Semua Fasilitas ASEAN Summit Telah Dipersiapkan dengan Matang - Seputar Sumsel

Selasa, 09 Mei 2023

Semua Fasilitas ASEAN Summit Telah Dipersiapkan dengan Matang

Oleh : Ratih Safira Utami )*

Semua fasilitas penunjang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit 2023 telah dipersiapkan oleh seluruh pihak dengan sangat matang. Maka dari itu, apresiasi patut diberikan kepada seluruh stakeholder yang selama ini sudah bekerja dengan sangat keras dalam memastikan bahwa event internasional tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Indonesia kembali diberikan kepercayaan oleh dunia menjadi ketua ASEAN sekaligus tuan rumah dalam pergelaran ajang KTT ASEAN ke-42 tahun 2023 ini di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Salah satu upaya untuk terus memastikan adanya persiapan pada fasilitas yang mendukung kesuksesan KTT ASEAN Summit 2023 adalah tinjauan yang dilakukan oleh banyak pihak, salah satunya Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri), Komisasis Jenderal Polisi (Komjen Pol) Gatot Eddy Pramono yang meninjau sejumlah titik venue pelaksanaan event internasional tersebut.

Dirinya melakukan peninjauan untuk memastikan segala persiapan dan kesiapan sarana hingga prasarana di kawasan tersebut dengan matang. Sebagai tuan rumah dan Keketuaan KTT ASEAN Summit ke-42, Indonesia harus mampu mempersiapkan diri dalam berbagai hal, baik dari segi keamanan hingga kenyamanannya.

Beberapa lokasi yang dikunjungi oleh Wakapolri adalah VIP Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo, Jalur utama dalam Kota Labuan Bajo, Hotel Meruorah Labuan Bajo, Hotel Sudamala Labuan Bajo, Hotel Ayana Komodo dan 91 Command Center serta prasarana kapal-kapal wisata yang akan digunakan oleh para kepala negara ASEAN dan para delegasi.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko mengatakan rombongan Wakapolri turun secara langsung untuk melihat kesiapan dari sarana dan prasarana pendukung kelancaran perhelatan KTT ASEAN Summit 2023, utamanya adalah lokasi yang nantinya memang akan dikunjungi oleh para kepala negara dan delegasi ASEAN.

Dari hasil kunjungan yang dilakukan oleh Komjen Pol Gatot Eddy bahwa seluruh fasilitas yang berada di kawasan Labuan Bajo, utamanya pada venue yang akan digunakan untuk pertemuan para kepala negara di kawasan ASEAN itu sudah mendekati 100 persen.

Adanya dukungan penuh dari Pemerintah Republik Indonesia (RI) untuk melakukan segala kesiapan dengan matang tersebut, maka diharapkan akan bisa menunjang segala perhelatan KTT ASEAN 2023 dengan baik, aman dan juga lancar.

Ada banyaknya peninjauan venue yang dilakukan secara langsung oleh berbagai pihak, bahkan termasuk oleh Presiden RI sendiri, Joko Widodo (Jokowi) dan juga oleh jajaran menterinya beserta dari Polri, menjadi bukti bahwa semua pihak mendukung dan menyambut kegiatan KTT ASEAN 2023.

Selanjutnya, rombongan Wakapolri tersebut langsung mengarah ke Hotel Sudamala di Labuan Bajo dan juga Hotel Ayana Komodo untuk meninjau dan berkoordinasi dengan pihak hotel mengenai masalah sarana dan prasarana serta seluruh fasilitas yang nantinya akan dibutuhkan oleh para delegasi yang akan menginap pada hotel tersebut.

Rombongan juga menyempatkan melakukan pengecekan lokasi dan sarana prasarana di 91 Command Center yang berada di kawasan Patung Caci Labuan Bajo. Rombongan melaksanakan peninjauan ke kawasan Marina Labuan Bajo. Di Kawasan Marina, Wakapolri memastikan kepada pihak angkutan laut atau pengelola kapal wisata untuk segera memperbaiki serta menyiapkan sarana prasarana maupun alat keselamatan.

Kapolres Mabar menjelaskan bahwa kapal wisata wajib dilengkapi dengan peralatan keselamatan yang lengkap, seperti life jacket, life raft, pencegahan kebakaran, perlengkapan navigasi, radio komunikasi dan pencegahan pencemaran. Bukan hanya itu, aspek kenyamanan juga sangat penting untuk terus diperhatikan sehingga mampu menjaga citra positif dari Labuan Bajo selaku kawasan parisiwata super premium.

Senada, Menteri Luar Negeri (Menlu RI), Retno Marsudi juga mengungkapkan bahwa semua persiapan, yang terkait dengan substansi maupun yang nonsubstansi, seluruhnya sudah berada pada jalur yang tepat. Bahkan pengecekan secara mendetail juga terus dilakukan secara langsung oleh Presiden Jokowi.

Terkait Bandara Komodo, Retno melaporkan, saat ini sudah terdapat dua jalur, yaitu jalur internasional dan jalur domestik. Bahkan, sejumlah fasilitas dan sarana serta prasarana pendukung bandara juga terus dipersiapkan dengan matang guna menyambut kedatangan para delegasi KTT ke-42 ASEAN.

Apresiasi patut diberikan dengan sangat tinggi pada seluruh pihak yang selama ini turut serta membantu dalam mendukung kesuksesan dan kelancaran kegiatan KTT ASEAN Summit 2023, termasuk juga dengan mematangkan segala persiapan mulai dari hal-hal yang substansi hingga nonsubstansi seperti seluruh fasilitas penunjang dan sarana hingga prasarana.

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda