Kalangan Santri di Sumatera Barat Konsisten Dukung Ganjar-Mahfud - Seputar Sumsel

Kamis, 16 November 2023

Kalangan Santri di Sumatera Barat Konsisten Dukung Ganjar-Mahfud

Oleh : Abdul Aziz )*

Santri mantan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini mendeklarasikan dukungan penuh untuk pasangan Ganjar-Mahfud. Sementara itu, para sukarelawan di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus bergerak untuk membantu peningkatan mutu di Pondok Pesantren (Ponpes).

Perwakilan alumni Pondok Pesantren (Ponpes) yang menamakan diri mereka sebagai ‘Santri Spartan’ secara resmi telah mendeklaraskan dukungan kepada pasangan duet Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Republik Indonesia yang diusung oleh koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) pada pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

Sebagai informasi, bahwa Relawan Santri Spartan itu sendiri merupakan bekas pendukung Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019 silam. Namun saat ini, Ketua Santri Spartan, Gus Afthon Lubbi Nuriz menegaskan bahwa secara keseluruhan 100 persen pihaknya memberikan dukungan hanya kepada pasangan pemimpin yang menurut mereka sesuai dengan nilai-nilai yang diusungnya.

Beberapa nilai-nilai yang diusung yakni nilai kebangsaan dan nasionalisme, yang mana seluruhnya memang dimiliki oleh pasangan duet Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Maka dari itu, lantaran memiliki seluruh nilai tersebut, maka menjadi alasan yang sangat kuat dari para santri itu memberikan dukungan penuh dan siap mengawal kemenangan pasangan Ganjar-Mahfud.

Bukan hanya itu saja, dalam menghadapi Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang, sudah sangat jelas pasangan calon (Paslon) yang memiliki nomor urut 3 tersebut selama ini dengan sangat konsisten akan mampu mewujudkan hal tersebut menjadi kenyataan.

Para santri sangat meyakini bahwa dibawah kepemimpinan Ganjar-Mahfud, maka jelas akan semakin memajukan bangsa Indonesia. Bukan hanya sekedar maju saja, melainkan juga bisa mewujudkan Indonesia unggul. Mereka semua pun meyakini bahwa pasangan duet itu akan bisa meningkatkan kesejahteraan dari rakyat dengan lebih adil, sehingga tidak akan terjadi lagi peristiwa orang yang kaya menjadi semakin kaya, namun akan ada pemerataan keadilan bagi seluruh rakyat di Indonesia.

Sementara disisi lain, dukungan dari kalangan santri juga terus mengalir sangat deras kepada pasangan tersebut. Hal itu ditunjukkan dengan adanya pergerakan dari para relawan yang tergabung ke dalam Santri Dukung Ganjar (SDG), yang mana mereka terus membantu peningkatan mutu pesantren dengan memberikan bantuan berupa material untuk pembangunan ruang kelas di Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Kahfi di Jorong Durian Kuning, Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Koordinator Wilayah (Korwil) SDG Sumbar, Fikri Haldi dalam keterangannya mengatakan bahwa pembangunan ruang kelas itu bertuan agar para santri mampu semakin berkonsentrasi tatkala mengikuti kegiatan belajar dan mengajar di ruangan yang baru mereka miliki. Tentu saja, sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo itu juga berharap bahwa dengan adanya bantuan yang mereka berikan itu dapat semakin meningkatkan mutu pendidikan dan juga mampu bersumbangsih dalam mencetak lulusan santri yang unggul dan berkompeten di Indonesia.

Adanya kegiatan yang diinisiasi oleh para santri pendukung pasangan Ganjar-Mahfud itu kemudian mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari santri hingga pimpinan Ponpes setempat. Mengenai hal tersebut, Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Kahfi, Abdul Farid Tuangku Imam mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para sukarelawan SDG Sumbar karena telah mengunjungi ponpesnya dan memberikan bantuan material untuk pembangunan. Dia menilai bahwa pasangan duet nomor urut 3 itu juga merupakan sosok tokoh bangsa yang memiliki kedekatan tersendiri dengan kalangan para santri hingga Pondok Pesantren.

Sebagai informasi, memang pondok pesantren di Tanah Air dan juga jutaan santri mampu memiliki peran yang jauh lebih dalam lagi untuk ikut andil dalam pembangunan bangsa. Melihat adanya potensi yang sangat luar biasa tersebut, Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi menilai bahwa keberadaan dari para santri sendiri harus mampu terus dioptimalkan.

Menurutnya, keberpihakan dari pasangan Capres dan Cawapres, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD terhadap dunia pesantren memang begitu besar. Pasalnya, hal tersebut sudah sangat jelas karena telah termaktub ke dalam visi dan misi yang mereka usung, yakni semakin memaksimalkan dunia pesantren dan para santri.

Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan pondok pesantren dan juga para santri sendiri merupakan aset yang sangat penting bagi bangsa ini. penegasan akan bagaimana komitmen sangat kuat yang dimiliki oleh pasangan Ganjar-Mahfud sendiri juga diperlihatkan dari bagaimana mereka yang sering melakukan silaturahim ke berbagai pondok pesantren di seluruh Indonesia.

Maka dari itu, menjadi tidak mengherankan mengapa para santri, kyai, ulama hingga para tokoh agama terus memberikan dukungan penuh kepada pasangan duet Ganjar-Mahfud. Bahkan juga sampai diiringi dengan gerak yang begitu masif dari para santri di Sumbar dengan cara terjun langsung ke masyarakat demi menyosialisasikan pasangan tersebut sembari mengadakan banyak kegiatan yang memiliki dampak positif dan nyata bagi rakyat.

)* Penulis adalah kontributor Forum Literasi Bukittinggi

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda