Pengusaha Muda di Sumatera Barat Apresiasi Program dan Dukung Penuh Ganjar Pranowo - Seputar Sumsel

Selasa, 19 September 2023

Pengusaha Muda di Sumatera Barat Apresiasi Program dan Dukung Penuh Ganjar Pranowo

Oleh :  Arifin Kurnia )*

Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo didukung oleh banyak pihak, termasuk para pengusaha muda di Sumatera Barat (Sumbar). Mereka mengapresiasi program yang diinisiasi oleh Ganjar karena membantu pebisnis UMKM. Ganjar dinilai peduli pada pengusaha kecil dan menengah serta memajukan dunia bisnis di Indonesia.

Pemilu 2024 sudah di depan mata dan sebentar lagi masa kampanye Capres. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah mengumumkan bahwa Capres pada pemilu mendatang adalah Ganjar Pranowo. Beliau dielu-elukan oleh banyak orang karena dinilai sangat cakap menjadi calon pemimpin Indonesia.

Ganjar Pranowo didukung oleh rakyat Indonesia termasuk para pengusaha muda di Sumatera Barat. Para pengusaha muda finalis Hetero for Startup (HFS) di Sumbar mengapresiasi program dan mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden RI. Program ini diinisiasi Ganjar untuk mendukung pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dalam sebuah kesempatan, Ganjar Pranowo menghadiri pertemuan dengan 35 finalis HFS season 3, salah satunya yakni Fajri finalis HFS dari Padang, Sumatera Barat. Fajri yang merupakan pengusaha berbasis pakaian bernama Hamka Indonesia itu merintis usahanya dari tahun 2019 dan telah memiliki pegawai sebanyak 70 orang, 90 persen dari mereka merupakan Ibu Rumah Tangga (IRT).

Fajri menyatakan bahwa HFS merupakan program yang bagus karena memberikan banyak ruang bagi pengusaha rintisan untuk mempelajarai berbagai hal, seperti fondasi, literasi keuangan, marketing, dan lain sebagainya. Para pengusaha juga belajar bersama mentor-mentor yang sangat luar biasa sehingga banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan.

Selain tempat berkumpulnya para pengusaha rintisan, HFS juga menghadirkan mentor ahli di bidangnya, bahkan mereka juga turut mendampingi para peserta dan berdiskusi tanpa mengenal waktu.

Fajri menambahkan, di dalam HFS para pengusaha berinteraksi, menambah networking, menambah ilmu apalagi sekarang UMKM dan wirausaha sangat digiatkan oleh pemerintah. Kalau bisa program HFS tak hanya ada di Jawa Tengah tapi bisa ada di seluruh Indonesia.

Dukungan dari para pengusaha di Sumatera Barat sangat berarti. Mereka yang berwirausaha membutuhkan support. Ganjar sebagai capres memiliki program HFS yang bisa meningkatkan kualitas para pebisnis sehingga mereka tak hanya lihai di bidang marketing, tetapi juga bisa mengatur keuangan dan punya kecakapan bisnis lain.

Ganjar Pranowo paham bahwa UMKM adalah tulang punggung perekonomian negara karena 90 persen pebisnis di Indonesia masih di level kecil dan menengah. Mendukung UMKM berarti mendorong perekonomian di negeri ini. Oleh karena itu program Ganjar diapresiasi oleh pengusaha Sumbar dan pebisnis UMKM di seluruh wilayah Indonesia.

Para pengusaha Sumatera Barat mendukung Ganjar Pranowo karena beliau peduli pada rakyat kecil. Ganjar memahami bahwa warga di sana suka berdagang sehingga memberikan support kepada masyarakat Sumbar melalui program untuk mendukung UMKM. Dengan mengikuti program ini maka usaha mereka akan maju sehingga tidak terpengaruh oleh efek pasca pandemi atau resesi global.

Sebelumnya, Ganjar sudah memiliki program untuk bantu UMKM bernama Lapak Ganjar. Ganjar Pranowo menyatakan bahwa Lapak Ganjar dibuat secara tidak sengaja. Saat ada pedagang kaki lima tidak bisa jualan, diusir Satpol PP. Kemudian ada anak muda yang menyampaikan bahwa follower beliau di Instagram sudah 5 juta, mengapa tidak bantu penjualan UMKM.

Kemudian Ganjar Pranowo membantu mewujudkannya dan membuat Lapak Ganjar yang merupakan ajang promosi online khusus untuk produk UMKM. Caranya, Ganjar mengiklankan produk yang telah mendaftar program Lapak Ganjar, melalui akun media sosial pribadinya. Ganjar mempromosikan produk tersebut secara gratis. Dengan cara ini maka pebisnis UMKM makin berkembang.

Sementara itu, sekitar 1.000 orang masyarakat desa di Sumatera Barat mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo maju sebagai calon Presiden RI tahun 2024. Deklarasi digelar di Green Talao Park, Ulakan Tapakis, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Tokoh masyarakat Sumbar Iswandi menyatakan bahwa masyarakat Sumatera Barat sangat antusias mendukung Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024. Masyarakat desa di Sumbar menilai Ganjar dengan sikap egaliternya lebih memahami mengenai desa dan kebutuhan masyarakat di dalamnya.

Pengalaman dan keberhasilan Ganjar Pranowo dalam birokrasi pemerintahan tak perlu diragukan lagi. Ganjar memimpin Provinsi Jawa Tengah selama dua periode. Selain itu, Ganjar juga pernah menjadi Anggota DPR RI dan ikut berperan meloloskan UU tentang Desa serta berbagai regulasi lain terkait perlindungan dan kesejahteraan desa.

Pengusaha muda di Sumatera Barat mendukung penuh Ganjar Pranowo sebagai capres di Pemilu 2024 mendatang. Menurut mereka Ganjar sangat pas jadi presiden selanjutnya karena peduli pada rakyat kecil dan memperhatikan pebisnis UMKM. Jika UMKM dibantu otomatis Indonesia akan maju karena UMKM adalah tulang punggung perekononomian negara.

)* Penulis adalah kontributor GERBANG (Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda