Jadi Jagoan Generasi Muda, Ganjar-Mahfud Diyakini Mampu Wujudkan Indonesia Makmur dan Sejahtera - Seputar Sumsel

Rabu, 18 Oktober 2023

Jadi Jagoan Generasi Muda, Ganjar-Mahfud Diyakini Mampu Wujudkan Indonesia Makmur dan Sejahtera


)* Oleh : Tommy Febriyan


Ratusan anak muda yang didominasi generasi milenial dan Gen Z menggelar deklarasi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai bakal pasangan Capres-Cawapres di Museum Arsip Nasional, Jakarta, Rabu (18/10/2023) malam. Hadir tokoh-tokoh pemenangan nasional seperti Arsjad Rasjid, Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Andika Prakasa, Angelina Tanoesoedibjo, Tuan Guru Bajang dan jajaran lainnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh para relawan dan simpatisan pendukung Ganjar Pranowo dan Mahufd MD. Para relawan juga kompak mengenakan seragam berwarna putih dan aksesoris pin berwarna merah yang terdapat tulisan Deklarasi Capres Cawapres 2024-2029.

Saat memasuki panggung, ratusan anak muda langsung menghampiri keduanya dan minta berswafoto. Ganjar dan Mahfud pun menyapa satu per satu pendukung mereka yang sudah hadir di lokasi deklarasi.

Ketua TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Arsjad Rasjid, mengatakan dengan lengkapnya duet jagoan koalisi PDI Perjuangan maka perjuangan baru saja dimulai. Arsjad menilai terpilihannya Mahfud merupakan pelengkap dari Ganjar. Mahfud adalah figur yang berpengalaman dan punya rekam jejak lengkap di berbagai lembaga negara. Selain itu, Mahfud juga dikenal figur yang jujur.

Duet pasangan ini dinilai akan memberikan semangat dan harapan baru bagi penegakan hukum yang objektif. Kedua tokoh tersebut juga meyakini generasi muda Indonesia adalah kunci keberhasilan mewujudkan Indonesia yang makmur Indonesia yang adil, dan Indonesia yang sejahtera.

Di sisi lain, Ganjar bagi Arsjad adalah sosok yang mampu menciptakan kedaulatan pangan, juga ekonomi secara luas. Hal inilah yang diperlukan untuk mewujudkan Indonesia unggul. Ganjar juga memiliki ketulusan hati visi yang mulia dan tekad yang kuat untuk mewujudkan Indonesia unggul dan berdaulat, bukan hanya wilayah tapi juga pangan tapi juga ekonomi serta penegakan hukum.

Arsjadpun mengajak pendukung Ganjar Pranowo - Mahfud MD berjalan kaki bersama dari Tugu Proklamasi menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Kamis, 19 Oktober 2023. Usai mengantar Ganjar-Mahfud yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Partai Perindo, dan Hanura, dia berharap masyarakat terus mendukung pasangan calon ini demi memperjuangkan aspirasi bersama. 

Masih dalam acara deklarasi, Bacawapres Mahfud MD mengatakan, pemilih muda saat ini jumlahnya besar. Wajah Indonesia 5 tahun kedepan ditentukan oleh anak muda. Semangat anak muda selalu berani melakukan sesuatu. Untuk menjadi pendamping Ganjar, di era digital ini anak muda punya kiprah. Indonesia menuju Indonesia Emas di tahun 2045. Menurutnya, persoalan saat ini adalah lemahnya penegakan hukum, jika di Indonesia bisa dilakukan dengan baik dan benar, infrastruktur akan bagus dan lain sebagainya.

Iapun meminta  anak muda memanfaatkan kelebihan yang mereka miliki untuk ikut membangun Indonesia. Mahfud menyebut Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 adalah pemilunya anak muda. Dia mengutip data Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menyebutkan bahwa 62 persen suara pada Pemilu 2024 akan berasal dari kalangan generasi muda. Oleh karena itu, dia menilai Indonesia lima tahun ke depan, akan diisi oleh anak muda.

Kendati demikian, Mahfud menyatakan bahwa sebutan muda tidak hanya diukur dari usia, tetapi dari pemikiran, cara pandang, gaya, dan perspektif dalam melihat sesuatu. Menurut Mahfud, cita-cita Indonesia emas pada 2045 sudah tergambarkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 alinea kedua yang berbunyi, "Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur."

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, telah membeberkan alasannya ketika memutuskan memilih Mahfud MD sebagai bacawapres. Melalui pidatonya, Megawati mengatakan Mahfud MD bukanlah sosok asing baginya karena keduanya pernah bekerja sama di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Megawati lantas menyebut Mahfud MD sebagai paket lengkap karena memiliki pengalaman di legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Ia juga memuji Mahfud karena dikenal rakyat sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik. Di mata Megawati, Mahfud MD adalah sosok yang pantas dan mumpuni jadi Cawapres Ganjar.

Dalam event tersebut, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tampil kompak dengan busana serba putih ketika datang ke Gedung Arsip Nasional yang dipilih sebagai tempat deklarasi. Begitu tiba di lokasi, para relawan dan pendukung kedua pasangan yang sudah memadati tempat acara pun menyambut dengan antusias.

Meski sama-sama memilih busana putih, namun Ganjar memakai jenis atasan kemeja tanpa kerah yang menutup hingga bagian leher. Sementara Mahfud yang kini masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan memakai kemeja putih berkerah.

Diketahui sebelumnya, Gedung Arsip Nasional RI menjadi lokasi deklarasi Bacapres Ganjar Pranowo dan Bacawapres Mahfud MD. Pemilihan gedung ini pun menarik karena dalam sejarahnya museum Arsip Nasional sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda.

Dalam kesempatan berbeda, Ketua Majelis Pertimbangan PPP, Romahurmuziy menilai Mahfud MD memiliki pengalaman yang lengkap serta sebagai politikus trias politika atau yang pernah menduduki jabatan di eksekutif, legislatif dan yudikatif. Di samping itu, Rommy menyebutkan bahwa Mahfud MD merupakan sosok yang religius dan sudah malang melintang di dunia politik.

Besarnya dukungan terhadap Ganjar Pranowo-Mahfud MD dari kalangan generasi muda menandakan bahwa kedua tokoh tersebut diyakini mampu membawa pemuda Indonesia menjadi lebih maju dan unggul. Kepedulian pasangan Capres-Cawapres ini terhadap para pemuda akan mampu membuka mata generasi muda bahwa Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang mampu memajukan generasi muda dan bangsa.


)* Penulis adalah Pengamat Masalah Sosial Politik



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda