Semua Kepala Negara Antusias Menghadiri KTT ASEAN di Labuan Bajo - Seputar Sumsel

Senin, 01 Mei 2023

Semua Kepala Negara Antusias Menghadiri KTT ASEAN di Labuan Bajo

Oleh : Gema Iva Kirana )*

Indonesia menjadi Ketua ASEAN 2023 dan sekaligus menjadi tuan rumahnya. Sebanyak 11 Kepala Negara akan menghadiri KTT ini. Panitia sudah siap menyambut tamu delegasi KTT ASEAN dan mempersiapkan fasilitas yang terbaik untuk mereka.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina mengatakan, KTT ASEAN 2023 akan dihadiri 11 kepala negara dari anggota ASEAN dan negara sahabat. Delegasi yang menyertai kepala itu diperkirakan sebanyak 550 orang. Sementara itu, KTT ASEAN Summit ke-42 akan berlangsung di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei 2023 mendatang.

Selain delegasi, akan ada sekitar 300 hingga 500 orang panitia nasional lintas kementerian dan lembaga, dan 1.300 pasukan pengamanan akan hadir di Labuan Bajo. Hal ini diharapkan akan berdampak signifikan untuk masyarakat Labuan Bajo.

Shania menambahkan,  kedatangan para kepala negara akan berdampak langsung ke sektor pariwisata dan ekonomi kreatif secara langsung seperti transportasi, akomodasi, kerajinan maupun tidak langsung seperti suplai bahan makanan dari pertanian dan peternakan.

Sejumlah Kepala Negara akan menghadiri KTT ASEAN 2023. Mereka tidak hanya melakukan konferensi. Namun sekaligus menikmati keindahan alam Labuan Bajo, NTT. Kepala Negara itu berasal dari Filipina, Malaysia, Myanmar, Brunai Darussalam, Thailand, Singapura, Vietnam, Kamboja, Laos, dan Timor Leste.

KTT ASEAN 2023 ini memiliki berbagai manfaat penting. Selain untuk kerja sama bilateral yang saling menguntungkan, KTT ini akan mewujudkan ASEAN sebagai pusat perekonomian dunia. Dengan kolaborasi dari semua negara ASEAN maka perekonomiannya akan bangkit dan bahkan menjadi sentra bisnis dunia.

Seluruh warga NTT kompak menyambut para tamu delegasi KTT ASEAN dengan ramah dan ikut mensukseskan acara tersebut. Bupati Manggarai Barat, NTT, Edistasius Endi meminta masyarakat Labuan Bajo bersama-sama menyukseskan KTT ASEAN pada Mei 2023 nanti. Salah satunya, dengan berperilaku ramah, baik kepada wisatawan maupun tamu-tamu KTT ASEAN.

Bupati dan segenap warga Labuan Bajo siap menyambut para tamu delegasi KTT ASEAN 2023. Mereka senang karena berkat acara tersebut, Labuan Bajo makin dikenal oleh para pemimpin ASEAN. Jika delegasi datang ke NTT dan terpesona akan keindahannya, maka akan berencana untuk liburan nanti di tengah tahun atau akhir tahun. Bidang pariwisata di NTT akan naik lagi.

Bupati Manggarai Barat, NTT, Edistasius Endi meminta masyarakat Labuan Bajo bersama-sama menyukseskan KTT ASEAN pada Mei 2023 nanti. Sehingga perhelatan KTT ASEAN memberi dampak ekonomi bagi masyarakat setempat. Endi juga mengingatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan petani di ujung barat Flores untuk menghadirkan produk-produk berkualitas baik.

Dengan kedatangan para kepala negara dan rombongannya maka akan menguntungkan warga NTT. Mereka senang karena berkat acara tersebut, Labuan Bajo makin dikenal oleh para pemimpin ASEAN. Jika delegasi datang ke NTT dan terpesona akan keindahannya, maka akan berencana untuk liburan nanti di tengah tahun atau akhir tahun. Bidang pariwisata di NTT akan naik lagi.

KTT ASEAN karena sangat menguntungkan warga lokal, dan wilayah tersebut akan makin dikenal oleh warga Asia Tenggara dan seluruh dunia. Penyebabnya karena saat ada KTT ASEAN 2023 maka para jurnalis internasional akan datang meliput lalu mereka terpukau akan kecantikan alam Labuan Bajo.

Jika alam dan wisata Labuan Bajo ikut disorot oleh media internasional maka tempat tersebut akan menjadi lebih populer lalu diharap kunjungan turis asing juga akan naik. Mereka akan melancong ke sana karena menonton liputannya, baik di televisi maupun channel Youtube.

Saat wisata Labuan Bajo makin terkenal maka kunjungan turis asing akan meningkatkan pendapatan dari para pengusaha lokal di sana. Terutama bagi pengusaha hotel dan penginapan lain. Setelah 3 tahun pandemi dan bisnisnya sepi, saat KTT akan dipenuhi lagi okupansi hotelnya. Baik dari peserta KTT maupun wisatawan asing yang ingin berlibur dan menikmati kecantikan alam NTT.

Dengan adanya kedatangan kepala negara maka diharapkan Indonesia maupun pariwisata di Labuan Bajo akan semakin mendunia. Oleh karena itu masyarakat terus dihimbau untuk menyambut para kepala negara yang datang ke KTT ASEAN 2023, termasuk asisten dan rombongannya. Mereka menyadari pentingnya acara ini bagi masa depan Indonesia. Ketika ada banyak anggota Polri dan TNI yang berjaga maka dianggap sebagai sebuah kewajaran karena untuk pengamanan.

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda