TNI, BIN dan Polri Optimal Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo - Seputar Sumsel

Rabu, 03 Mei 2023

TNI, BIN dan Polri Optimal Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Manggarai Barat - TNI, BIN, serta Polri terus melakukan upaya optimal untuk mengamankan rangkaian event KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

TNI telah menyatakan bahwa pengamanan tamu VVIP pada KTT ASEAN 2023 akan sama seperti saat pelaksanaan KTT G20 di Bali tahun 2022 lalu. TNI sudah siap menjaga keamanan para tamu delegasi yang akan hadir dalam KTT ASEAN 2023 pada Mei di Labuan Bajo dan September di Jakarta.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., selaku Pangkogaspamwil VVIP, mengatakan agar semua personel yang tergabung dalam Satgas Pengamanan untuk memaksimalkan keamanan wilayah yang diberikan kepada para pejabat VVIP dan semua delegasi yang hadir dalam KTT ASEAN Summit ke 42 tahun 2023 di Labuan Bajo.

Hal tersebut dikatakan Pangdam, secara virtual, dalam rapat koordinasi Pengamanan VVIP KTT ASEAN ke-42.

“Diharapkan semua Pejabat yang telah ditunjuk dan terlibat dalam pengamanan kegiatan KTT ASEAN Summit ke 42, agar segera melaksanakan persiapan dan pengecekan peralatan dan personel, serta tempat kegiatan, sehingga nantinya tidak terjadi kesalahan sekecil apapun,” tegas Pangdam.

Pangdam juga menyampaikan bahwa  Kodam IX/Udayana sudah berpengalaman dalam pengamanan G20 yang telah sukses digelar di Provinsi Bali pada November 2022, sehingga dirinya berharap pada event ASEAN Summit nanti semuanya dapat berjalan dengan baik.

“Pengamanan dan evakuasi yang akan kita laksanakan nanti harus yang terbaik dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku, sebab suksesnya pengamanan KTT ASEAN Summit ke 42 ini merupakan kewajiban satuan tugas kewilayahan, sekaligus sebagai cermin bangsa Indonesia di mata dunia,” kata Pangdam.

Sementara itu, Badan Intelijen Negara (BIN) juga memastikan pengamanan kawasan-kawasan yang menjadi venue utama dan sekitarnya untuk penyelenggaraan KTT ASEAN ini. Selain itu, BIN juga turut mengantisipasi sejumlah ancaman teror dan gangguan lainnya, agar ASEAN Summit dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Pada kesempatan yang berbeda, Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho, juga menuturkan, pengamanan KTT ASEAN 2023 akan mempedomani kesuksesan pengamanan KTT G20 di Bali.

"Dipersiapkan dengan mempedomani success story pengamanan G20," ungkapnya kepada media.

Sebelumnya, Kapolri sudah menyampaikan amanat kepada jajarannya bahwa ada beberapa agenda nasional dan internasional yang membutuhkan pengamanan ekstra agar dapat berjalan aman, lancar dan terkendali.

Hal ini menunjukkan bahwa keamanan penyelenggaraan KTT ASEAN benar-bener dipersiapkan secara matang, TNI, BIN dan Polri terus bersinergi dan menunjukkan komitmennya untuk menjaga keamanan dari berbagai sektor selama perhelatan KTT ASEAN berlangsung. []

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda