DOB Papua Optimalkan Pelayanan Publik Secara Siginifikan - Seputar Sumsel

Senin, 08 Mei 2023

DOB Papua Optimalkan Pelayanan Publik Secara Siginifikan

Oleh : Viktor Awoitauw )*

Pengoptimalan akan pelayanan publik menjadi naik dengan sangat signifikan, hal tersebut terjadi berkat adanya pemekaran wilayah serta peresmian DOB Papua yang telah dilakukan oleh Pemerintah Pusat.

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), K.H. Ma’ruf Amin dengan sangat optimis menilai bahwa adanya Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua, maka akan menjadi pemicu pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Bumi Cenderawasih. Bukan hanya itu, namun tentunya juga ada peningkatan pada seni sarana dan prasarana.

Lebih lanjut, Wapres juga menambahkan bahwa dengan adanya beberapa provinsi baru di Papua tersebut, maka memang sangat perlu untuk disikapi bahwa DOB Papua merupakan sebuah bentuk game changer. Pasalnya, hal tersebut akan secara signifikan mampu meningkatkan pembangunan dan juga kualitas publik di Bumi Cenderawasih sendiri.

Seluruhnya akan berubah, termasuk juga bagaimana desain pembangunan hingga pelayanan publik yang selama ini terjadi. Dengan adanya pemekaran wilayah atau daerah otonomi baru di Papua, maka bentuk pelayanan publik akan menjadi semakin lebih dekat ke akar rumput dan menjangkau masyarakat bahkan hingga ke pelosok.

Untuk itu, karena beragam dampak baik yang mampu dihasilkan dari adanya pemekaran wilayah di Papua, maka masyarakat di Bumi Cenderawasih sendiri memang patut untuk terus diajak berperan aktif dalam upaya meningkatkan semangat mereka, termasuk juga bagaimana membangun dan membangkitkan niat baik yang optimal, utamanya adalah bagi adanya pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Papua sendiri.

Adanya DOB Papua yang telah diresmikan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri RI), Tito Karnavian tersebut merupakan bentuk komitmen dan kerja keras yang sangat nyata dilakukan oleh Pemerintah RI. Maka dari itu, dengan niat pembangunan yang kuat tersebut, seluruh masyarakat juga hendaknya mendukungnya dengan penuh semangat yang baru, tekad yang baru, adanya desain yang baru agar seluruh upaya tersebut mampu menghasilkan hal yang sangat optimal bagi Papua.

Senada, Mendagri Tito juga menyebutkan bahwa pembentukan DOB Papua tentu akan mampu berdampak secara positif bagi kebaikan masyarakat di Bumi Cenderawasih, salah satunya adalah untuk memacu adanya pelayanan publik yang akan bisa terjadi secara jauh lebih baik atau optimal.

Hal tersebut, yakni adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat serta adanya pelayanan publik yang mampu menjangkau seluruh masyarakat hingga ke akar rumput hingga adanya perpendekan akan birokrasi sendiri sejatinya merupakan sebuah hal yang sangat diinginkan oleh seluruh masyarakat di Papua sejak lama.

Pasalnya, dengan adanya pelayanan publik yang optimal dan dengan diperpendeknya birokrasi, maka nantinya masyarakat sendiri akan sangat mudah ketika hendak melakukan pengurusan perizinan, seperti ketika mereka hendak mengurus perizinan berusaha, maka seluruhnya akan menjadi mudah.

Bukan hanya berkaitan dengan perizinan untuk berusaha saja, namun ketika mereka hendak mengurus perizinan mengenai pendidikan anak mereka, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) bahkan pada tingkat Madrasah sekalipun, berbagai macam pengurusan tersebut sudah disediakan dan sangat mampu dijangkau oleh masyarakat.

Tentunya, ketika masyarakat sudah sangat mudah dalam mengurus segala macam perizinan, maka juga akan membuat terjadinya percepatan pembangunan di Bumi Cenderawasih.

Menurut Tito Karnavian, adanya peningkatan dan pengoptimalan pelayanan publik menjadi semakin baik karena semua hal tersebut diperoleh dengan adanya pusat pemerintahan yang memiliki jarak semakin mendekati rakyat masing-masing, karena sudah ditetapkannya pemekaran wilayah atau DOB Papua tersebut.

Sehingga, tentu ketika pusat pemerintahan di setiap daerah menjadi semakin dekat dengan rakyat sendiri, maka mereka juga secara otomatis akan mendapatkan pelayanan publik yang semakin optimal, sehingga nantinya masyarakat ketika hendak mengurus sesuatu tidak perlu lagi untuk datang jauh-jauh ke Jayapura.

Di sisi lain, sama sekali tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sebenarnya Papua sendiri memiliki potensi yang sangat amat besar, karena bukan hanya sekedar berasal dari kekayaan alam yang melimpah saja, namun juga adanya peningkatan stabilitas keamanan di setiap wilayahnya setelah terjadinya pemekatan wilayah.

Ketika stabilitas keamanan pun terus terjadi di setiap wilayah di Papua, maka juga tentunya akan bisa membuat roda pemerintahan, perekonomian hingga adanya pembangunan bisa berjalan dengan sangat amat lancar.

Untuk itu, memang terus menjaga kekompakan diantara seluruh elemen masyarakat di Papua menjadi sangat penting, termasuk juga para pemerintah daerah (Pemda) setempat, gubernur hingga para bupati, yang mana juga akan terus dibantu dengan segenap aparat keamanan mulai dari TNI, Polri dan BIN, serta kejaksaan dan seluruh tokoh masyatakat, baik itu para pendatang, hingga orang asli Papua (OAP).

Peresmian pemekaran wilayah atau DOB Papua yang telah dilakukan oleh Pemerintah Pusat tentu mampu secara sangat signifikan turut serta meningkatkan pengoptimalan bagi adanya pelayanan publik.

)* Penulis adalah Mahasiswa Papua tinggal di Bandung

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda