RSUD Komodo Siap Tunjang Kesuksesan KTT ASEAN 2023 - Seputar Sumsel

Minggu, 07 Mei 2023

RSUD Komodo Siap Tunjang Kesuksesan KTT ASEAN 2023

Manggarai Barat — Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat, Paul Mami mengatakan bahwa RSUD Komodo sudah siap untuk menunjang kesuksesan KTT ASEAN Summit 2023.

Bukan hanya itu, bahkan menurut Kepala Dinkes tersebut bahwa pihaknya juga menyiapkan dan menyiagakan dokter ahli jantung.

“RSUD sudah siap. Hanya sejumlah fasilitas yang masih kita tunggu dari Surabaya. Selain fasilitas, keberadaan dokter ahli jantung juga sedang kita koordinasikan, baik dengan pemerintah provinsi maupun dengan Kementerian Kesehatan,” jelasnya.

Senada, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi juga mengaku bahwa RSUD Komodo memang sudah siap untuk menjadi rujukan para tamu delegasi.

Beberapa masih terdapat kekurangan, namun seluruhnya sudah dibahas terkait persiapannya.

"Hal-hal yang menjadi kekurangan sehubungan dengan kesiapan baik infrastruktur, tenaga medis, pemda telah menggelar rapat. Intinya kami siap untuk menjadi rumah sakit rujukan dalam penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42," katanya.

Beberapa list kekurangan akan kesiapan pada seluruh RS yang menjadi rujukan sudah didata dan akan segera dibereskan.

"Kami sudah mengindentifikasi atas list yang diberikan pihak kementerian, maka yang menjadi kekurangan dari beberapa item itu segera dibereskan," lanjut Bupati Edi.

Pihak Pemda sudah mendapatkan surat penunjukan RSUD Komodo sebagai RS rujukan para tamu delegasi KTT ASEAN pada tanggal 14 Maret 2023 lalu dari Kemenkes.

"Tanggal 14 Maret Pemda mendapat surat dari Kementerian Kesehatan di mana isinya RSUD Komodo menjadi salah satu rumah sakit rujukan. Sehubungan dengan itu maka pemda termasuk di dalamnya manajemen rumah sakit harus mempersiapkan diri secara perfect," terang Edi Endi.

Sebelumnya, memang Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah menunjuk lima rumah sakit sebagai rujukan para tamu delegasi VIP dari KTT ASEAN.

Diketahui bahwa tiga dari lima RS tersebut berada di Labuan Bajo, yakni RSUD Komodo, RSU Siloam, dan RSU Santo Yoseph. Dua RS lainnya, yakni RSUP Prof. dr. Nggoerah I.G.N.G. Ngoerah di Denpasar dan RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo di Makassar.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin juga telah meninjau secara langsung RSUD Komodo dan mengaku bahwa di dalamnya sudah dilengkapi dengan fasilitas pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan standar internasional.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda