BIN Salurkan Bantuan dari IDC 83 untuk Korban Gempa Cianjur - Seputar Sumsel

Sabtu, 26 November 2022

BIN Salurkan Bantuan dari IDC 83 untuk Korban Gempa Cianjur



Badan Intelijen Negara (BIN) membantu penyaluran bantuan untuk korban gempa Cianjur. Tidak hanya mendirikan Posko, BIN juga menyalurkan bantuan dari berbagai pihak yang diserahkan secara langsung di Posko. Pada kesempatan ini, BIN juga menyalurkan bantuan dari Paguyuban Istri Divia Cita (IDC) 83, yang dikoordinir oleh Ibu Susilowati Budi Gunawan.


Inspektur Utama BIN, Eman Sungkowo menyatakan pihaknya membantu penyaluran bantuan dari IDC 83 untuk warga di Kampung Gunung Lanjung. Bantuan tersebut bermacam-macam yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat

 

"Kami memberikan bantuan berupa sembako, pampers untuk anak-anak, susu, dan lain-lain" ujar Eman, Sabtu (26/11). 


Jumlah pengungsi di Kampung Gunung Lanjung 1, RT 1/RW 6 tergolong banyak yakni sekitar 500 jiwa, 80 orang diantaranya adalah Balita. Diharapkan bantuan-bantuan tersebut bisa digunakan dengan baik oleh warga yang mengungsi, terutama pampers untuk anak-anak.


"Harapannya, kedepan masyarakat dapat terbantu dengan bantuan ini" terang Eman. 


Tidak hanya pemberian bantuan kemanusiaan bagi pengungsi, BIN juga membawa Tim Medical Intelligence (MI) untuk melayani kesehatan warga di lokasi pengungsian. Kehadiran Tim MI bertujuan agar warga di pengungsian bisa berkonsultasi masalah kesehatan dan memperoleh akses pengobatan. 


"Semua ini merupakan instruksi dan arahan dari Kepala BIN Prof. Dr. Budi Gunawan dan dikendalikan oleh Kabinda Jabar Brigjen Ruddy," jelas Eman.


Sebelumnya, Deputi VII BIN Prabawa Ajie mengatakan bantuan dari IDC 83 yang diangkut dua truk sangat bermanfaat bagi masyarakat. 


“Bantuan dari IDC 83 ini sangat membantu Tim Kemanusiaan BIN dalam memenuhi kebutuhan para pengungsi yang kita tampung di sini maupun di desa-desa terdampak sekitar" ujar Ajie. 


Ditambahkannya, BIN bersama IDC 83 berkomitmen untuk terus meringankan beban para korban terdampak gempa bumi di Cianjur. Salah satunya melalui pemberian bantuan logistik, obat-obatan, layanan kesehatan, dan lain-lain.


Posko BIN di Desa Cijedil, Kec. Cugenang memiliki 5 tenda pengungsi berkapasitas besar dan 6 tenda posko layanan kesehatan. Sementara, total jumlah pengungsi hingga saat ini di Posko BIN mencapai lebih dari 300 jiwa dan bisa terus bertambah.


*

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda