- Seputar Sumsel

Minggu, 11 Desember 2022

 Banyak Pihak Apresiasi PB ESI Usai Sukses Kawal Indonesia Esport Summit hingga Akhir

Oleh : Tyas Permata Wiyana )*


Banyak pihak memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) usai mereka dengan sukses besar terus mengawal perhelatan Indonesia Esport Summit dan IESF Bali 14Th WEC 2022 hingga berakhir dengan rangkaian acara penutupan yang sangat meriah.


Sejauh ini, kinerja yang diberikan oleh (PB ESI) di era kepemimpinan Jend Pol (Purn) Budi Gunawan memang terus mencatatkan kinerja yang sangat positif bagi perkembangan ekosistem esports di Indonesia. Khususnya setelah dengan sangat sukses menyelenggarakan sebuah event esports outdoor terbesar di dunia bertajuk Indonesia Esports Summit: Bali 14Th World Esports Championships 2022 hingga berakhir dengan penutupan yang sangatlah meriah dan megah.

Pasalnya, memang pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut menjelaskan bahwa dirinya sangatlah bertekad untuk bisa terus membawa ekosistem esports Indonesia sehingga bisa terus menembus kancah dunia. Dirinya merasa sangat bertanggungjawab, selaku wadah dari olahraga elektronik di Tanah Air, untuk terus meningkatkan prestasi para atlet esports di Indonesia.

Bahkan, sejumlah langkah strategis memang sudah dipersiapkan bahkan sejak awal dilantik sebagai Ketum PB ESI. Seluruh langkah tersebut tentunya bertujuan untuk terus meningkatkan dan membangun ekosistem esports Indonesia ke arah yang jauh lebih baik ke depannya.

Sementara itu, dengan betapa suksesnya pihak PB ESI terus mengawal perhelatan IESF Bali 14Th WEC 2022 hingga tuntas, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali langsung memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas seluruh kinerja luar biasa dari PB ESI. Menurutnya, untuk bisa menyelenggarakan acara semegah dan semeriah itu memang bukanlah hal yang mudah sehingga dibutuhkan kerja keras serta komitmen sangat tinggi.

Bagaimana tidak, pasalnya memang pergelaran kejuaraan dunia olahraga elektronik yang dilakukan di Pulau Dewata, Bali itu merupakan ajang yang sudah diakui dan resmi tercatat untuk mencetak rekor dunia dalam Guinness Book of World Records lantaran jumlah pesertanya yang sangat banyak dari seluruh dunia.

Tercatat, bahwa setidaknya dalam event esports outdoor terbesar di dunia itu, diikuti oleh lebih dari 600 atlet esports yang berasal dari berbagai belahan dunia, dengan sebanyak 105 negara. Seluruhnya hadir secara langsung di Bali untuk bersaing dalam kejuaraan dunia yang dihelat oleh PB ESI.

Berdasarkan jumlah peserta dan banyaknya negara yang ikut saja, sebenarnya sudah bisa dilihat betapa besarnya antusiasme para atlet esports dari seluruh dunia. Bukan hanya itu, bahkan tidak sedikit pula para penggemar esports dari seluruh belahan dunia menunjukkan antusiasme mereka hingga euforia terasa dengan sangat tinggi tatkala mereka semua hadir sejak awal hingga acara penutupan yang dilakukan.

Terutama antusiasme dan euforia besar ditunjukkan oleh para penggemar esports dari Tanah Air, yang mana mereka tidak henti-hentinya terus memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia dalam setiap laga, hingga masuk ke Grand Final dan juga terus menyemarakkan IESF Bali 14Th WEC 2022 sampai acara penutupan berlangsung. Bukan sekedar mereka yang hadir secara langsung di Merusaka, melainkan para penggemar esports Tanah Air juga banyak yang mengikuti pertandingan melalui tayangan livestreaming secara online.

Seluruh  antusiasme hingga euforia tersebut bisa terjadi lantaran memang pihak PB ESI di era kepemimpinan Budi Gunawan dinilai oleh banyak pihak telah sangat berhasil mengawal segala proses perhelatan kejuaraan dunia olahraga elektronik tersebut, mulai dari acara pembukaan yang disajikan dengan sangat meriah, bahkan sampai acara penutupan pun yang disajikan dengan tidak kalah meriahnya.

Apresiasi sangat tinggi juga diungkapkan oleh Presiden International Esports Federation (IESF), Vlad Marinescu kepada pihak PB ESI. Dirinya menganggap bahwa asosiasi tersebut sangatlah luar biasa karena mampu menyelenggarakan event dengan semegah dan semeriah itu. Lebih lanjut, dia juga mengungkapkan bahwa semua keluarga esports di dunia turut dengan sangat antusias mengikuti segala proses kegiatan IESF Bali 14Th WEC 2022 hingga acara penutupan.

Terkait dengan bagaimana kemegahan dan kemeriahan yang tersaji, memang perhelatan kejuaraan dunia olahraga elektronik yang dilakukan di Bali itu menurut Ketua Harian PB ESI, Bambang Sunarwibowo menjadi sebuah momentum untuk bisa terus mendorong adanya promosi budaya asli Tanah Air hingga mampu dilihat oleh seluruh dunia.

Maka dari itu, pihak PB ESI memang mengonsep sedemikian rupa semua acara, mulai dari pembukaan hingga penutupan dengan menampilkan banyak kebudayaan khas Nusantara dan dibalut dengan kesenian modern. Pasalnya, asosiasi pimpinan Budi Gunawan ini bertekad pula untuk terus memajukan ekosistem sport tourism sehingga berperan pula untuk memulihkan perekonomian hingga sektor pariwisata di Indonesia.

Betapa suksesnya pihak PB ESI untuk terus mengawal perhelatan IESF Bali 14Th WEC 2022 hingga berakhir dengan sangat megah dan meriah, tidak sedikit pihak yang kemudian memberikan apresiasi sangat besar pada asosiasi pimpinan Budi Gunawan tersebut karena memang dinilai dengan kerja keras hingga komitmen mereka, mampu menghadirkan sebuah ajang kejuaraan dunia olahraga elektronik yang bahkan bisa mencetak rekor dunia.


)* Penulis adalah kontributor Persada Institute


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda