Kunjungi PT. GNI, Wamenaker Beri Sejumlah Masukan Kepada Pihak Manajemen - Seputar Sumsel

Jumat, 20 Januari 2023

Kunjungi PT. GNI, Wamenaker Beri Sejumlah Masukan Kepada Pihak Manajemen

Morowali Utara - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor mengunjungi PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Pada Kamis (19/1).
 
Kunjungan tersebut merupakan perintah dari Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah agar Wamenaker turun langsung meninjau kondisi di PT. GNI pasca insiden bentrok yang menelan korban jiwa.
 
Dalam kegiatannya, Wamenaker Afriansyah Noor membeberkan sejumlah poin penting terkait kerusuhan yang terjadi pada Sabtu malam, (14/1).
 
Afriansyah menjelaskan bahwa hubungan antara pihak manajemen perusahaan PT.GNI dengan serikat pekerja tidak berjalan dengan baik, meski demikian, demonstrasi yang dilakukan oleh serikat pekerja PT. GNI didasarkan atas K3 (Keselamanatan, Kesehatan, dan Keamanan Kerja).
 
"Berdasarkan penjelasan tadi saya melihat bahwa hubungan antara pihak perusahaan PT. GNI dengan serikat pekerja, tidak berjalan dengan baik, bagaimanapun alasannya tetapi pintu masuknya adalah terkait K3," kata Wamenaker Afriansyah
 
Selain itu, Afriansyah Noor juga berpesan kepada pihak perusahaan PT. GNI agar tidak menutup diri dengan lingkungan terutama pada aspirasi dari karyawan. Ia juga meminta PT. GNI agar menyiapkan fasilitas umum.
 
Dalam pertemuannya ke PT. GNI, Afriansyah juga menyarankan kepada pihak perusahaan PT. GNI agar menjalin hubungan kerja bipartit dan tripartit kepada serikat pekerja PT. GNI untuk bisa menyelesaikan masalah yang ada dalam operasional PT. GNI.
 
Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor juga mengatakan bahwa investasi terhadap perusahaan China masih terbuka luas dan berharap bahwa investasi yang dibangun oleh perusahaan PT. GNI dapat memberikan kebermanfaatan bagi bangsa dan negara Indonesia.
 
“Mudah mudahan investasi yang di bangun oleh pihak perusahaan dari China dijadikan investasi yang berguna untuk Bangsa dan Negara Indonesia,” ujar Wamenaker Afriansyah Noor.
 
Sementara itu, Dalam kunjungan ke PT. GNI, Wamenaker didampingi oleh Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi. Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak keamanan TNI-Polri yang dalam menciptakan situasi kondusif pasca insiden bentrok di PT. GNI.
 
“Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara, mengucapkan terima kasih atas respon cepat dari pihak keamanan TNI Polri atas pastisipasinya dalam menciptakan suasana keamanan ditempat ini,” ucap Delis.

***

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda