Sukses Gelar Rakernas, PDIP Luncurkan Sejumlah Program dan Siap Menangkan Ganjar di Pemilu 2024 - Seputar Sumsel

Minggu, 01 Oktober 2023

Sukses Gelar Rakernas, PDIP Luncurkan Sejumlah Program dan Siap Menangkan Ganjar di Pemilu 2024

Oleh : Rika Prasatya )*

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah sukses menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 29 September – 1 Oktober 2023. Acara tersebut dipenuhi semangat, visi, dan komitmen untuk membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Dalam penutupannya, telah diluncurkan sejumlah program, salah satunya program di bidang Pendidikan, terutama yang berkaitan dengan riset, inovasi, dan teknologi, yakni Megawati Fellowship.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menerangkan bahwa partai harus memelopori riset dan inovasi, mengimplementasikan seluruh konsepsi ideologisnya yang disempurnakan dalam visi teknis oleh presiden, teknokratisnya tetapi bagi partai akan menjadi sebuah gerakan. Selain itu, peluncuran program beasiswa ini menunjukkan PDIP tidak melulu berpikir politik praktis di saat masa-masa menjelang kontestasi Pemilu.

Selain meluncurkan program, Rakernas IV PDIP ditutup dengan membacakan rekomendasi dari rapat internal pada Sabtu, 30 September. Isinya, disebut Hasto, berkaitan dengan gerakan kedaulatan pangan yang menjadi tema kegiatan. Jadi gerakan kedaulatan pangan tertarik mengonsumsi makanan yang bisa diproduksi oleh petani. Itulah yang menjadi bagian dari keputusan-keputusan rekomendasi Rakernas.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP, Said Abdullah menuturkan, tema kedaulatan pangan Rakernas IV PDIP untuk memastikan anggaran pupuk dan segala macamnya bisa dijangkau apabila Ganjar terpilih menjadi Presiden RI. Menurutnya, PDIP ingin petani dan nelayan harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Said juga menyebutkan jika pihaknya bakal memuliakan petani, hingga nelayan pada kepemimpinan Ganjar mendatang.

Di samping itu, Said Abdullah berpandangan, jika Presiden Joko Widodo perlu mengajak seluruh stakeholder partai untuk bekerja keras, melakukan kerja politik nyata untuk menjalankan agenda kedaulatan dan kemandirian pangan.

Lebih lanjut, Said menjelaskan bahwa penutupan Rakernas ke IV PDIP sebagai final dari bentuk kesiapan bakal Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo memenangkan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Untuk itu, seluruh kader wajib memenangkan Ganjar Pranowo sebagai bakal Capres 2024. Ia menegaskan bahwa sesuai arahan Ketua Umum PDIP, mau tidak mau, suka tidak suka, maka keputusan final adalah Ganjar akan memenangkan Pilpres 2024 yang akan datang. Hanya Ganjar dan Ganjar Presiden 2024.

Kegiatan yang mengambil tema 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia' ini ditutup oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Presiden RI ke-5 tersebut menyebut pangan bisa jadi supremasi Indonesia di dunia internasional. Menurut dia, para kader PDIP harus bersama-sama mewujudkan kedaulatan pangan dan Indonesia mesti berdaulat pangan agar berdiri di atas kaki sendiri serta bisa melewati ancaman krisis pangan global. Para kader PDIP bersatu untuk mewujudkan visi ini, karena PDIP yakin bahwa dengan kedaulatan pangan, Indonesia akan menjadi negara yang kuat dan mandiri secara ekonomi.

Pada kesempatan tersebut Megawati juga menegaskan kembali bahwa seluruh kader PDIP harus menjadi juru kampanye untuk Ganjar Pranowo sebagai Capres dan memenangkan PDIP pada Pemilu 2024. Para kader harus menjadikan PDIP partai pemenang Pemilu 2024 dengan merangkul seluruh rakyat Indonesia. PDIP memiliki keyakinan kuat bahwa Ganjar adalah pemimpin yang mampu membawa perubahan positif bagi Indonesia. Dengan dukungan penuh dari seluruh kader PDIP, diharapkan bisa memenangkan Ganjar Pranowo dalam satu putaran dengan 54% suara pada Pilpres 2024.

Senada, dalam pidato Capres PDIP Ganjar Pranowo sebelumnya, ditegaskan bahwa kedaulatan pangan adalah kunci untuk kemakmuran rakyat. Dengan tekad kuat untuk mencapai swasembada pangan, Indonesia dapat berdiri dengan kokoh di atas kakinya sendiri.

Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa kedaulatan pangan bukan hanya sekadar slogan, tetapi sebuah komitmen nyata yang harus diwujudkan oleh seluruh kader PDIP. Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor pertanian dan perikanan, dan dengan dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat, kita dapat mencapai swasembada pangan dalam waktu dekat.

Namun, untuk mencapai kedaulatan pangan, kita semua perlu bersatu. Ganjar Pranowo mengajak seluruh kader PDIP untuk bekerja keras dan bersinergi dalam mewujudkan swasembada pangan. Gotong royong dan upaya bersama adalah kunci keberhasilan dalam mengatasi tantangan dalam sektor pangan. PDIP dapat menjadi penggerak utama dalam mendorong perubahan positif dalam sektor ini.

Agenda memperkuat kedaulatan dan kemandirian pangan telah ditabuhkan oleh ketiga tokoh sentral PDIP, yakni Megawati, Jokowi dan Ganjar. Inilah yang akan dijadikan sebagai gerakan semesta bersama rakyat sebagai gerakan politik yang menyelesaikan persoalan.

Salah satu tujuan besar Rakernas IV adalah menjadikan PDIP sebagai partai pemenang dalam Pemilu 2024. Mereka tidak hanya mengincar kemenangan di tingkat presiden, tetapi juga di tingkat legislatif. PDIP berkomitmen untuk merangkul seluruh rakyat Indonesia, menggandeng dukungan dari berbagai lapisan masyarakat untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, pelaksanaan Rakernas ini semakin menunjukkan keberpihakan bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo terhadap petani dan nelayan. Ini adalah momen penting bagi PDIP untuk menunjukkan bahwa mereka adalah partai pemenang yang selalu berada di sisi rakyat Indonesia.

)* Penulis adalah Kontributor Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda