Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Siap Mendukung Pembangunan IKN Nusantara - Seputar Sumsel

Senin, 24 April 2023

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Siap Mendukung Pembangunan IKN Nusantara

Oleh : Naufal Putra Bratajaya )*

Pembangunan IKN (Ibu Kota Negara) didukung oleh berbagai pihak, termasuk pengelola Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan. Sebagai bandara utama menuju IKN, maka pengelola mempercantik agar mampu menyambut para penumpang yang akan datang ke Nusantara. Pengelola Bandara mendukung IKN karena akan berdampak positif pada bidang pariwisata dan ekonomi.

Ketika ibu kota akan dipindah dari DKI Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dan persiapannya terus dimatangkan. Pembangunan ibu kota negara wajib sesempurna mungkin karena akan merepresentasikan wajah Indonesia. Nantinya IKN akan dinamakan ‘Nusantara’ dan menjadi kota yang ultra modern yang dinamis.

Pembangunan IKN Nusantara didukung penuh oleh pengelola Bandara SAMS (Sultan Aji Muhammad Sulaiman). Ahmad Syaugi Shahab, General Manager PT AP1 Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, mengatakan sudah banyak program yang dilaksanakan PT. Angkasa Pura 1 Bandara SAMS dalam menghadapi pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kaltim.

Ahmad Syaugi Shahab melanjutkan, Bandara SAMS Sepinggan harus siap mendukung IKN dan melayani secara optimal setiap tamu kenegaraan yang datang ke Kaltim dalam rangka IKN. Dalam rangka mendukung IKN, kami telah menyusun beberapa program, antara lain perpanjangan runway bandara yang masih berproses. Kemudian program perbaikan di sisi terminal dan perbaikan chiller air conditioner.

Komunikasi telah dilakukan dengan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono agar Otorita bisa menyediakan stand atau maket yang menggambarkan IKN atau Titik Nol IKN di areal Bandara SAMS Sepinggan. Tujuannya agar pengunjung bisa mengetahui gambaran IKN dan berfoto meski tidak secara langsung bisa mengunjungi IKN.

Dukungan dari pengelola Bandara SAMS Sepinggan sangat berarti karena akses masuk ke IKN Nusantara akan makin mudah. Jika ada pengunjung IKN maka otomatis mereka terbang ke Balikpapan, baru melanjutkan dengan perjalanan darat ke Nusantara. Bandara yang dilengkapi fasilitasnya akan mampu menampung para penumpang dan membuat mereka makin betah mengunjungi Kalimantan Timur.

Pembangunan IKN akan berdampak positif pada bidang pariwisata dan ekonomi, oleh karena itu pengelola Bandara SAMS mendukung penuh. Rika Danakusuma, General Manager Bandara SAMS Sepinggan, menyatakan bahwa pihaknya turut menyambut positif rencana pemerintah membangun IKN di Kaltim.

Apalagi momen pembangunan semakin terasa setelah Presiden Joko Widodo mengundang seluruh gubernur untuk berkumpul di IKN, Senin 14 Maret 2023. Ada 33 gubernur datang melalui Bandara SAMS Sepinggan. Rika menjadi salah satu orang yang sibuk menyambut tamu dari berbagai daerah tersebut.

Rika melanjutkan, kalau dari sisi kapasitas, Bandara SAMS Sepinggan sudah siap karena memiliki kapasitas hingga 10 juta. Sementara penumpang yang ada saat ini masih sekitar 5 juta. Sementara untuk fasilitas lain, pihaknya selaku pengelola bandara akan sembari berbenah dan maintenance fasilitas yang ada.

Setelah ada aktivitas pembangunan IKN, semakin banyak orang yang akan berlalu lalang masuk ke Kaltim. Apalagi Bandara SAMS Sepinggan bakal jadi main airport. IKN akan membuka lembaran baru bagi Kaltim.

Perbaikan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sangat bagus karena akan mendukung dunia pariwisata di Kalimantan Timur. Balikpapan menjadi tempat transit sebelum pekerja dan pengunjung IKN datang ke Penajam Paser Utara. Setelah istirahat sejenak, mereka mengunjungi berbagai tempat wisata di Balikpapan.

Ishak Nurdin, Ketua Pokdarwis Desa Teritip Kota Balikpapan, menyatakan bahwa selaku pegiat wisata di Kota Balikpapan bersyukur dan sangat mendukung dengan pemindahan IKN ke Kaltim. Penyebabnya karena akan berdampak positif di bidang pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Ishak menambahkan, dengan adanya IKN di Kalimantan Timur, pengunjung di obyek wisata di Desa Teritip Balikpapan sudah cukup meningkat, yang tadinya hanya 300 orang satu bulan, sekarang sudah sampai 1.000 orang.  Peningkatan kunjungan wisata tersebut terlihat sekitar 90% dari data yang ada.

Dalam artian, kepindahan IKN dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur tak hanya berdampak positif bagi warga di Penajam Paser Utara, tetapi juga di Balikpapan. Penyebabnya karena ada kenaikan kunjungan wisatawan dan menguntungkan para pebisnis, baik yang memiiliki hotel, motel, taman hiburan, sampai pengusaha di bidang makanan. Usahanya akan makin ramai berkat pembangunan IKN Nusantara.

Dengan dukungan dari berbagai pihak maka masyarakat optimis pembangunan IKN akan berjalan dengan lancar. Semua pihak mulai dari pengelola bandara sampai pelaku usaha mendukung IKN karena akan membawa dampak positif bagi bidang ekonomi, pariwisata, dll.

Ketika pengelola Bandara SAMS Sepinggan,  Balikpapan, mendukung IKN Nusantara, maka amat bagus. Penyebabnya karena bandara ini menjadi pintu masuk pengunjung yang datang dari luar Kalimantan atau daerah lain, lalu melanjutkan perjalanan ke IKN Nusantara. Dukungan sangat berarti karena akan memperlancar rencana pemerintah dalam membangun IKN Nusantara sampai bertahun-tahun ke depan.

)* Penulis adalah kontributor pada Lembaga Inti Media

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda