Presiden Ajak Negara Anggota ASEAN Bekerja Sama - Seputar Sumsel

Rabu, 10 Mei 2023

Presiden Ajak Negara Anggota ASEAN Bekerja Sama

Labuan Bajo - Presiden Joko Widodo membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo. Sejumlah menteri terlihat turut mendampingi Presiden dalam pertemuan yang dihadiri oleh pimpinan negara ASEAN dan tamu undangan di KTT ASEAN tersebut.

"Dengan ini saya menyatakan bahwa KTT Asean ke-42 resmi dibuka," katanya di Hotel Meruorah, Labuan Bajo Rabu (10/5/2023).

Saat membuka pertemuan, Presiden menyapa dan memberikan sambutan hangat kepada para anggota ASEAN yang hadir termasuk Timor Leste. Semua perwakilan negara ASEAN hadir kecuali perwakilan dari Thailand karena menjelang pemilu di negaranya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara dinamika global yang menurutnya semakin tidak terprediksi saat ini. Dia lantas mengajak negara-negara ASEAN untuk tidak tinggal diam menghadapi tantangan global tersebut.

"Para pemimpin ASEAN yang saya hormati saat ini ekonomi global belum sepenuhnya pulih, rivalitas semakin tajam, dinamika dunia semakin tidak terprediksi, dan yang menjadi pertanyaan apakah ASEAN hanya akan menjadi penonton, apakah ASEAN hanya akan diam, serta apakah ASEAN mampu menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan," kata Jokowi.

Jokowi yakin bahwa ASEAN mampu dalam menghadapi beerbagai rintangan global dengan persatuan yang terjalin dalam KTT ASEAN ini.

"Saya yakin kita semuanya percaya ASEAN bisa, asalkan satu kuncinya persatuan, dengan persatuan ASEAN akan mampu menjadi pemain sentral dalam membawa perdamaian dan pertumbuhan," ujarnya.

"Kita punya aset kuat sebagai epicentrum of growth, ekonomi yang tumbuh jauh di atas rerata dunia, bonus demografi dan kestabilan kawasan yang terjaga," tambahnya.

Sebagai penutup, Presiden meminta negara anggota ASEAN untuk bekerja sama, bertanggung jawab, serta menunjukkan jiwa kepemimpinan yang menjadi tema KTT ASEAN tahun ini ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

"Sehingga ke depan ASEAN harus semakin memperkuat integrasi ekonominya, mempererat kerjasama inklusif termasuk implementasi aset dan memperkokoh arsitektur kesehatan pangan, energi, dan stabilitas keuangan, mari bekerja keras menjadikan ASEAN matters epicentrum of growth dan dengan ini saya nyatakan KTT ke-42 ASEAN dibuka," lanjut Jokowi.

Deiketahui, Selain pembukaan KTT ASEAN yang dilakukan pada tanggal 10 Mei 2023 ada banyak pertemuan baik pada tingkat pemimpin (Leaders) maupun tingkat Menteri.

Pada tanggal 9 Mei Terdapat tiga pertemuan lainnya yaitu, Pertemuan ASEAN Ministerial Meeting (AMM) yang membahas pembangunan komunitas ASEAN, tindak lanjut review dari kesepakatan Leaders mengenai implementasi five point consensus (5PC), dan kerja sama dengan mitra.

Selanjutnya, Pertemuan ASEAN Political Security Community (APSC) ke-25 terkait pilar politik keamanan yang khusus untuk Indonesia, akan di co-chair oleh Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menlu Retno, sementara untuk ASEAN lainnya pesertanya adalah Menlu.

Dan, Pertemuan ASEAN Coordinating Council (ACC) ke-33 membahas mengenai penguatan kapasitas ASEAN, peta jalan Timor-Leste dan lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda