Dinilai Menjadi Harapan Rakyat, Megawati Resmi Pilih Ganjar Pranowo Sebagai Capres PDIP - Seputar Sumsel

Jumat, 21 April 2023

Dinilai Menjadi Harapan Rakyat, Megawati Resmi Pilih Ganjar Pranowo Sebagai Capres PDIP

Bogor – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri secara resmi telah memutuskan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024.

Proses pengesahan Ganjar Pranowo tersebut disampaikan langsung Ketum PDIP Megawati di Istana Batu Tulis, Bogor, Jumat (21/4).

“Pada jam 13.45 WIB dengan mengucap bismillah, menetapkan Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai, ditingkatkan tugasnya sebagai calon presiden," ujar Megawati.

Ketum PDIP itu mengungkapkan bahwa keputusan ini telah melalui berbagai kontemplasi dan dialog dengan sejumlah petinggi partai, tokoh partai, dan termasuk Presiden Joko Widodo.

Keputusan ini, imbuh Ketum PDIP, dinilai merupakan bagian dari harapan rakyat yang telah disampaikan kepadanya.

“Setelah selama ini memikirkan dan melihat apa yang menjadi harapan rakyat, maka pada Hari Kartini ini, saya menetapkan saudara Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai Capres dari PDI-P.” kata Ketum PDIP Megawati.

Tidak hanya itu, Ketum PDIP memberikan mandat kepada Ananda Prabowo selaku Kepala Situation Room di PDIP untuk melakukan monitoring terhadap kondisi politik nasional, termasuk konsolidasi partai dan pemenangan Pemilu 2024.

Selain itu, Ketum PDIP Megawati juga memberikan instruksi kepada Puan Maharani untuk membentuk tim pemenangan presiden dan legislatif Pemilu 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden RI Joko Widodo menilai bahwa Ganjar Pranowo merupakan sosok yang dekat dengan rakyat dan sering turun ke bawah. Dirinya pun berharap pemimpin selanjutnya harus terus melanjutkan visi bangsa.

“Pemimpin ke depannya harus terus melanjutkan visi bangsa dan program unggulan yang telah dicanangkan, ideologi negara Pancasila, persatuan dan kesatuan serta toleransi dan kebersamaan harus menjadi pondasi sosial bangsa indonesi,” tambah Presiden.

Presiden Jokowi menambahkan bahwa kesejahteraan rakyat yang adil dan merata, pembangunan yang Indonesia-sentris harus menjadi semangat program pembangunan nasional.

“Saya yakin rakyat Indonesia semakin dewasa dalam menentukan pilihannya,” imbuh Presiden.

Senada, Capres PDIP Ganjar Pranowo menyatakan bahwa keputusan yang diambil Ketum PDIP tersebut adalah sebuah kehormatan dan telah melalui proses panjang. Dia pun berkomitmen untuk terus melanjutkan berbagai program pembangunan Presiden Jokowi.

“Terobosan yang sudah dibangun oleh Pak Jokowi selama ini tentu harus terus bisa kita lanjutkan, bagaimana beliau banyak mendobrak kemapanan, tentunya kita harus melanjutkan hal itu” terang Ganjar.

Turut hadir dalam pengumuman tersebut Presiden Joko Widodo, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Ganjar Pranowo.

****

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda