Nilai Elektoral Ganjar Pranowo Menang di Banyak Survei - Seputar Sumsel

Rabu, 07 Juni 2023

Nilai Elektoral Ganjar Pranowo Menang di Banyak Survei

Oleh : Ananda Prameswari)*

Nilai elektoral milik Capres 2024 Ganjar Pranowo terus menjadi yang paling tinggi dan terus memuncaki klasemen pada banyak hasil lembaga survei. Hal itu menunjukkan bahwa sangat besar harapan dari masyarakat Indonesia kepada dirinya yang dinilai memang paling mampu untuk bisa melanjutkan segala program pembangunan Presiden Jokowi.

Angka elektabilitas yang dimiliki oleh Calon Presiden yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yakni Ganjar Pranowo terpantau terus mampu berada di puncak klasemen bahkan dalam berbagai macam hasil survei yang dilakukan oleh banyak sekali lembaga survei independen di Tanah Air.

Salah satunya adalah dalam hasil survei terbaru yang dirilis oleh lembaga riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang mengungkap bahwa bakal capres PDIP Ganjar Pranowo unggul di kalangan pemilih kritis, yaitu sebesar 37,9 persen. Dalam survei yang dilakukan pada 30-31 Mei 2023 itu juga menunjukkan bahwa tingkat kesukaan (likeability) terhadap Ganjar Pranowo mencapai 82 persen, tertinggi dibandingkan nama-nama lainnya.

Sebelumnya, lembaga Survei Charta Politika, yang mana menunjukkan bahwa nilai elektabilitas yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo tersebut mampu menjadi yang paling tinggi atau sebesar 34,6 persen. Dengan adanya hasil survei itu, kemudian disambut dengan rasa syukur oleh PDIP.

Terkait dengan bagaimana kuatnya hasil survei dari Ganjar Pranowo yang selama ini ditunjukkan oleh banyak lembaga survei, Sekretaris Jenderal (Sekjen) partai berlambang banteng dengan moncong putih tersebut, Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa ternyata bukan hanya nama capres yang mereka usung saja yang berhasil menempati posisi paling atas.

Melainkan, ternyata Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sendiri juga mampu meraih angka elektabilitas paling tinggi sebagai partai politik dalam hasil survei itu, sehingga jelas sekali membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat Indonesia masih sangat tinggi dengan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut.

Bagaimana tidak, memang sejauh ini Ganjar dan juga PDIP sendiri terus benar-benar memiliki prioritas utama, yakni terus meningkatkan dan menjalin komunikasi serta kerja nyata bahkan hingga di tingkat akar rumput di masyarakat secara langsung dan terjun langsung ke lapangan.

Prinsip untuk terus berupaya agar senantiasa dekat dengan masyarakat itu dipegang dengan sangat teguh oleh Gubernur Jawa Tengah itu, yang mana dirinya juga memang dikenal sebagai sosok pemimpin yang sangat merakyat, sangat ramah dan juga memiliki nilai ideologi yang tinggi untuk terus dijunjung dalam setiap sikapnya.

Meski memang sejauh ini, nama Ganjar Pranowo dan juga PDIP masih saja terus merajai pada banyak hasil survei yang dilakukan oleh banyak lembaga survei, namun Ketua Umum (Ketum) partai dengan bendera berwarna merah tersebut, yakni Megawati Soekarnoputri selalu mengingatkan kepada seluruh kadernya bahwa memang sangat penting untuk terus turun ke bawah dan mampu merasakan kemudian memberikan solusi terbaik kepada masyarakat secara langsung di lapangan.

Semenjak deklarasi yang dilakukan oleh Ketum Megawati, yakni bertepatan pada momentum Hari Kartini sebagai pendeklarasian nama Ganjar Pranowo dalam kontestasi politik dan pesta demokrasi Pemilu 2024 mendatang, dampaknya adalah secara langsung nilai elektoral yang dimiliki oleh pria yang identik dengan rambut putih tersebut langsung berhasil meroket.

Masyarakat menilai bahwa memang sosok Gubernur Jawa Tengah tersebut merupakan sosok figur yang dinilai paling mampu untuk bisa melanjutkan kepemimpinan dan banyak program pembangunan yang selama ini juga sudah dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi).

Kemudian dengan adanya hasil survei yang menunjukkan bahwa nama Ganjar Pranowo terus unggul pada banyak lembaga survei, menunjukkan bahwa memang kerja elektoral menjadi sangat penting untuk bisa ditopang oleh banyak hal secara bersamaan dan solid. Beberapa hal yang menjadi sangat penting adalah adanya dukungan pergerakan kekuatan yang terorganisir, yakni partai yang mampu menyatu dengan kekuatan rakyat, termasuk juga para relawan sehingga langsung bisa menciptakan sebuah kekuatan elektoral yang luar biasa.

Selanjutnya, dengan adanya momentum dukungan yang sangat positif dari seluruh masyarakat di Tanah Air tersebut, kemudian langsung dikelola dengan sangat baik oleh PDIP dengan terus mendorong seluruh jajaran dan kader partainya untuk secara bersama-sama turun ke bawah menuju ke semua elemen masyarakat dan relawan untuk bisa bergerak secara serentak dan mengisi pergerakan dengan narasi rakyat, yang pada dasarnya adalah terus melanjutkan dan mampu mempercepat apa yang selama ini sudah berhasil dicapai oleh Presiden Jokowi dengan perolehan tingkat kepuasan publik yang juga sangat tinggi.

Survei senada, yang menunjukkan nilai elektoral milik Ganjar Pranowo juga paling tinggi dan terus merajai di Jawa Timur dan Jawa Tengah ditunjukkan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang menunjukkan bahwa Ganjar unggul hingga 35,3% (persen) di Jatim, bahkan untuk di Jateng sendiri bahkan hingga lebih dari setengah masyarakat memilih dirinya, yakni pada angka 55,2% (persen).

Data menunjukkan bahwa memang Capres yang diusung oleh PDIP tersebut mampu terus menjadi yang paling unggul dan menjadi nama yang terus memuncaki klasemen pada berbagai macam hasil dari lembaga survei. Nilai elektoral yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo tersebut tentunya juga menunjukkan betapa masyarakat Indonesia sangat percaya kepadanya.

)* Penulis adalah Mahasiswa Papua tinggal di Gorontalo

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda