Side Event Youth Conference KTT AIS 2023 di Nusa Dua Bali, Hasilkan Kesepakatan Deklarasi Pemuda - Seputar Sumsel

Senin, 09 Oktober 2023

Side Event Youth Conference KTT AIS 2023 di Nusa Dua Bali, Hasilkan Kesepakatan Deklarasi Pemuda

Badung -  Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 didahului oleh empat rangkaian side events,  salah satunya yaitu AIS Youth Conference, yang berhasil merumuskan kesepakatan deklarasi berisi komitmen para pemuda negara-negara peserta AIS terhadap  upaya perlindungan ekosistem laut demi masa depan yang berkelanjutan.

Konferensi ini dilangsungkan di Hotel Mulia Nusa Dua, Bali, dan dihadiri oleh 26 perwakilan pemuda dari 25 negara AIS. Mengusung tema "Bridging the waves for the ocean future we want". Acara tersebut digelar dengan mengumpulkan para generasi muda untuk bersama-sama berdiskusi dan membahas keberlangsungan negara-negara pulau dan kepulauan demi masa depan yang berkelanjutan.

Perwakilan delegasi dari Indonesia, Anisa Noor mengatakan AIS Youth Conference layak mendapatkan apresiasi sebagai salah satu wadah menyampaikan aspirasi konkret anak muda di negara-negara pulau dan kepulauan.

“Acara ini sangat berarti karena semua orang mendapatkan peluang yang sama untuk berbicara. Kita bisa menyampaikan dan saling menyokong solusi yang merefleksikan negara masing – masing,” ujar Anisa Noor.

Deklarasi Pemuda berisi implementasi kerja sama para pemuda AIS, penyamaan visi terhadap empat fokus AIS Forum, dukungan terhadap kerja pemerintahan negara-negara AIS Forum dalam program-program kepemudaan yang mengusung kolaborasi untuk solusi berkelanjutan, dan komitmen dukungan terhadap program-program pemuda AIS  di masa mendatang.

Oleh karena itu AIS Youth Conference menjadi salah satu solusi praktis sebagai sarana edukasi bagi mayarakat maupun pemerintah dalam merumuskan solusi dari tantangan yang dihadapi masing – masing negara.

Anisa menambahkan Para pemuda yang hadir dalam AIS Youth Conference datang dari berbagai latar belakang, dengan ketertarikan pada berbagai isu yang juga menjadi fokus kerja AIS Forum.

“Dalam AIS Youth Conference, perwakilan pemuda yang menjadi peserta forum tersebut terbagi dalam beberapa kelompok FGD yang bertujuan untuk memperkuat misi dan  action plan mereka dalam mewujudkan masa depan berkelanjutan. Fokus-fokus tersebut adalah AIS Youth for Ocean-based Climate Action, AIS Youth for Sustainable Blue Entrepreneurship, AIS Youth for Marine Pollution Eradication, AIS Youth for Good Ocean Governance, dan AIS Promoting Meaningful Youth Engagement,” kata Anisa

Dalam KTT AIS Forum 2023, terdapat empat rangkaian side events, yaitu AIS Youth Conference, AIS Research & Development Conference, AIS Start-up Blue Business Summit dan AIS Blue Economy High Level Dialogue. Semua kegiatan side event KTT AIS Forum berlangsung pada 6-11 Oktober 2023 di The Mulia, Mulia Resort and Villas – Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Jodi Mahardi, mengatakan event tersebut merupakan bagian penting yang akan menyemarakkan KTT AIS Forum 2023 di Bali.

“Kegiatan ini akan menghubungkan industri dengan laut dan teknologi kelautan untuk mendorong pertukaran pengetahuan, jaringan dan peluang kemitraan. Oleh karena itu yang hadir dalam acara ini adalah perwakilan start-up, peneliti, investor, non-pemerintah dan lembaga masyarakat, dan pemerintah, ujar Jodi Mahardi.
***

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda