimana aksi Relawan Masyarakat Pecinta Ganjar (MPG) yang secara resmi mendirikan posko dukungan dan posko pemenangan untuk Bacapres dari Partai berlogo Banteng dengan Moncong Putih tersebut.

Mengenai adanya pendirian posko dukungan dan posko pemenangan itu, Ketua MPG, Antarikso menjelaskan bahwa keputusan untuk memberikan dukungan dengan sangat penuh pada Capres 2024 Ganjar Pranowo bukanlah sebuah keputusan yang datang begitu saja tanpa disertai adanya pemikiran dan tanpa melalui pertimbangan kuat sebelumnya.

Bagaimana tidak, pasalnya, keputusan dari MPG untuk pada akhirnya memberikan dukungan tegas kepada kader PDIP tersebut memang telah melalui serangkaian proses yang panjang. Terlihat pula bagaimana pengalaman hingga track record baik yang selama ini terus ditunjukkan oleh pria yang identik dengan rambut putihnya itu.

Diketahui bahwa sebelumnya, sosok Ganjar Pranowo sendiri memang pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan juga sampai saat ini dirinya masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah bahkan berhasil memimpin hingga selama 2 (dua) periode atau selama 10 (sepuluh) tahun masa jabatan.

Dengan berbagai macam pengalaman kepemimpinan yang selama ini dimiliki oleh pria kelahiran tahun 1968 tersebut, ternyata dirinya dinilai bahwa sama sekali tidak memiliki ‘kecacatan’ selama memimpin. Sehingga dengan adanya rekam jejak yang sangat baik tersebut, tentunya mampu meyakinkan para relawan untuk benar-benar memantapkan hati mereka dalam memberikan dukungan dan terus mengawal kemenangan Ganjar.

Tentunya salah satu pertimbangan yang sangat baik untuk menentukan siapa pemimpin Indonesia ke depannya memang hendaknya dilakukan dari melihat bagaimana rekam jejak yang dimiliki oleh calon pemimpin tersebut, bagaimana dirinya memimpin sebelumnya dan apa saja pengalaman dia, dari sana akan bisa diukur seperti apa pihak calon yang hendak berkontestasi dalam Pilpres, apakah memang dirinya memiliki kapabilitas atau tidak. Sedangkan untuk sosok Ganjar Pranowo sendiri, jelas sekali kalau dirinya memiliki kualitas.

Dukungan kepada Capres 2024 Ganjar Pranowo terus mengalir dari banyak kalangan. Bahkan seluruh relawan menyatakan dengan sangat tegas kalau mereka akan terus mengupayakan solidaritas mereka demi satu tujuan, yakni mengawal kesuksesan dan kemenangan Ganjar dalam Pilpres mendatang.

)* Penulis adalah kontributor Jendela Khatulistiwa Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda